-->

Pengenalan Ribbon Pada Microsoft Excel

PENGERTIAN RIBBON PADA MICROSOFT EXCEL

Apa itu Ribbon Pada Microsoft Excel?

Ribbon Excel adalah sekumpulan perintah pada Microsoft Excel yang terdiri dari beberapa tab menu dan setiap tab menu terdiri dari tombol-tombol perintah yang memiliki kemiripan, khususnya dalam meng-eksekusi perintah tertentu.

Pengenalan Ribbon Pada Microsoft Excel

FUNGSI RIBBON PADA MICROSOFT EXCEL

Fungsi ribbon pada microsoft excel adalah untuk mempermudah dan mempercepat kita dalam menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh excel.

Contohnya, Tab Home terdiri dari tombol-tombol perintah untuk meng-eksekusi tulisan, Tab Insert terdiri dari tombol-tombol perintah untuk memasukkan object tertentu, Tab Page Layout terdiri dari tombol-tombol perintah untuk mengatur ukuran kertas yang digunakan, dan Tab lainnya yang memiliki tombol dengan perintah berbeda-beda.

Sebelum kita bahas fitur apa saya yang disediakan oleh Microsoft Excel pada masing-masing tab, maka terlebih dahulu kita harus mengetahui bagian-bagian dari ribbon pada excel itu sendiri.

RIBBON PADA MICROSOFT EXCEL TERDIRI DARI

Perhatikan gambar berikut ini.

Tab Menu Ribbon Pada Excel

Tab Menu Ribbon Pada Excel (Kotak Warna Kuning Dalam Gambar)

Terdiri dari Tab File, Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, View dan Help serta beberapa tab yang masih tersembunyi seperti Tab Dvelover, Load Test, Team dan lainnya, jika ingin memunculkannya maka ada cara khusus. Pada Setiap Tab terdapat tombol-tombol perintah yang dikelompokkan sesuai dengan fungsinya. Secara default, Tab Home adalah tab yang aktif Ketika Microsoft Excel dibuka.

Group Menu ( Kotak Warna Merah Dalam Gambar)

Tombol-tombol perintah yang telah dikelompokkan berdasarkan kemiripan fungsinya, setiap group dipisahkan dengan sebuah garis. Pada tab home terdapat beberapa group seperti group Clipboard, Font, Alignment, Number, Styles, Cells, Editing dan lain sebagainya.

Commond Buttons

Commond Buttons adalah tombol-tombol yang ada didalam setiap Group Menu yang dilambangkan dengan icon tertentu sesuai dengan fungsinya.

Dialog Box Launcher (Kotak Warna Hijau Dalam Gambar)

Dialog Box Launcher ini berada disudut bawah kanan pada masing-masing Group Menu. Fungsi dari Dialog Box Launcher ini ialah untuk menampilkan pengaturan lebih lanjut pada masing-masing group, karena beberapa tombol sengaja disembunyikan dengan alasan untuk menghemat tempat.

TAB MENU RIBBON PADA EXCEL

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa Ribbon pada Microsoft excel terdiri dari beberapa tab menu. Nah, dibawah ini merupakan penjelasan dari masing-masing tab menu dan tombol-tombol yang ada didalamnya.

Tab Menu File

Gambar diatas merupakan tampilan dari menu File pada Microsoft excel. Tidak seperti tab menu lainnya yang berisikan tombol-tombol perintah tertentu, disini hanya terdapat beberapa tombol perintah untuk mengelola file excel yang kita punya.

