-->

Fungsi SUMIF Dan SUMIFS Pada Microsoft Excel : Rumus Menjumlahkan Data Dengan Kriteria Tertentu

Fungsi Rumus SUMIF Dan SUMIFS pada excel.- Sebagaimana kita sama-sama ketahui bahwa, Microsoft Excel adalah aplikasi untuk melakukan pengolahan data yang sangat cepat dan akurat. 

Dengan berbagai macam Formula Excel yang membuatnya menjadi salah satu pilihan utama bagi para pengolah data, dari yang pemula sampai pengguna tingkat lanjut.

Adapun fungsi pada excel yang akan kita pelajari pada kesempatan yang baik ini adalah Fungsi SUMIF Dan Fungsi SUMIFS Pada Excel. 

Kita akan membahas kedua fungsi tersebut mulai dari: 

  • Pengertian Fungsi SUMIF Dan SUMIFS Excel, 
  • Penggunaan Fungsi SUMIF Dan SUMIFS Excel, 
  • Perbedaan Rumus SUMIF Dan SUMIFS Pada excel 
  • Dan lain-lain. 

Jadi mari kita bahas secara step by step dari kedua fungsi ini.

Fungsi SUMIF Dan SUMIFS Pada Microsoft Excel

MENGENAL FUNGSI SUMIF PADA MICROSOFT EXCEL

Rumus Fungsi SUMIF Excel merupakan gabungan antara 2 fungsi pada excel yaitu Fungsi SUM yang berguna untuk melakukan penjumlahan dan Fungsi IF yang berguna untuk menentukan suatu kondisi TRUE dan FALSE.

Jadi, Apa fungsi sumif pada excel? Yaitu Fungsi excel yang digunakan untuk melakukan penjumlahan dengan suatu kriteria tertentu. Artinya kita bisa menggunakan Fungsi SUMIF untuk menjumlahkan nilai dalam satu rentang yang memenuhi kriteria yang telah kita tentukan.

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI SUMIF PADA MICROSOFT EXCEL

Sebelum menggunakan fungsi sumif pada excel, tentunya kita harus mengetahui struktur sintaks dari fungsi sumif itu sendiri sebelum di gunakan. Adapun sintaksnya adalah sebagai berikut :

Sintaks Fungsi SUMIF Excel

=SUMIF(range, criteria,[sum_range])

Keterangan Sintaks :

  • range : rentang cell yang akan kita evaluasi menurut kriteria. Range haruslah angka atau nama, array, atau referensi yang berisi angka. Jika terdapat cell kosong maka akan diabaikan, selain itu range yang dipilih juga dapat berisi tanggal dan waktu dalam format Excel standar.
  • criteria : kriteria bisa dalam bentuk angka, ekspresi, referensi sel, teks, atau fungsi yang menentukan cell yang akan ditambahkan.
  • sum_range : ini bersifat optional. Sum_range merupakan cell actual untuk ditambahkan, seandainya kita tidak menambahkan sum_range maka excel akan menambahkan cell yang ditentukan dalam argumen range.

Catatan :

  • Kriteria teks atau kriteria apapun yang mencakup simbol logika atau matematika haruslah disertakan dalam tanda kutip ganda (“ ”) kecuali kriteria numerik (angka).
  • Fungsi SUMIF mengembalikan hasil yang tidak benar jika kita mencocokkan string (teks) yang lebih panjang dari 255 karakter.

Baca Juga : Cara Menulis Formula Di Excel

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI SUMIF DI EXCEL

Supaya lebih jelas tentang penggunaan fungsi sumif pada excel, silahkan kalian perhatikan contoh gambar dibawah ini.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI SUMIF DI EXCEL

Pada contoh gambar diatas, dengan menggunakan fungsi SUMIF kita bisa menjumlahkan data penjualan dengan kriteria bulan Februari dan mengabaikan data penjualan pada bulan yang lain.

Rumus yang admin gunakan yaitu =SUMIF(B4:B12;"Februari";D4:D12). Yang artinya kita akan mengambil kriteria dari range B4:B12 dengan kriteria “Februari” dan menjumlahkan data yang ada pada sum_range D4:D12, jika sum_range dihilangkan maka hasilnya akan keluar angka 0. Karena yang dijumlahkan adalah range B4:B12, sedangkan pada range B4:B12 tidak terdapat angka.

Kenapa yang dijumlahkan adalah range B4:B12? Aturan dari excel memang demikian, jika sum_range tidak diisikan maka yang akan dijumlahkan adalah nilai range.

Selain rumus diatas, kalian juga bisa mencoba rumus yang lainnya seperti contoh dibawah ini :

Rumus

Keterangan

=SUMIF(B4:B12;"Januari";D4:D12).

Untuk mendapatkan total penjualan pada bulan Januari

=SUMIF(B4:B12;"Maret";D4:D12).

Untuk mendapatkan total penjualan pada bulan Maret

=SUMIF(C4:C12;"KOPI";D4:D12).

Untuk mendapatkan total penjualan dengan kriteria KOPI pada semua bulan.

=SUMIF(C4:C12;"SUSU";D4:D12).

Untuk mendapatkan total penjualan dengan kriteria SUSU pada semua bulan.

Contoh Lainnya:

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI SUMIF DI EXCEL

Penggunaan dan penjelasan sudah ada pada gambar. Sebagai catatan tambahan, kita bisa menggunakan referensi cell menggunakan alamat cell.

