-->

FUNGSI VLOOKUP PADA EXCEL DAN CONTOHNYA

Fungsi Vlookup Excel.- Apa Itu Fungsi Vlookup Excel? Bagaiamana Cara menggunakan Rumus Vlookup / Fungsi Vlookup excel serta apa saja Contoh Penggunaan Fungsi Vlookup Excel. Formula Excel yang satu ini, sangat populer dikalangan para pengolah data.

Jadi silahkan kalian duduk manis dan simak penjelasan admin tentang Fungsi Vlookup Pada Excel, Semoga bisa membantu.

Bagi kalian yang sering atau akan bergelut dalam pengolahan data, ntah data apapun itu maka Rumus Vlookup Excel ini wajib untuk kalian kuasai.

Kenapa demikian?

Karena tidak menutup kemungkinan bahwa kalian akan dituntut untuk melakukan pencarian data tertentu dalam sebuah tabel excel yang begitu banyak. Dan Fungsi Vlookup Pada Excel ini adalah salah satu pilihan untuk mempermudah pekerjaan tersebut.

FUNGSI VLOOKUP PADA EXCEL

FUNGSI VLOOKUP EXCEL

Tahukah kalian kenapa Fungsi ini disebut VLOOKUP? Itu Karena fungsi lookup & reference yang satu ini melakukan pencarian secara Vertical atau dalam satu baris, maka Fungsi ini diberinama Vlookup. 

Jika kalian menghendaki pencarian dilakukan secara Horizontal maka gunakan Fungsi HLOOKUP, tapi ini akan kita bahas pada pertemuan selanjutnya.

Fungsi Vlookup Excel Adalah fungsi yang digunakan untuk mencari data pada kolom pertama sebuah tabel data selanjutnya akan mengambil nilai dari cell mana pun dalam tabel tersebut dengan kriteria atau kata kunci yang kita tentukan.

Rumus Vlookup Excel dapat kita manfaatkan untuk mengambil data dari tabel tertentu dengan tujuan melengkapi tabel data lainnya. Misalnya, dalam membuat raport sekolah yang terdiri dari berbagai tabel nilai siswa dari masing-masing mata pelajaran. 

Dan kita akan mengambil nilai dari masing mata pelajaran berdasarkan nama siswa atau nomor induk siswa, untuk ditempatkan dalam satu tabel data yang biasa disebut dengan raport.

Dari tabel raport inilah nantinya kita bisa menentukan siswa mana yang memiliki nilai tertinggi dan terendah dalam suatu kelas.

Jadi itu sedikit gambaran tentang penggunaan Fungsi Vlookup Excel dalam kehidupan sehari-hari. Masih banyak lagi contoh yang lainnya yang tidak bisa admin sebutkan. 

Kalian bisa menerka sendiri contoh lainnya setelah kalian memahami bagaimana cara menggunakan Fungsi Vlookup Excel ini.

Baca Juga : Mengenal Rumus Excel Dan Fungsinya

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI VLOOKUP EXCEL

Untuk menggunakan Fungsi Vlookup Pada Excel, membutuhkan sebuah sintaks seperti fungsi-fungsi pada umumnya. Adapun struktur sintaksnya adalah sebagai berikut:

=VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;[range_lookup])

Penjelasan Sintaks:

  • Lookup_value yaitu nilai yang akan kita cari pada kolom pertama dari sebuah tabel. Agument ini bisa berupa angka, teks, tanggal atau apapun, baik ditulis secara langsung maupun berdasarkan sebuah referensi cell bahkan bisa berupa nilai dari hasil proses fungsi excel yang lainnya.
  • Table_array yaitu berupa tabel referensi dari data tersebut atau lebih dikenal dengan Range dari data, dimana nilai lookup_value berada pada kolom pertama dari range data tersebut.
  • Col_index_num yaitu nomor kolom dari tabel referensi yang mengandung nilai data dan akan mengambil nilai yang sebaris dengan nilai lookup_value di kolom pertama. Argument ini akan menentukan cell mana yang akan ditampilkan oleh rumus vlookup.
  • Range_lookup yaitu sebuah argument yang hanya bernilai TRUE atau FALSE. Agument ini bersifat optional, dan jika kalian menghendaki bahwa nilai yang kalian cari sama persis atau mendekati maka gunakan nilai TRUE, sebaliknya jika kalian menghendaki bahwa nilai yang kalian cari harus sama persis saja dan akan error jika tidak menemukan data yang dicari maka gunakan nilai FALSE.

CONTOH DALAM MENGGUNAKAN FUNGSI VLOOKUP PADA EXCEL

Supaya lebih jelas, silahkan perhatikan contoh gambar dibawah ini.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI VLOOKUP EXCEL

Rumus =VLOOKUP(D10;B2:E8;2;TRUE) Artinya kita akan mencari data berdasarkan teks yang ada pada cell D10 “N12366” dari tabel data B2:E8 pada kolom ke 2 dan yang sebaris, dengan nilai range_lookup bernilai TRUE yang artinya mencari data yang sama persis atau mendekati.

