-->

FUNGSI HLOOKUP PADA EXCEL DAN CONTOHNYA

Fungsi HLookup Excel.- Setelah Sebelumnya kita belajar tentang Fungsi Lookup dan Fungsi Vlookup, maka Formula Excel yang akan kita bahas pada halaman ini yaitu menganai Fungsi HLookup Pada Excel

Mulai dari Apa Fungsi HLookup Pada Excel, bagaimana Cara Menggunakannya, Contoh Fungsi HLookup dan lain sebagainya.

Fungsi vlookup dan hlookup pada ms excel memiliki sebuah kesamaan yaitu dapat digunakan untuk mencari sebuah data dengan kriteria yang ditentukan sebelumnya. 

RUMUS HLOOKUP EXCEL

Namun, tentunya terdapat perbedaan dalam menampilkan hasil yang didapatkan. Selengkapnya tentang Fungsi HLookup Pada Excel adalah sebagai berikut:

FUNGSI HLOOKUP EXCEL

Fungsi HLookup Pada Excel adalah salah satu fungsi yang ada pada Ms Excel yang digunakan untuk mencari data pada baris pertama sebuah tabel data yang kemudian menampilkan nilai dari cell yang diiginkan pada kolom yang sama dari tabel data tersebut.

Banyak orang yang sering salah membedakan kegunaan dari Fungsi VLookup dengan Fungsi HLookup Pada Excel. Singkatnya Fungsi VLookup mencari data secara Vertikal (kesamping / Yang Se-Baris), sedangkan Fungsi HLookup mencari data secara Horizontal (kebawah / Yang Se-Kolom).

Baca Juga : FUNGSI VLOOKUP PADA EXCEL

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI HLOOKUP PADA EXCEL

Untuk menggunakan fungsi ini, tentunya memiliki sebuah rumus layaknya fungsi pada umumnya. Dan uniknya, Struktur rumus dari Fungsi HLOOKUP Pada Excel hampir sama dengan Fungsi VLOOKUP. Selengkapnya kalian bisa lihat dibawah ini:

syntax dari fungsi hlookup yang benar adalah sebagai berikut

=HLOOKUP(lookup_value;table_array;row_index_num;[range_lookup])

Penjelasan Sintaks:     

  • Lookup_value : Nilai yang dicari pada baris pertama tabel.
  • Table_array : Merupakan sebuah tabel tempat dimana data tersebut dicari.
  • Row_index_num : Nomor dari baris dalam tabel_array dan akan menghasilkan nilai yang cocok dari data yang di cari.
  • Range_lookup : argument ini bersifat Opsional dan akan memiliki dua buah nilai yaitu TRUE dan FALSE. Kedua nilai tersebut merupakan nilai logika yang akan menentukan apakah hasil dari Proses pencarian HLookup mendekati dari data yang dicari ataukah hanya akan mencari data yang sama persis saja.

Gunakan range_lookup dengan nilai TRUE untuk mencari data yang sama persis atau yang mendekati nilai data yang dicari.

Gunakan range_lookup dengan nilai FALSE untuk mencari data yang sama persis saja dan akan mengembalikan pesan error #N/A jika tidak ditemukan.

Agar supaya lebih jelas, mari kita lanjutkan ke Contoh penggunaan dari Fungsi HLookup Pada Excel yang telah admin siapkan dibawah ini.

Baca Juga : Cara Menulis Formula Di Excel

CONTOH FUNGSI HLOOKUP PADA EXCEL

Perhatikan contoh gambar dibawah ini:

Penjelasan Rumus:

Rumus =HLOOKUP($C$13;$B$3:$F$11;2;FALSE) : rumus ini akan mencari nilai yang ada di cell C13 pada tabel array B3:F11 dengan nomor baris ke-2 dari kolom nilai C13 (“Polpen”) dan nilai range_lookup adalah FALSE (mencari data yang sama persis saja) Sehingga menghasilkan nilai 889.

Untuk penjelasan rumus yang lain, hampir sama dengan penjelasan rumus yang di atas. Hanya saja berbeda nomor baris yang dicari. Rumus yang ke-dua yaitu menampilkan baris ke 6 dan rumus yang ke-tiga menampilkan baris ke-9 dari tabel data berdasarkan nilai yang dicari pada cell C13.

Baca Juga : Arti TandaDollar ($) Pada Excel

FUNGSI HLOOKUP EXCEL MENGGUNAKAN KARAKTER WILDCART (?/*)

Kita bisa menambahkan karakter wildcart pada rumus Fungsi HLookup Pada Excel untuk membuat pencarian dengan cara yang berbeda. Cara ini mungkin saja berguna dikemudian hari katika kalian sedang melakukan pencarian terhadap data. Apa saja kesaktian karakter wildcart ini untuk melakukan pencarian data? Simak contoh penggunaanya dibawah ini.

Rumus yang digunakan hampir sama dengan rumus HLookup dari contoh diatas. Hanya saja nilai yang dicari menggunakan karakter yang diketikkan secara langsung, bukan dari referensi cell.

Nilai “P*” artinya kita mencari data berdasarkan karakter teks yang memiliki awal huruf “P” dan karakter bintang “*” mengabaikan apapun karakter setelah huruf “P” tersebut.

Dan karena pada data yang kita punya, terdapat berbagai nilai yang memiliki awal huruf “P” maka pada Rumus =HLOOKUP("P*";$B$3:$F$11;2;FALSE) nilai yang diambil adalah nilai pertama yang ditemukan yakni “Polpen”, pada tabel array B3:F11 dan akan menampilkan baris ke-2 dari kolom “Polpen”.

Nilai “?????????” artinya kita akan mencari data berdasarkan jumlah karakternya. Jika karakter tanda wildcart tersebut berjumlah Sembilan (9) maka itu artinya kita akan mencari data yang memiliki jumlah karakter 9 huruf, dengan mengabaikan makna dari kata yang dicari.

Pada Rumus =HLOOKUP("?????????";$B$3:$F$11;9;FALSE) artinya kita kan mencari data yang mimiliki 9 karakter pada tabel B3:F11 dan mengambil baris ke-9 dari kolom tersebut.

Jadi demikianlah Cara Menggunakan Fungsi Hlookup Pada Excel yang dapat admin sampaikan kepada kalian semua.

Jangan lupa untuk mengunjungi tulisan admin yang lain, linknya telah admin siapkan dibawah ini. jadi kalian tinggal klik saja.

Fungsi Pencarian Lainnya :

Fungsi Lookup Di Excel

FUNGSI VLOOKUP PADA EXCEL

FUNGSI HLOOKUP PADA EXCEL DAN CONTOHNYA

FUNGSI INDEX DI EXCEL

FUNGSI MATCH PADA EXCEL

FUNGSI OFFSET DI EXCEL

FUNGSI ADDRESS DI EXCEL

FUNGSI INDIRECT EXCEL

FUNGSI ROW DAN ROWS Pada Microsoft Excel Lengkap Dengan Contohnya

FUNGSI COLUMN DAN COLUMNS Pada Microsoft Excel Lengkap Beserta Contohnya

FUNGSI CHOOSE DI EXCEL, Cara Menggunakan Serta Contohnya

FUNGSI TRANSPOSE DI EXCEL, Cara Menggunakan Beserta Contohnya

Semoga Bermanfaat.

0 Response to "FUNGSI HLOOKUP PADA EXCEL DAN CONTOHNYA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close