-->

Fungsi Match Dan Index

Fungsi MACTH Dan INDEX.- Setelah sebelumnya kita telah belajar bagaimana menggunakan Fungsi Index Beserta contoh penggunaan Fungsi Index, serta Fungsi Match dan contoh penggunaannya.

Namun seperti yang admin katakan pada setiap halaman tersebut, bahwa kedua fungsi ini biasanya digunakan secara bersamaan untuk melakukan pencarian terhadap sebuah data pada array / range data tertentu pada excel.

Nah, pada kesempatan yang baik ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menggabungkan fungsi Index Dengan Fungsi Match Pada Excel.

Seperti yang kita pelajari sebelumnya bahwa Fungsi INDEX adalah salah satu fungsi pada excel yang digunakan untuk melakukan pencarian baik secara Vertikal ataupun Horizontal bersarkan nomor kolom dan nomor baris dari sebuah tabel atau range data.

Sedangkan Fungsi MATCH adalah fungsi pada excel yang digunakan untuk melakukan pencarian terhadap posisi suatu nilai pada suatu range yang terdapat pada sebuah kolom atau baris, tapi tidak keduanya.

Rumus Fungsi INDEX Pada Excel

=INDEX(array;row_num;[col_num])

Untuk lebih jelasnya kalian bisa kunjungi halaman sebelumnya tetang Fungsi INDEX.

Rumus Fungsi MATCH Pada Excel

=MATCH(lookup_value;lookup_array;[match_type])

Untuk lebih jelasnya juga kalian bisa mengunjungi halaman sebelumnya tentang Fungsi MATCH.

Sekarang bagaimana cara menggabungkannya? Berikut ini kita akan bahas dibawah ini:

CARA MENGGABUNGKAN FUNGSI INDEX DAN FUNGSI MATCH

Berikut ini beberapa contoh penggabungan dari kedua fungsi ini:

Contoh 1

CARA MENGGABUNGKAN FUNGSI INDEX DAN FUNGSI MATCH

Penjelasan :

Rumus =INDEX(B2:F6;MATCH(B10;B2:B6;0);2;1) artinya kita akan mencari data menggunakan fungsi index pada range data B2:F6 dengan row_num berdasarkan posisi relatif dari fungsi Match (posisi relatif yang dicari berdasarkan lookup_value cell B10 dari lookup_range B2:B6 dengan match_type 0) dan col_num adalah 2.

Rumus =INDEX((B2:F6;I2:K6);MATCH(C10;C2:C6;0);3;2) artinya kita akan mencari data menggunakan fungsi index dengan referensi B2:F6 dan I2:K6, row_num berdasarkan posisi relatif dari fungsi Match (posisi relatif yang dicari berdasarkan lookup_value cell C10 dari lookup_range C2:C6 dengan match_type adalah 0) dan col_num ke 3 dari range_area ke 2 (tabel ke 2 / I2:K6).

Untuk penjelasan rumus berikutnya hampir sama dengan rumus yang kedua, hanya berbeda range_area yang dicari menggunakan Fungsi Index.

Supaya lebih jelas lagi, silahkan kalian perhatikan contoh yang kedua dibawah ini:

Contoh 2

CARA MENGGABUNGKAN FUNGSI INDEX DAN FUNGSI MATCH

Sampai disini admin yakin kalian sudah paham bagaimana menggabungkan fungsi index dengan fungsi match bukan?. Jika ada yang kalian tanyakan silahkan kalian tinggalkan saja pada kolom komentar yang telah admin siapkan dibawah ini.

Semoga Bermanfaat.

 

0 Response to "Fungsi Match Dan Index"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close