-->

Fungsi IS Pada Excel : Memeriksa Nilai Tertentu Dan Mengembalikan TRUE Atau FALSE

Fungsi IS Pada Excel

Formula Excel yang akan admin bahas pada halaman ini yaitu tentang berbagai macam Fungsi IS Pada Excel

Adapun Fungsi-Fungsi yang tergolong didalam fungsi is pada excel antara lain : 

Fungsi ISBLANK, Fungsi ISERR, Fungsi ISERROR, Fungsi ISLOGICAL, Fungsi ISNA, Fungsi ISNONTEXT, Fungsi ISNUMBER, Fungsi ISREF, Fungsi ISTEXT, Fungsi ISFORMULA, Fungsi ISEVEN dan Fungsi ISODD.

Fungsi IS Pada Excel

Dalam menggunakan excel, terutama Ketika kita membuat sebuah rumus untuk melakukan suatu tugas tertentu, tidak jarang hasil yang dikembalikan oleh rumus yang kita buat bernilai error.

Hal tersebut tergolong wajar dan lumrah terjadi dalam dunia pemrograman, namun kita bisa melakukan pencegahan supaya hasil dari rumus yang kita buat tidak mengalami error.

Itulah mengapa hari ini kita akan belajar beberapa Fungsi IS Pada Excel yang memang digunakan untuk memeriksa nilai dalam cell sebelum dilanjutkan ke tahap selanjutnya.

Masing-masing fungsi is pada excel memiliki tugas yang berbeda-beda, seperti Mengecek sel kosong atau tidak, Mengecek sel berisi angka atau tidak, mengecek sel berisi rumus atau tidak dan masih banyak lagi lainnya.

Meskipun mereka melakukan pengecekan yang berbeda-beda, nilai yang dihasilkan oleh semua fungsi is pada excel yaitu TRUE atau FALSE. Oleh karena itu juga, fungsi IS disebut dengan Fungsi Logika seperti Fungsi IF Excel, Fungsi OR Excel dan lain sebagainya.

Perhatikan Contoh Penggunaan 12 Fungsi IS Pada EXCEL dibawah ini.

Contoh Penggunaan 12 Fungsi IS Pada EXCEL

Agar lebih mempermudah kalian dalam memahami maksud dari contoh gambar diatas, maka kita lansung saja bahas fungsi is pada excel satu persatu.

FUNGSI ISBLANK EXCEL

Fugnsi ISBLANK Excel merupakan fungsi excel yang digunakan untuk memeriksa apakah sebuah rujukan cell berupa sel kosong (TRUE) atau tidak (FALSE).

Fungsi IS Pada Excel yang pertama ini biasa digunakan untuk memeriksa apakah suatu cell tertentu memiliki sebuah data didalamnya atau tidak. Pemeriksaan seperti ini tentu seharusnya dilakukan sebelum memasukkan rumus tertentu kedalam cell excel dengan tujuan untuk menghindari nilai error yang akan muncul.

Cara Menggunakan Fungsi ISBLANK Excel

Cara pakai Fungsi ISBLANK Excel adalah sebagai berikut:

=ISBLANK(nilai)

Argument nilai dapat berupa referensi alamat cell.

FUNGSI ISERR EXCEL

Fungsi ISERR Excel merupakan fungsi excel yang digunakan untuk memeriksa apakah sebuah rujukan cell menghasilkan nilai error (TRUE) atau tidak error (FALSE) kecuali error #NA.

Fungsi IS Pada Excel yang kedua ini yaitu Fungsi ISERR Excel menghasilkan nilai TRUE meskipun nilai rujukan cell adalah error #NAME?. itu karena fungsi ISERR hanya akan menghasilkan nilai FALSE jika nilai error yang ada pada rujukan cell adalah error #NA.

Hal ini dapat kalian lihat pada contoh gambar diatas (Baris Ke-3). Akan tetapi, Fungsi ISERR Excel juga akan menghasilkan nilai FALSE Ketika rujukan cell bernilai angka, teks dan formula.  

Cara Menggunakan Fungsi ISERR Excel

Cara pakai Fungsi ISERR Excel adalah sebagai berikut:

=ISERR(nilai)

Argument nilai dapat berupa referensi alamat cell ataupun rumus excel.

FUNGSI ISERROR EXCEL

Fungsi ISERROR Excel merupakan fungsi excel yang digunakan untuk memeriksa apakah sebuah rujukan cell menghasilkan nilai error (TRUE) atau tidak error (FALSE) tanpa terkecuali.

Fungsi IS Pada Excel yang ke-3 ini memiliki kesamaan dan tentu perbedaan dengan Fungsi ISERR Excel yang kita bahas diatas.

Kesamaannya adalah sama-sama memeriksa nilai error pada sell rujukan. Sementara itu perbedaannya adalah Fungsi ISERR Excel memeriksa semua nilai error kecuali #NA. Sementara Fungsi ISERROR Excel memeriksa semua nilai error tanpa terkecuali.