Tab Menu File

Keterangan:

  • Tombol New untuk membuat lembar kerja baru.
  • Tombol Open untuk membuka lembar kerja yang sudah ada.
  • Tombol Info sebagai Tindakan lanjutan dari file yang kita punya, misalnya untuk memproteksi workbook, mengecek file jika terdapat kendala error, menage workbook untuk mencari file yang ditutup tapi lupa untuk disimpan, dan Browser view options.
  • Tombol Save untuk menyimpan setiap perubahan yang dilakukan pada workbook.
  • Tombol Save As untuk menyimpan ulang workbook yang kita punya. Tombol ini tidak ada bedanya dengan tombol Save saat workbook pertama kali dibuat dan belum disimpan.
  • Tombol Print untuk mencetak hasil workbook yang kita punya.
  • Tombol Share untuk membagikan hasil kerja kita kepada semua orang baik dalam bentuk Email, OneDrive, jaringan LAN, dan sebagainya.
  • Tombol Export untuk mengkonversi file excel (extensi .xlsx) yang kita miliki ke dalam bentuk PDF/XPS atau dalam bentuk extensi lainnya.
  • Tombol Publish untuk membagikan hasil kerja kita juga seperti tombol share, tapi disini dibagikan ke Power BI, OneDrive untuk Bisnis, dan sebagainya.
  • Tombol Close untuk menutup Aplikasi Microsoft Excel
  • Dll.

Tab Menu Home

Tab Home ini merupakan tab yang secara default diaktifkan setiap excel dibuka. Didalam tab ini terdapat tombol-tombol yang paling sering digunakan oleh pengguna excel.

Tab Menu Home

Keterangan :

Group Clipboard

Terdiri dari Tombol Cut (Untuk memotong tulisan, cell, object dan sebagainya), Tombol Copy (Untuk menggandakan tulisan, cell, object dan sebagainya), Tombol Paste (Untuk menempatkan hasil Cut dan Copy pada suatu wadah yang ditententukan), dan Tombol Format Painter (Untuk mengcopy Format Cell tertentu dan akan diaplikasikan ke Cell Lainnya).

Group Font

Terdiri dari tombol yang digunakan untuk mengatur font/huruf pada Cell Excel. Seperti, mengatur besar kecil huruf, mengatur jenis huruf, mewarnai huruf dan lain sebagainya.

Kalian dapat mengaktifkan pengaturan lanjutan untuk mengatur secara lebih tentang font pada Microsoft Excel dengan cara menekan tombol Dialog Box Launcher yang ada pada pojok kanan bawah dari Group Font atau dengan cara menekan CTRL+SHIFT+F.

Group Alignment

Terdiri dari tombol yang digunakan untuk mengatur perataan tampilan data. Selain itu, terdapat tombol yang dapat menggabungkan beberapa cell Excel.

Seperti dialog font, kalian juga dapat mengaktifkan alignment dengan cara menekan tombol Dialog Box Launcher pada pojok kanan bawah dari group Alignment.

Group Number

Terdiri dari tombol yang digunakan untuk mengatur format angka pada Microsoft Excel. Seperti format angka general, number, currency, accounting, percentage, date dan lain sebagainya.

Tekan tombol Dialog Box Launcher dipojok kanan bawah dari group number bila kalian membutuhkan pengaturan lebih lanjut terkait format angka.

Group Styles

Disini terdapat tombol-tombol yang digunakan untuk mengatur tampilan cell excel sehingga terlihat lebih menarik saat dicetak.

Group Cells

Terdiri dari tombol-tombol perintah untuk memodifikasi cell. Seperti, menyisipkan cell baik row (baris) atau colomn (kolom), menghapus cell, mengatur height (tinggi) dan width (lebar) cell pada Microsoft Excel dan lain sebagainya.

Group Editing

Terdiri dari tombol-tombol perintah yang digunakan untuk melakukan editing data / manajemen data. Seperti, membuat formula, mengurutkan data, mencari data dan lain sebagainya.

Tab Menu Insert

Tab Insert merupakan tempat yang berisi tombol-tombol perintah untuk menyisipkan suatu object tertentu pada workbook (lembar kerja) Microsoft Excel.

Tab Menu Insert

Setiap tombol dari masing-masing group tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Adapun Command Group pada menu insert adalah sebagai berikut:

Group Tables

Terdapat tombol perintah yang berfungsi untuk membuat tabel dan pivot table.

Group Illustrations

Terdapat tombol perintah yang berfungsi untuk menyisipkan gambar dan shape kedalam lembar kerja Microsoft Excel.