Jika diperhatikan, nilai yang ada pada cell D10 tidak memiliki kesamaan dengan data manapun. Namun dengan nilia Range_lookup yang bernilai TRUE, maka excel mencarikan data yang mendekati nilai yang sama dengan Nilai yang dicari. 

Dan ketika kalian mengubah nilai range_lookup menjadi FALSE, maka rumus vlookup diatas akan menampilkan nilai error. Itu karena nilai yang sama persis dari data yang dicari tidak ditemukan.

Untuk penjelasan rumus yang lainnya, hampir sama dengan penjelasan diatas. Hanya saja data yang ingin dicari berada pada kolom yang berbeda-beda.

FUNGSI VLOOKUP PADA EXCEL ANTAR SHEET

Pada contoh diatas, kita telah mempelajari bagaimana menggunakan Fungsi Vlookup Excel dalam satu sheet. Sekarang bagaimana jika kita menginginkan data yang akan ditampilkan berada pada sheet yang berbeda. Maka lakukan langkah-langkah berikut ini:

Pertama : Admin menggunakan contoh data yang kita gunakan sebelumnnya dan admin letakkan pada sheet 1.

Kedua : Pada Sheet2 Buatlah tabel untuk menampung data yang akan kita proses nantinya. Contohnya seperti gambar dibawah ini.

FUNGSI VLOOKUP EXCEL ANTAR SHEET

Jadi kita akan mengambil nama siswa yang ada pada tabel data di Sheet1. Dan kita akan menempatkannya pada kolom C dari Tabel Data di Sheet2, sesuai gambar diatas.

Ketiga : Pada kolom C dari gambar diatas, masukkan rumus Vlookup untuk mengambil data dari sheet1. Perhatikan gambar dibawah ini:

FUNGSI VLOOKUP EXCEL ANTAR SHEET

Rumus =VLOOKUP(B2;Sheet1!$B$2:$E$8;2;FALSE) artinya kita akan mencari data berdasarkan nilai yang ada pada cell B2 dengan tabel referensi B2:E8 yang berada pada Sheet1 - kolom ke 2 yang sebaris dengan nilai range_lookup bernilai FALSE (artinya nilai yang dicari harus sama persis).

Dari gambar diatas, dapat disimpulkan bahwa struktur dari rumus Vlookup antar sheet hampir sama dengan Rumus Vlookup Excel dalam satu sheet. 

Namun tentunya memiliki perbedaan, hanya terdapat tambahan nilai “Sheet1!” pada tabel_array serta admin menambahkan tanda dollar untuk memberikan nilai absolut.

Baca Juga : 

Fungsi Vlookup Excel dapat kita gabungkan juga dengan Fungsi Lainnya seperti Fungsi IFFungsi Lower, Fungsi Upper Dan Fungsi Proper atau fungsi lainnya. 

Jika ada kesempatan, admin akan coba memberikan contoh bagaimana cara melakukannya. Supaya artikelnya tidak terlalu panjang, maka admin cukupkan sampai disini.

Demikianlah penjelasan admin mengenai salah satu Formula Excel ini yaitu Fungsi Vlookup Pada Excel, Selanjutnya kita akan belajar Fungsi HLookup Excel

Namun, admin harap kalian telah menguasai Fungsi VLookup sebelum beranjak ke Fungsi HLookup, untuk menguasainya tentu kalian harus banyak latihan bukan.? Maka lakukan lah.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi Tulisan admin yang lainnya, linknya telah admin siapkan dibawah ini. Kalian cukup mengklik linknya dan akan diarahkan ke halaman dengan judul yang kalian pilih.

Fungsi Pencarian Lainnya :

Fungsi Lookup Di Excel

FUNGSI VLOOKUP PADA EXCEL DAN CONTOHNYA

FUNGSI HLOOKUP PADA EXCEL DAN CONTOHNYA

FUNGSI INDEX DI EXCEL

FUNGSI MATCH PADA EXCEL

FUNGSI OFFSET DI EXCEL

FUNGSI ADDRESS DI EXCEL

FUNGSI INDIRECT EXCEL

FUNGSI ROW DAN ROWS Pada Microsoft Excel Lengkap Dengan Contohnya

FUNGSI COLUMN DAN COLUMNS Pada Microsoft Excel Lengkap Beserta Contohnya

FUNGSI CHOOSE DI EXCEL, Cara Menggunakan Serta Contohnya

FUNGSI TRANSPOSE DI EXCEL, Cara Menggunakan Beserta Contohnya

Semoga Bermanfaat.

 

0 Response to "FUNGSI VLOOKUP PADA EXCEL DAN CONTOHNYA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close