Cara Menggunakan Fungsi ISERROR Excel

Cara pakai Fungsi ISERROR Excel adalah sebagai berikut:

=ISERROR(nilai)

Argument nilai dapat berupa referensi alamat cell ataupun rumus excel. 

FUNGSI ISLOGICAL EXCEL

Fungsi ISLOGICAL Excel merupakan fungsi yang digunakan untuk memeriksa apakah rujukan cell berupa nilai logika TRUE/FALSE atau tidak. Jika benar cell rujukan tersebut bernilai logika maka akan menghasilkan nilai TRUE sebaliknya jika tidak maka menghasilkan nilai FALSE.

Fungsi IS Pada Excel yang ke-4 ini, sesuai dengan pengertian diatas bahwa Fungsi ISLOGICAL Excel ini akan memeriksa cell yang memiliki nilai Logika atau tidak.

Contohnya sendiri dapat kalian lihat ada gambar diatas baris ke-5, admin menggunakan sebuah rumus logika NOT Excel pada cell C5 sehingga dengan begitu excel akan menghasilkan salah satu nilai logika TRUE / FALSE. Itulah sebabnya kenapa pada cell B5 menghasilkan nilai TRUE.

Cara Menggunakan Fungsi ISLOGICAL Excel

Cara pakainya adalah sebagai berikut:

=ISLOGICAL(nilai)

Argument nilai berisi referensi alamat cell ataupun sebuah rumus excel.

FUNGSI ISNA EXCEL

Fungsi ISNA Excel merupakan fungsi yang juga digunakan untuk memeriksa apakah rujukan cell berupa nilai error #NA atau tidak.

Fungsi IS Pada Excel yang ke-5 ini merupakan kebalikan dari Fungsi ISERR Excel yang telah kita bahas diatas. Jika Fungsi ISERR memeriksa nilai error kecuali error #NA maka Fungsi ISNA Excel hanya akan memeriksa nilai error #NA saja.

Cara Menggunakan Fungsi ISNA Excel

Adapun cara menggunakan fungsi ISNA ini adalah sebagai berikut:

=ISNA(nilai)

Argument nilai berisi referensi alamat cell ataupun sebuah rumus excel.

FUNGSI ISNONTEXT EXCEL

Fungsi ISNONTEXT Excel merupakan fungsi yang juga digunakan untuk memeriksa apakah rujukan cell bukanlah merupakan teks. Dengan begitu jika nilai yang ada pada cell rujukan bernilai teks maka akan menghasilkan nilai TRUE sebaliknya jika tidak maka akan FALSE.

Fungsi IS Pada Excel yang ke-6 ini berbeda dengan Fungsi ISTEXT Excel dan Fungsi ISNUMBER Excel yang akan mengembalikan nilai TRUE jika nilai dalam cell rujukan murni bernilai Teks atau murni bernilai Angka.

Sementara itu, Fungs ISNONTEXT Excel akan bernilai TRUE jika nilai dalam suatu cell adalah : 

  • Bukan bernilai teks.
  • Bernilai Logika (TRUE/FALSE).
  • Bernilai Error.

Cara Menggunakan Fungsi ISNONTEXT Excel

Adapun cara menggunakan fungsi ISNONTEXT ini adalah sebagai berikut:

=ISNONTEXT(nilai)

Argment nilai berisi referensi alamat cell yang akan di periksa, apakah berisi text atau tidak.

FUNGSI ISTEXT EXCEL

Fungsi ISTEXT Excel ini merupakan kebalikan dari fungsi ISNONTEXT diatas, fungsi ISTEXT ini akan memeriksa sebuah cell rujukan dan jika cell tersebut bernilai teks maka akan menghasilkan nilai TRUE, sebaliknya jika tidak maka akan menghasilkan nilai FALSE.

Fungsi IS Pada Excel yang ke-7 ini merupakan kebalikan dari Fungsi ISNONTEXT Excel diatas. Kedua Fungsi tersebut tentu akan sangat berguna dalam membedakan cell yang murni memiliki nilai text dan yang bukan.

Sehingga dapat menghindari nilai error yang mungkin akan muncul saat memasukkan cell tertentu kedalam suatu rumus excel.

Cara Menggunakan Fungsi ISTEXT Excel

Perhatikan rumus fungsi ISTEXT Excel berikut ini:

=ISTEXT(nilai)

Argument nilai berisi cell rujukan yang akan diperiksa, apakah bernilai text atau tidak.

FUNGSI ISNUMBER EXCEL

Fungsi ISNUMBER Excel merupakan fungsi yang juga digunakan untuk memeriksa apakah rujukan cell bernilai number. Menghasilkan nilai TRUE jika benar cell rujukan berisi number dan sebaliknya akan menghasilkan nilai FALSE jika tidak.

Fungsi IS Pada Excel yang ke-8 ini akan sangat membantu kalian dalam memeriksa dan menghitung cell yang memiliki nilai angka saja. karena beberapa rumus excel akan mengabaikan nilai text dan bahkan mengalami error ketika mendapati nilai text dalam suatu cell yang dihitung.