Group Add-Ins

Terdapat tombol-tombol perintah yang digunakan untuk menambahkan fitur tambahan dari Microsoft Store.

Group Charts

Sesuai dengan Namanya, disini terdapat tombol-tombol yang digunakan untuk membuat dan mengatur Grafik pada Microsoft Excel.

Group Tours

Tombol disini dapat digunakan untuk membuat data geografis dalam bentuk 3D Maps pada Microsoft Excel.

Group Sparklines

Terdapat tombol perintah untuk membuat mini charts pada excel.

Group Filters

Kalian dapat memanfaatkan tombol yang ada disini untuk menyaring data yang kalian punya.

Group Links

Merupakan fitur pada excel yang dapat digunakan untuk membuat Hyperlink yang mengarahke halaman website tertentu.

Group Text

Fitur pada excel yang dapat dimanfaatkan untuk membuat atau menambahkan teks khusus.

Group Symbols

Digunakan untuk menambahkan simbol dan rumus matematika pada Microsoft Excel.

Tab Menu Layout

Tab Layout merupakan tempat yang berisi tombol-tombol untuk mengatur ukuran kertas dari lembar kerja excel, hal ini sangat membantu Ketika akan mencetak hasil kerja kita di excel.

Tab Menu Layout

Keterangan:

Group Themes

Berisi tombol perintah yang digunakan untuk memberikan efek visual pada lembar kerja / workbook excel.

Group Setup

Berisi tombol perintah yang digunakan untuk mengatur jenis kertas dan ukuran kertas yang akan digunakan.

Group Scale To Fit

Berisi tombol perintah yang digunakan untuk mengatur skala baris dan kolom (banyaknya baris dan kolom yang dimuat dalam ukuran kertas yang kita pilih) terhadap ukuran kertas pada workbook excel.

Group Sheet Option

Berisi tombol perintah yang digunakan untuk menampilkan Gridlines (garis pembatas cell) dan Headings baik saat melakukan editing melalui lembar kerja excel ataupun saat mencetak file.

Group Arrange

Berisi tombol perintah yang digunakan untuk mengorganisir serta mengatur tata letak objek seperti shape, gambar, dan lain sebagainya pada lembar kerja Microsoft Excel.

Untuk mengatur tata letak objek, Microsoft excel menyediakan pilihan Bring Forward, Send Backward, Selection Pane, Align, Group Objects dan Rotate.

Tab Menu Formulas

Tab Formulas merupakan tempat yang berisi tombol-tombol perintah yang berkaitan dengan Formula Pada Microsoft Excel.

Tab Menu Formulas

Keterangan:

Group Function Library

Disini kalian dapat melihat berbagai macam formula yang digunakan pada Microsoft Excel.

Group Defined Names

Dibagian ini, kita dapat membuat dan memberikan nama cell baik satu ataupun kumpulan cell pada Microsoft Excel.

Group Formula Auditing

Berisi tombol-tombol perintah yang digunakan untuk menejemen suatu proses yang dilakukan oleh suatu formula dalam cell excel.

Group Calculation

Pada bagian ini, kalian bisa manfaatkan untuk menghitung suatu formula secara langsung pada Microsoft Excel.

Tab Menu Data

Tab Data berisi tombol perintah yang dapat dimanfaatkan untuk mengkoneksikan dan manajemen data pada Microsoft Excel.

Tab Menu Data

Keterangan:

Tombol Get External Data

Digunakan untuk memasukkan data dari luar ruang lingkup Excel, Seperti dari Microsoft Access, Website, SQL dan lain sebagainya.

Group Get & Transform

Berisi tombol-tombol perintah yang digunakan untuk menggabungkan data dari sumber yang berbeda dan menampilkan dalam suatu format tertentu pada lembar kerja Microsoft Excel.

Group Connections

Fitur yang digunakan untuk menghubungkan antara tabel satu dengan yang lainnya pada lembar kerja Microsoft Excel.

Group Sort & Filter

Berisi tombol-tombol perintah yang digunakan untuk mengurutkan data pada lembar kerja excel. Fitur ini juga terdapat pada Tab Menu Home.

