-->

Pengenalan Singkat Dan Sejarah Microsoft Excel Bagi Pemula

Sejarah Microsoft Excel.- Sebelum beranjak lebih jauh, alangkah baiknya jika kita mengetahui apa itu Microsoft Excel Dan Sejarah Microsoft Excel itu sendiri.

Pengenalan Singkat Dan Sejarah Microsoft Excel Bagi Pemula

PENGERTIAN SINGKAT MICROSOFT EXCEL

Admin yakin semua yang hadir disini pasti pernah mendengar nama Microsoft Excel, tapi admin akan mencoba menjelaskan secara lebih jelas lagi tentang Microsoft Excel.

Apa itu Microsoft Excel? Yaitu sebuah aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuah oleh perusahaan Microsoft Corporation untuk sistem operasi Windows dan Mac OS. Selain Excel Microsoft juga mengembangkan berbagai macam aplikasi pengolahan seperti: Microsoft Word, PowerPoint, Access, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Software ini telah digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa, pegawai, guru disekolah dan masih banyak profesi lainnya. Itu karena Microsoft excel meyediakan berbagai fitur yang sangat berguna untuk melakukan berbagai pengolahan data terutama yang berbentuk angka.

Pada catatan Microsoft Excel ini, admin akan menggunakan Microsoft Excel 2010 dan 2016. Bagi kalian yang menggunakan versi yang berbeda dari admin mohon untuk tidak panik atau pun histeris J karena dalam prakteknya tidak akan jauh berbeda.

SEJARAH SINGKAT MICROSOFT EXCEL

Microsoft Excel, untuk pertama kalinya diluncurkan pada tahun 1985, kala itu Microsoft Excel hanya tersedia untuk sistem Operasi Mac OS atau Macintosh, waktu itu namanya masih excel saja tanpa ada Microsoft.

Tahun 1987, Microsoft meluncurkan Excel untuk sistem operasi Windows yang dikenal dengan Excel versi 2.0. Dan pada tahun 1988, Excel menjadi software spreadsheet yang sangat popular dan di andalkan oleh pelaku pasar.

Tahun 1993, Microsoft mendesai ulang tampilan antar muka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel. Pada tahun yang sama Excel juga telah memiliki bahasa pemrograman yang disebut dengan Visual Basic For Applications (VBA) yang dapat menambah kemampuan Excel untuk melakukan banyak fungsi yang salah satunya untuk melakukan automatisasi.

Bagi para pemrogramer, pasti tidak asing dengan istilah Visual Basic yang merupakan salah satu IDE (integrated development environment) dalam membuat sebuah pemrograman.

Upaya Microsoft tentu tidak sampai disitu saja, pada tahun 2003 keluarlah Excel versi 11.0 yang lebih dikenal dengan Microsoft Excel 2003 dengan ekstensi .xls, dan pada versi 12.0 atau lebih dikenal dengan Microsoft Excel 2007 barulah menggunakan ekstensi .xlsx sampai sekarang yang dianggap lebih baik dari ekstensi sebelumnya.

Berikut ini adalah tabel dari sejarah perkembangan dari Microsoft Excel Untuk Versi Windows sebagai berikut:

Tahun

Nama

Versi

1987

Microsoft Excel 2

2.0

1990

Microsoft Excel 3

3.0

1992

Microsoft Excel 4

4.0

1993

Microsoft Excel 5

5.0

1995

Microsoft Excel 95

7.0

1997

Microsoft Excel 97

8.0

2000

Microsoft Excel 2000

9.0

2002

Microsoft Excel 2002

10.0

2003

Microsoft Excel 2003

11.0

2007

Microsoft Excel 2007

12.0

2010

Microsoft Excel 2010

13.0

2013

Microsoft Excel 2013

15.0

2016

Microsoft Excel 2016

16.0


Dari tabel diatas, dapat kita lihat perkembangan dari Microsoft Excel dari awal hingga sekarang ini. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan bagi kita semuanya. Setelah ini kita akan belajar mengenal area kerja di Microsoft Excel.

Admin rasa cukup sekian untuk penjelasan dari pengertian serta sejarah dari Microsoft Excel, kedepannya kita akan lebih sering berlatih menggunakan rumus excel.

Tutorial Excel Dasar Tahap 1

  1. Pengenalan Singkat Dan Sejarah Microsoft Excel Bagi Pemula
  2. Mengenal Tampilan Dan Lembar Kerja Dari Microsoft Excel
  3. Pengenalan Ribbon Pada Microsoft Excel : Pengertian, Macam-Macam Tab Ribbon Dan Fungsinya
  4. Quick Access Toolbar Excel : Lengkap Dengan Gambar Penjelasannya.
  5. Formula Bar Excel : Lengkap, Mulai Definisi Dan Sebagainya.
  6. Status Bar Excel : Mulai Dari Pengertian, Bagian-Bagian Status Bar Dan Selengkapnya.
  7. Bekerja Dengan Menggunakan Worksheet Di Excel
  8. Menyisipkan, Mendelete, Mengatur Tinggi Dan Lebar Cell Pada Excel
  9. Membuat Dan Memformat Tabel Pada Excel

Tutorial Microsoft Excel << Klik disini untuk belajar lebih banyak lagi tentang Microsoft Office Excel.

Sampai jumpa pada artikel berikutnya, siapakan logika kalian yaa… J

 

0 Response to "Pengenalan Singkat Dan Sejarah Microsoft Excel Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close