-->

8 Kesalahan Utama Seorang Programer Pemula

 8 Kesalahan Utama Seorang Programer Pemula.- Pada artikel kali ini, admin akan membahas tentang kesalahan-kesalah yang sering terjadi oleh seorang programer pemula.


8 Kesalahan Utama Seorang Programer Pemula

Tidak Belajar Bahasa Inggris

Kemampuan berbahasa inggris sangat penting bagi seorang pemrogramer. Kenapa? Karena hampir semua dokumentasi resmi dari suatu bahasa pemrograman pasti menggunakan bahasa inggris. Tidak hanya dokumentasinya saja, bahkan kode programnya pun menggunakan bahasa inggris.

Kamu tidak dituntut untuk pasih berbahasa inggris, cukup hanya paham dengan kosa kata yang digunakan dalam kode program dan dokumentasi.

Semakin baik bahasa inggris kamu, maka akan semakin baik pula pemahaman kamu nantinya dengan dokumentasi yang dimaksud. Walapun saat ini telah banyak tutorial dalam bahasa Indonesia juga.

 

Jangan Panik Dengan Pesan Error

Banyak diantara kita, ketika baru belajar programing yang sangat khawatir dengan pesan error bahkan ada yang berfikir “ini adalah akhir dari segalanya”, padahal tidak seperti itu juga bambang J.

Pesan error harusnya di jadikan pelajaran, ketika membuat suatu program dengan bahasa apapun. Karena biasanya ketika ada error pasti diberitahukan dimana errornya, pada baris ke berapa, bahkan diberitahukan kode yang salah dan lain sebagainya.

Jadi solusinya jangan duluan panik, baca pesan error dan pahami maksud dari pesan error tersebut.

 

Rajin Membaca Dokumentasi

Untuk mengetahui maksud dari teknologi yang sedang dipelajari baik itu module, library, framework dan sebagainya serta bagaimana cara menggunakannya, maka kita tentu perlu membaca dokumentasi resmi dari si pengembang module atau library tersebut dan biasanya masing-masing dari mereka mempunyai website sendiri sebagai acuan untuk memahami teknologi tersebut. Jadi, rajin membaca dokumentasi? itu harus.

 

Jangan Menghafal Syntax / koding

Biasanya kita terlalu terpaku dalam menghafal suatu koding tertentu, padahal itu tidak perlu. Kita hanya perlu memahami maksud dari setiap syntax tersebut, bagimana cara menggunakannya, penempatannya dimana dan lainnya. Karena nantinya kita akan hafal sendiri setelah terbiasa.

 

Ketahui Dasar Programing

Untuk menjadi programmer yang handal, yang bisa menguasai berbagai macam bahasa pemrograman. Kita harus tahu dulu dasar-dasar program itu seperti apa, mulai dari belajar logika pemrograman aturan penulisan syntax dan lain sebagainya.

Jika kita telah memiliki dasar pengetahuan tentang suatu pemrograman, maka nantinya kita tidak akan kesulitan dalam mempelajari teknologi terbaru yang sekian hari semakin berkembang.

 

Mengikuti Tutorial

Sebagai pemula selain dituntut untuk sering-sering membaca dokumentasi, kita juga mesti banyak-banyak mengikuti tutorial dari seorang yang lebih professional dan punya jam terbang yang mempuni. Namun yang perlu di garis bawahi adalah walaupun kita telah selesai mengikuti tutorial yang di ikuti, kita jangan sampai merasa puas dulu. Cobalah untuk membuat suatu program yang berbeda dengan ilmu yang sama dari tutorial yang kita ikuti.

 

Menyimpan file di VCS (Version Control System)

Setelah membuat suatu program tertentu, alangkah baiknya jika kita menyimpan syntax tersebut pada suatu tempat sehingga dapat dipakai dikemudian hari. Para pemrogramer biasanya menyimpan syntax kode program yang mereka buat ke Version Control System (VCS) seperti github dan lain sebagainya, tapi yang paling sering di gunakan adalah github.

 

Tekad Dan Niat Yang Kuat.

Karena dalam membuat suatu program itu membutuhkan kesabaran dan ketekunan serta semangat pantang menyerah dan mau belajar terus menerus, maka tekad dan niat dalam belajar bahasa pemrograman itu sangat menentukan apakah kita berhasil menjadi programmer atau tidak.

Ditambah lagi dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat dari hari kehari, jika kita bermalas-malasan dalam belajar maka bisa dipastikan kita akan tertinggal dengan perkembangan teknologi.

 

Demikian artikel ini admin buat, semoga bermanfaat bagi siapa saja yang membaca terutama sekali bagi admin yang masih dalam proses belajar.

Artikel terkait :

Belajar HTML

Belajar CSS

Belajar Python

Sekian dan sampai jumpa lagi.

Wassalamualekum wr wb

 

 

 

0 Response to "8 Kesalahan Utama Seorang Programer Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close