Group Data Tools

Berisi fitur tingkat lanjut yang biasa digunakan oleh analisis data dalam melakukan suatu penelitian tertentu.

Group Forecast

Fitur ini juga biasa dimanfaatkan oleh para analis data untuk menemukan peluang suatu data menggunakan Microsoft Excel.

Group Outline

Fitu pada group ini digunakan untuk menggabungkan atau mengelompokkan data sehingga lebih mudah untuk diproses ke tahap selanjutnya.

Tab Menu Review

Pada Tab Review ini, terdapat fitur-fitur excel yang biasa dimanfaatkan dalam hal-hal yang terkait dengan penulisan, perubahan, komentar, proteksi lembar kerja excel dan lain sebagainya.

Tab Menu Review

Keterangan:

Group Proofing

Fitur disini bisa kita manfaatkan untuk menganalisis kesalahan penulisan yang ada pada cell lembar kerja excel.

Group Insight

Fitur ini bisa diandalkan Ketika kita sedang mencari informasi yang terkait dengan data yang kita buat dengan menggunakan Bing (Search Engine milik Microsoft) artinya kita butuh koneksi internet supaya terhubung ke Bing.

Group Language

Fitur ini biasa dimanfaatkan untuk menterjemahkan data yang kita buat ke dalam Bahasa lain berdasarkan Bahasa yang kita pilih.

Group Comments

Fitur ini digunakan untuk menambahkan suatu komentar pada sebuah cell dengan tujuan memberikan keterangan terkait isi dari cell tersebut.

Group Changes

Fitur ini digunakan untuk memproteksi data yang kita miliki sehingga lebih aman, baik saat melakukan perubahan ataupun aman dari orang-orang yang tidak berkepentingan. Caranya dengan memberikan password pada file excel yang kita buat.

Tab Menu View

Sesuai dengan Namanya, Tab View memiliki fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan dalam mengatur tampilan pada lembar kerja Microsoft Excel secara keseluruhan.

Tab Menu View

Keterangan:

Group Workbook View

Fitur ini digunakan untuk mengubah tampilan lembar kerja excel, fitur ini juga bisa kalian temukan pada pojok kanan bawah jendela Workbook Excel.

Group Show

Fitur ini digunakan untuk menampilkan atau tidak formula bar, heading dan gridlines.

Group Zoom

Fitur yang dapat kita manfaatkan untuk memperbesar dan memperkecil tampilan worksheet Excel.

Group Window

Dengan fitur yang ada pada group window, kita dapat dengan mudah mengatur jendel Microsoft Excel. Seperti, menambahkan jendela baru, menampilkan semua file excel dalam satu jendela, Membuat Freeze Panes dan lain sebagainya.

Macros

Fitur ini merupakan fitur tingkat lanjut dari Microsoft Excel, biasanya fitur ini dimanfaatkan untuk membuat sebuah program menggunakan Excel.

Tab Menu Develover

Tab Develover adalah salah satu dari beberapa tab menu yang secara default disembunyikan oleh Excel, itu karena fitur ini memang diperuntukkan bagi pengguna tingkat lanjut. Cara untuk mengaktifkan Menu Develover akan kita bahas pada halaman yang berbeda.

Contextual Tabs

Selain tab menu yang telah kita bahas diatas, ada juga tab menu yang memang dikhususkan untuk object tertentu. Setiap object memiliki tombol perintah yang berbeda-beda sesuai object yang sedang kita pilih.

Contoh Contextual Tabs seperti tab Design, Format, Analyze dan mungkin ada lagi yang saat ini admin lupa untuk disebutkan. Tab-tab tersebut akan muncul saat kita mengaktifkan object tertentu saja, seperti Tabel Tools, Chart Tools, Drawing Tools, PivotTable Tools, dan lain sebagainya.

Untuk melihat brapa banyak Tab Menu Ribbon yang terdapat pada Aplikasi Microsoft Excel yang terinstall pada PC/Leptop kalian, Maka lakukan Langkah-langkah sebagai berikut ini:

  • Klik kanan pada area kosong disekitar Ribbon.
  • Pilih Customize The Ribbon.
  • Maka akan muncul jendela seperti dibawah ini.