Cara Menggunakan Fungsi ISNUMBER Excel

Perhatikan rumus fungsi ISTEXT Excel berikut ini:

=ISNUMBER(nilai)

Argument nilai berisi cell rujukan yang akan diperiksa, apakah bernilai number/angka atau tidak.

FUNGSI ISREF EXCEL

Fungsi ISREF Excel merupakan fungsi yang digunakan untuk memeriksa apakah nilai yang diberikan berisi referensi cell yang benar (valid) atau tidak. Excel akan menghasilkan nilai TRUE jika nilai yang dimasukkan merupakan referensi cell yang valid dan sebaliknya akan bernilai FALSE jika tidak.

Contoh Fungsi IS Pada Excel yang ke-9 ini dapat kalian lihat Pada contoh gambar diatas baris ke-10, Fungsi ISREF menghasilkan nilai TRUE karena rumus yang admin gunakan pada cell B10 adalah =ISREF(C10). Dimana nilai C10 dalam rumus ISREF merupakan sebuah referensi ke sebuah cell rujukan.

Sebaliknya, Ketika admin memasukkan rumus =ISREF(D9D9) pada cell E10 maka excel akan menghasilkan nilai FALSE. Karena nilai D9D9 dalam rumus tersebut, bukan mengacu ke dalam sebuah referensi cell.

Cara Menggunakan Fungsi ISREF Excel

Perhatikan rumus Fungsi ISREF Excel Berikut ini:

=ISREF(nilai)

Argument nilai berisi cell rujukan yang akan diperiksa, apakah bernilai referensi cell yang benar/valid ataukah tidak.

FUNGSI ISFORMULA EXCEL

Fungsi ISFORMULA Excel merupakan fungsi yang digunakan untuk memeriksa apakah cell yang dimasukkan adalah sebuah rumus atau formula apa bukan. Akan mengembalikan nilai TRUE jika memang mengandung rumus / formula excel dan sebaliknya akan bernilai FALSE jika tidak.

Contoh Fungsi IS Pada Excel yang ke-10 ini dapat kalian lihat pada contoh gambar diatas baris ke-11.

Cara Menggunakan Fungsi ISFORMULA Excel

Perhatikan rumus Fungsi ISFORMULA Excel berikut ini.

=ISFORMULA(nilai)

Argument nilai berisi nilai yang ingin diperiksa, apakah sebuah rumus atau tidak.

FUNGSI ISEVEN EXCEL

Fungsi ISEVEN Excel merupakan fungsi yang digunakan untuk memeriksa apakah nilai yang dimasukkan pada rumus ISEVEN berisi angka Genap atau Ganjil. Jika angka Genap maka excel akan mengembalikan nilai TRUE dan sebaliknya jika Ganjil akan mengembalikan nilai FALSE.

Bagaimana jika nilai yang dimasukkan bukan angka? Kalau demikian maka excel akan mengembalikan nilai error #VALUE!.

Cara Menggunakan Fungsi ISEVEN Excel

Perhatikan rumus Fungsi ISEVEN Excel berikut ini:

=ISEVEN(nilai)

Argument nilai berisi angka yang ingin diperiksa, apakah sebuah angka atau tidak. Jika angkanya bernilai Genap maka akan mengembalikan nilai TRUE dan jika Ganjil akan bernilai FALSE, jika tidak keduanya maka akan menghasilkan nilai error.

FUNGSI ISODD EXCEL

Fungsi ISODD Excel merupakan fungsi yang akan menghasilkan nilai TRUE jika angka yang dimasukkan bernilai GANJIL dan akan bernilai FALSE jika angka yang dimasukkan bernilai GENAP.

Fungsi IS Pada Excel yang terakhir ini merupakan kabalikan dari fungsi ISEVEN Excel yang telah kita bahas diatasfungsi ISODD.

Cara Menggunakan Fungsi ISODD Excel

Perhatikan rumus Fungsi ISODD excel berikut ini:

=ISODD(nilai)

Argument nilai berisi angka yang ingin diperiksa, apakah sebuah angka atau tidak. Jika memang angkanya GANJIL maka akan bernilai TRUE dan sebaliknya jika bernilai GENAP maka akan bernilai FALSE. Dan jika argument nilai ini bukan berisi angka maka excel akan mengembalikan nilai error.

Setelah belajar 12 Fungsi IS Pada Excel diatas, mudah-mudahan Ketika nanti saat kalian membuat rumus pada excel untuk melakukan tugas tertentu maka kalian sudah bisa menghindari error yang sekiranya akan terjadi.

Demikian penjelasan admin tentang Fungsi IS Pada Excel, jika ada pertanyaan atau teguran berdasarkan tulisan admin diatas maka silahkan tinggalkan saja pada kolom komentar yang telah disediakan dibawah.

Terimakasih Banyak karena telah berkunjung.

0 Response to "Fungsi IS Pada Excel : Memeriksa Nilai Tertentu Dan Mengembalikan TRUE Atau FALSE"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close