-->

Cara Menulis Formula Di Excel

 Penulisan Formula Excel.- Tutorial Excel di halaman ini, admin ingin menjelaskan hal sangat penting sebelum melakukan Berbagai perumusan atau fungsi pada excel yaitu tentang Aturan Penulisan Fomula Di Excel, seperti penempatan Tanda Sama Dengan, Tanda Kurung, Tanda Pemisah Argumen / Variabel, Tanda Kutip / Petik sampai menggunakan Alamat Cell / Range.

TANDA SAMA DENGAN

Tanda sama dengan “=” merupakan tanda awal dari setiap penulisan formula atau rumus yang Mutlak harus ditulis ketika kita akang menggunakan formula atau rumus apapun. Selain itu, tanda sama dengan “=” juga dapat digunakan sebagai rujukan ke data pada lokasi lain.

Aturan Penulisan Sama Dengan

Aturan Penulisan Sama Dengan

TANDA KURUNG

Penggunaan Tanda Kurung hampir sama dengan penggunaan dalam operasi matematika biasa, dengan tujuan supaya perhitungan menjadi lebih mudah untuk dibaca dan dianalisa. Pada excel Tanda Kurung “( )” digunakan untuk memisahkan bagian-bagian yang dianggap perlu untuk dipisahkan dalam satu formula.

Misalka ketika menulis sebuah fungsi, maka tanda kurung umum digunakan setelah menuliskan nama fungsinya, bahkan ketika kita akan menggunakan beberapa fungsi dalam satu formula.

Contohnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini.

=SUM(A1:B1)

=IF(A1=10,"PAS BANGET",IF(A1<10,"Kurang","Kelabihan"))

=(A1*B1)+(A2*B2)

dan sebagainya…

Baca Juga : Fungsi IF Di Excel

TANDA PEMISAH ARGUMEN / VARIABEL

Dalam membuat suatu formula yang kompleks, kita akan menggunakan banyak argument ataupun variabel dalam suatu formula. Untuk itu kita pasti membutuhkan yang namanya pemisah antara argument satu dengan yang lain, dan pemisah untuk memisahkannya kita menggunakan tanda koma “,” atau titik-koma “;” tergantung dari settingan regional yang anda gunakan pada Windows dan Excel.

Settingan regional Indonesia tanda pemisahnya menggunakan tanda titik-koma “ ; ”.

Settingan regional selian Indonesia tanda pemisahnya menggunakan tanda koma “ , “.

Bagaimana cara mengetahui settingan regional pada windows 10? Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pastikan Ms Excel kalian tertutup.
  • Ketikkan Control Panel pada sampaing kanan menu Bar, kemudian pilih Contol Panel atau kalian langsung enter saja.
  • Pada Jendela Control Panel – Region Chage Date, time, or number formats. Setelah itu akan muncul jendela baru dan pada Tab Formats – Format pilih Indonesia (Indonesia) – Klik Aplay – klik OK.

Settingan regional

Cara diatas adalah cara untuk mengetahui sekaligus cara mengubah settingan regional pada windows 10. Untuk kalian yang menggunakan selain windows 10, kalian tidak perlu khawatir caranya akan sama saja dan kalaupun ada perbedaan paling hanya sedikit saja.

Atau kalian bisa mengubah settingan regional pada Microsoft Excel dengan cara berikut :

Pada Tab Menu FileOptions Lenguage. Dari sini kalian dapat mengetahui format yang digunakan serta kalian dapat mengubahnya disitu.

Baca Juga : Fungsi LEFT, RIGHT, MID Pada Excel

TANDA KUTIP / PETIK

Tanda kutip “ ” digunakan jika kalian ingin menggunakan isi atau data yang berupa teks, baik ketika kalian ingin mengambil isi dari Cell atau dengan teks yang telah kalian sediakan.

TANDA KUTIP / PETIK

Dari gambar diatas terlihat penggunaan dari tanda Kutip / Petik, jika nilai yang akan diambil atau yang akan dimunculkan berupa teks, maka harus menggunakan tanda petik. Jika menggunakan angka maka tidak perlu menggunakan tanda petik.

MENGGUNAKAN ALAMAT CELL / RANGE

Apa itu Alamat Cell / Range? yaitu Cell adalah titik pertemuan antara kolom dan baris, contoh Cell B2 artinya kolom B baris ke 2. sementara Range adalah rentang antara cell yang satu dengan cell yang lainnya, contoh B2:D2 artinya dari cell B2 sampai cell D2. untuk lebih jelasnya kalian baca di artikel admin yang lainnya yakni Mengenal Tampilan Dan Lembar Kerja Dari Microsoft Excel.

Menggunakan alamat CELL dalam sebuah formula di excel dapat membuat formula menjadi lebih statis dan terkunci hanya untuk data tersebut saja. Kenapa demikian? Karena langsung merujuk kepada isi dari cell atau datanya.

Perhatikan contoh dibawah ini.

MENGGUNAKAN ALAMAT CELL / RANGE

Baca Juga : Mengenal Rumus Dan Fungsi Pada Excel

Dengan menggunakan Alamat Cell / Range, kalian dapat mengubah nilai yang ada pada Cell B2 dan Cell C2 kemudian akan langsung di proses dengan rumus tambahan =B2+C2 (nilai Cell B2 ditambah dengan nilai Cell C2) akan secara otomatis mengeluarkan hasil sesuai dengan perhitungan rumus.

Bayangkan jika kalian menulis nilainya secara langsung seperti ini =90+10, ketika kalian ingin mengubah nilainya maka kalian masuk lagi kerumusnya. Masih mending jika menggunakan 2 argumen, bagaimana argumennya ada banyak? Kalian pasti kewalahan.

Semoga dengan penjelasan admin diatas dapat memberikan ilmu baru bagi kita semuanya serta dapat bermanfaat bagi kehidupan kita.

Kunjungi tulisan admin lainnya untuk mendapatkan ilmu yang lebih baik tentang excel, linknya telah admin taruh dibagian bawah ini.

Artikel Lainnya :

Pengenalan Singkat Dan Sejarah Microsoft Excel Bagi Pemula

Mengenal Tampilan Dan Lembar Kerja Dari Microsoft Excel

Bekerja Dengan Menggunakan Worksheet Di Excel

Membuat Dan Memformat Tabel Pada Excel

Menyisipkan, Mendelete, Mengatur Tinggi Dan Lebar Cell Pada Excel

Mengenal Rumus Dan Fungsi Pada Excel

Cara Menulis Formula Di Excel

Sampai jumpa pada tulisan admin berikutnya.

Sekian, Wassalamualaekum wr wb..


 

0 Response to "Cara Menulis Formula Di Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close