Baca Juga : Arti Tanda Dollar ($) Pada Excel

Rumus Menghitung Jumlah Data Dengan Banyak Kriteria

MENGENAL FUNGSI SUMIFS PADA MICROSOFT EXCEL

Apa itu Fungsi SUMIFS?, Apa Perbedaan Fungsi Sumif Dan Sumifs Pada Excel?. Fungsi SUMIFS merupakan salah satu dari fungsi matematika dan trigonometri yang ada di excel. Fungsi ini digunakan untuk menjumlahkan nilai dalam sebuah range yang memenuhi banyak syarat atau kriteria sekaligus.

Jadi perbedaan antara Fungsi SUMIF dan SUMIFS adalah Fungsi SUMIF menjumlahkan nilai dalam sebuah range dengan satu kriteria, sementara Fungsi SUMIFS menjumlahkan nilai dalam sebuah range dengan banyak kriteria.

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI SUMIFS PADA MICROSOFT EXCEL

Supaya kita bisa menggunakan fungsi SUMIFS ini, tentu saja kita harus mengetahui sintaksnya terlebih dahulu. Adapun sintaksnya adalah sebagai berikut.

Sintaks Fungsi SUMIFS Excel

=SUMIFS(sum_range;criteria_range1; criteria1;[criteria_range2, criteria2]; ...)

Keterangan Sintaks :

  • sum_range : ini adalah argument yang wajib harus ada. Sum_range berupa rentang cell atau nilai-nilai yang akan kita jumlahkan.
  • criteria_range1 : argument ini berisikan sebuah rentang cell yang akan diuji berdasarkan kriteria (criteria1) yang diberikan.
  • criteria1 : argument yang berisi kriteria yang akan menentukan cell mana saja yang akan dijumlahkan. Perlu di ingat bahwa, criteria_range1 dengan criteria1 merupakan sebuah pasangan berdasarkan kriteria yang akan diterapkan pada penjumlahan.
  • [criteria_range2, criteria2] : merupakan pasangan argument seperti criteria_range1 dan criteria1. Argument ini bersifat pasangan kedua yang bersifat opsional artinya boleh diisikan atau tidak.

Baca Juga : Tata Cara Cut Copy Paste Di Excel

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI SUMIFS DI EXCEL

Supaya lebih jelas, mari kita langsung saja ke contoh praktek menggunakan fungsi SUMIFS pada excel seperti pada gambar dibawah ini.

Contoh 1.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI SUMIFS

Contoh gambar diatas, memperlihatkan bagaimana Penggunaan Fungsi SUMIFS Pada Excel. Dimana, pada contoh kasus diatas, admin ingin menjumlahkan penjualan KOPI pada bulan Januari. Maka admin menggunakan rumus =SUMIFS(D4:D12;B4:B12;"Januari";C4:C12;"KOPI").

Arti dari rumus tersebut adalah kita akan menjumlahkan data pada kolom D4:D12 berdasarkan kriteria1 bulan “Januari” pada cell B4:B12 dan kategori2 barang “KOPI” pada cell C4:C12. Jika kalian ingin menjumlahkan data dengan kategori yang berbeda, maka kalian cukup merubah “KOPI” menjadi yang “SUSU” atau “GULA”.

Contoh 2.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI SUMIFS

Pada contoh kasus diatas, admin ingin menjumlahkan penjulan KOPI pada bulan Januari namun dengan jumlah penjualan diatas 200. Maka rumus yang admin gunakan adalah seperti yang di tunjukkan pada no 2 yaitu  =SUMIFS(D4:D12;B4:B12;"Januari";C4:C12;"KOPI";D4:D12;">200").

Untuk penjelasan rumus diatas, hampir sama dengan contoh 1. Hanya saja terdapat tambahan kriteria ke 3 yaitu “>200” berdasarkan kolom atau criteria_range D4:D12.

Supaya kalian lebih paham lagi dengan Cara Menggunakan Fungsi SUMIF dan SUMIFS pada excel tentunya kalian harus rajin berlatih.

Mungkin cukup sekian penjelasan dari admin pada kesempatan kali ini terkait Fungsi Rumus SUMIF Dan SUMIFS Pada Excel. 

Jika terdapat kesalahan atau ada penyampaian yang kurang dipahami, maka dengan segala hormat untuk meninggalkan komentar pada kolom komentar yang telah disediakan dibagian bawah artikel ini.

Jangan lupa untuk mengunjungi tulisan admin lainnya terkait fungsi trigonometri, linknya telah admin siapkan dibawah ini:

Fungsi Trigonometri Lainnya :

FUNGSI SUBTOTAL PADA MICROSOFT EXCEL Lengkap Dengan Contohnya

Fungsi Sum Di Microsoft Excel

Rumus Fungsi SUMIF Dan SUMIFS

FUNGSI SUMPRODUCT Pada Excel Lengkap Contoh Dan Tata Cara Menggunakannya

FUNGSI ROUND, ROUNDUP, ROUNDDOWN Pada Excel Beserta Contohnya.

Fungsi INT Pada Excel Beserta Contoh Penggunaannya

FUNGSI TRUNC DI EXCEL Lengkap Dengan Contoh Penggunaannya

Fungsi ODD Pada Microsoft Excel | Membulatkan Angka Ke Bilangan Ganjil Terdekat

Semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat bermanfaat untuk kehidupan kita secara pribadi maupun dalam masyarakat. Sampai jumpa pada tulisan admin yang lainnya.

Wassalamualaekum wr wb.


0 Response to "Fungsi SUMIF Dan SUMIFS Pada Microsoft Excel : Rumus Menjumlahkan Data Dengan Kriteria Tertentu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close