Jendela diatas juga bisa kalian manfaatkan untuk mengatur Ribbon Excel, terkait mana tab menu yang akan kalian munculkan atau sembunyikan.

Cara Menyembunyikan Dan Menampilkan Ribbon Microsoft Excel

Terkadang saat kita bekerja menggunakan Microsoft Excel, kita membutuhkan area yang lebih luas untuk beberapa alasan. Jadi kita dapat menyembunyikan ribbon excel untuk memperluas area kerja kita.

Ada 3 cara yang bisa ditempuh untuk menyembunyikan dan menampilkan ribbon excel, yaitu:

1. Klik icon segitiga kecil pada sebelah kiri bawah ribbon dan untuk memunculkan ribbon Kembali maka klik salah satu tab menu kemudian pilih Icon Pin ditempat yang sama dengan icon segitiga kecil sebelumnya.

Cara Menyembunyikan Dan Menampilkan Ribbon Microsoft Excel

2. Tekan Tombol CTRL + F1 pada keyboard. Kombinasi tombol tersebut merupakan shortcut untuk menyembunyikan dan menampilkan Ribbon Excel.

3. Double Klik (klik 2x secara berurutan) area kosong pada ribbon excel. Cara ini merupakan cara yang paling praktis untuk dilakukan dalam menyembunyikan Ribbon Excel.

MENGGUNAKAN RIBBON DENGAN KEYBOARD

Selain menggunakan mouse, kita juga bisa menggunakan keyboard untuk mengakses setiap tab menu yang ada pada ribbon. Cara ini dapat kalian lakukan saat mouse kalian mengalami kerusakan ataupun memang kalian malas menggunakan mouse.

Tata cara menggunakan keyboard untuk mengakses tab menu ribbon adalah dengan menekan tombol Alt pada keyboard diikuti dengan karakter huruf awal dari setiap tab menu ribbon.

MENGGUNAKAN RIBBON DENGAN KEYBOARD

Misalnya kalian ingin mengakses Tab Menu Insert maka kalian hanya perlu menekan tombol Alt + N, begitu pula untuk Tab Menu ribbon pada excel lainnya tekan tombol Alt + Awalan huruf tab menu yang telah tentukan oleh Microsoft.

Sampai disini dulu pembahasan kita pada kesempatan yang baik ini, semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat memberikan manfaat yang berarti bagi kehidupan kita dimasa sekarang maupun yang akan datang.

Jangan Lupa untuk mengunjungi artikel kami lainnya, linknya telah admin taruh dibawah ini. kalian tinggal klik saja sesuai dengan judul yang kalian minati.

Tutorial Excel Dasar Tahap 1

  1. Pengenalan Singkat Dan Sejarah Microsoft Excel Bagi Pemula
  2. Mengenal Tampilan Dan Lembar Kerja Dari Microsoft Excel
  3. Pengenalan Ribbon Pada Microsoft Excel : Pengertian, Macam-Macam Tab Ribbon Dan Fungsinya
  4. Quick Access Toolbar Excel : Lengkap Dengan Gambar Penjelasannya.
  5. Formula Bar Excel : Lengkap, Mulai Definisi Dan Sebagainya.
  6. Status Bar Excel : Mulai Dari Pengertian, Bagian-Bagian Status Bar Dan Selengkapnya.
  7. Bekerja Dengan Menggunakan Worksheet Di Excel
  8. Menyisipkan, Mendelete, Mengatur Tinggi Dan Lebar Cell Pada Excel
  9. Membuat Dan Memformat Tabel Pada Excel

Tutorial Microsoft Excel << Klik disini untuk belajar lebih banyak lagi tentang Microsoft Office Excel.

Terimakasih banyak karena telah meluangkan waktu untuk berkunjung.

Wassalamualaekum wr wb.


0 Response to "Pengenalan Ribbon Pada Microsoft Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close