-->

Perulangan While Pada Python | Kita Ngoding Python #10 |

Perulangan While Pada Python.- Pada materi sebelumya kita sudah berkenalan dengan apa itu perulangan. Perulangan yaitu instuksi yang dieksekusi oleh komputer secara berulang-ulang sampai suatu kondisi tertentu terpenuhi.

Pada tulisan admin sebelumnya kita sudah berkenalan tentang Perulangan For. Sekarang kita akan membahas tentang Perulangan While. Mari kita masuk ke pembahasan.

Perulangan While Pada Python | Kita Ngoding Python #10 |

PERULANGAN WHILE PADA PYTHON

Apa itu perulangan while pada python?

Fungsi While Pada Python yaitu menjalankan blok pernyataan secara terus menerus selama kondisi bernilai benar. Oleh karena itu, perulangan while juga dikenal sebagai perulangan yang tidak terhitung. Berbeda dengan perulangan for yang hampir sekilas mirip dengan percabangan if.

https://www.sinikak.com/2021/06/perulangan-pada-python-mengenal.html

Gambar Perulangan While

Baca Juga : Tentang Function Pada Python

Dari gambar diatas terlihat bahwa jika kondisinya bernilai True, maka kode akan terus menerus dijalankan. Tapi jika kondisinya bernilai salah maka while akan berhenti.

Adapun syntax dari Penggunaan While Pada Python adalah sebagai berikut :

while expresi:
    statement(s)

Contoh Programnya :

nomer = 0
while (nomer < 10):
    print('Nomer Sekarang:', nomer) # block pernyataan
    nomer = nomer + 1 # kode untuk menambah nilai variabel (nomer)
print('Kouta Sudah Terpenuhi')

Penjelasan :

Block pernyataan print('Nomer Sekarang:', nomer) akan selalu berjalan secara terus menerus selama nilai variabel (nomer) belum mencapai angka 0-9.  Nilai variabel (nomer) akan selalu di tambah 1 setiap kali perulangan(iterasi) dan setelah nomer mencapai 10, maka kondisi menjadi False dan program keluar dari loping while dan melanjutkan ke baris selanjutnya yaitu print ('Kouta Sudah Terpenuhi').

Jika kode while (nomer < 10):di ubah menjadi while (nomer > -1), atau jika kita lupa menuliskan kode nomer = nomer + 1 maka akan terjadi infinite loop. Akan tetapi hasil outputnya akan berbeda. Kita perlu menekan CTRL+C untuk menghentikan programnya.

Baca Juga : Tentang Tipe Data Dictionary


Apa itu Infinite Loop?

Inifinite loop adalah kondisi dimana looping selalu bernilai benar dan tidak pernah salah maka ini akan mengakibatkan perulangan secara terus-terusan / tidak terbatas (infinite loop). Walupun ini terkadang menjadi masalah, akan tetapi hal ini juga berguna untuk program client/server dimana server perlu menjaga komunikasi tetap hidup dan tidak terputus.

Cara Mengendalikan Looping While

Dalam beberapa kasus kita mendapati sebuah looping yang tidak berhenti-henti, dan kita tidak menginginkan itu terjadi. Maka dari itu, dibawah ini kita akan mempelajari cara mengendalikan looping while pada python adalah sebagai berikut :

While Dengan Break Atau Countinue

# BREAK
numor = 0
while (numor > -1):
    print('Numor Sekarang:', numor)
    numor = numor + 1
    if numor > 25:
        break
print('Kouta Sudah Terpenuhi')

Penjelasan :

Jika program diatas dijalankan, program akan melakukan evaluasi apakah numor bernilai lebih dari -1 dengan perintah while (numor > -1). Dan karena sebelumnya kita telah memberikan nilai numor = 0 maka program membaca numor  >  -1 menjadi True, sehingga blok perulangan dijalankan. Setiap kali program melakukan perulangan maka nilai numor selalu bertambah 1 dengan perintah numor = numor + 1 sampai kondisi terpenuhi yaitu mencapai angka 25 dan programpun di berhentikan dengan perintah break dan kemudian memunculkan pesan “Kouta Sudah Terpenuhi”. Kode break bisa juga dipasangkan kode continue tapi hasilnya akan menjadi infinite loop.

Baca Juga : Variabel Dan Type Data Pada Python

While Dengan Else

number = 0
while (number < 15):
    print('Nomor Sekarang:', number)
    number = number + 1
else:
    while (number > 0):
        print('Nomor Sekarang:', number)
        number = number - 1
    print('Nomor Sekarang:', number)

Output :

While Dengan Else

Baca Juga : Tentang Tipe Data Set

Penjelasan:

Perintah block while pertama mengevaluasi number apakah nilai dari number kurang dari 15 jika benar maka nilai number ditambah 1 disetiap perulangan sampai angka 15 dengan perintah number = number + 1 .

Untuk block while yang ke-dua mengevaluasi nilai dari number lebih dari angka 0 dengan perintah while (number > 0). Dari perhitungan sebelumnya number telah menyimpan nilai angka 15. Oleh karena itu, pada perintah  while (number > 0) hasilnya akan bernilai True dan langsung mengeksekusi block kode dibawahnya. Setiap kali number melakukan iterasi/perulangan maka nilai number selalu dikurangi -1 dengan perintah nomo = number -1 sampai number bernilai 0.

Sampai disini harusnya kalian telah memahami tentang penggunaan dari perulangan while pada python. Untuk menambah wawasan atau keilmuan kalian tentang bahasa pemrograman python, admin sarankan kalian untuk membaca tulisan admin lainnya. Linknya telah admin siapkan dibawah ini :

Artikel Lainnya :

Tutorial Python #10 | Perulangan While Pada Python

Tutorial Python #09 | Perulangan For Pada Python

Tutorial Python #08 | Percabangan Pada Python Terbaru

Tutorial Python #07 | Operator Pada Python

Tutorial Python #06 | Variabel Dan Type Data Pada Python

Tutorial Python #05 | Menulis Syntax Python Di VS Code

Tutorial Python #04 | Cara Install Visual Studio Code Di Windows Terbaru 

Tutorial Python #03 | Cara Menginstall Python Di Windows 2021

Tutorial Python #02 | Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Menggunakan Bahasa Pemrograman Python

Tutorial Python # 01 | Pengertian, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman Python

Demikianlah pembahasan kita tentang Perulangan For dan Perulangan While. Sampai jumpa dipertemuan selanjutnya.

Terimakasih banyak sudah berkunjung diblog KITA NGODING. 😊😊😊



0 Response to "Perulangan While Pada Python | Kita Ngoding Python #10 | "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close