-->

FUNGSI OFFSET DI EXCEL | Menggeser Sebuah Referensi Dari Titik Acuan

Rumus OFFSET Excel.- Pada halaman ini kita akan belajar tentang Fungsi Formula Offset Pada Excel, mulai dari Rumus Offset Pada Excel, sampai contoh penggunaan fungsi Offset pada excel itu sendiri.

Tahukah kalian, fungsi offset merupakan fungsi referensi excel yang paling sering dibutuhkan dalam menyusun sebuah rumus tertentu pada excel. Tidak Percaya? Mari kita bahas terlebih dahulu Apa itu Fungsi OFFSET pada excel agar kalian paham maksud admin..

Struktur Fungsi OFFSET Excel

FUNGSI OFFSET DALAM EXCEL

Fungsi OFFSET adalah salah satu fungsi pencarian pada Microsoft excel yang digunakan untuk menggeser sebuah referensi dari sebuah titik acuan.

Fungsi ini melakukan pergesaran baik ke kanan atau ke kiri, dan bisa juga ke atas atau ke bawah sesuai dengan instruksi yang kita berikan pada rumus. Selain itu, kita juga bisa menetapkan tinggi dan lebar referensi yang akan dihasilkan / dikembalikan.

Bingung dengan penjalasan diatas? Mari kita langsung ke cara penggunaan dan dilanjutkan dengan contoh penggunaan fungsi ini agar kalian tidak bingung.

Baca Juga : Mengenal Rumus Excel Dan Fungsinya

CARA MENGGUNAKAN RUMUS OFFSET PADA EXCEL

Dalam menggunakan fungsi Offset sudah tentu kita membutuhkan sebuah sintaks, dan sintaks dari rumus offset adalah sebagai berikut :

=OFFSET(reference; rows; cols; [height]; [width])

Penjelasan Sintaks:

  • Reference: Wajib Ada. Argument reference akan kita jadikan sebagai titik awal sebelum digeser, argument reference ini juga harus merujuk ke sebuah sel atau rentang cell yang berdekatan; karena jika tidak, maka akan menampilkan pesan kesalahan #VALUE!.
  • Rows:  wajib ada. Argument yang digunakan untuk menentukan jumlah baris ke arah atas atau bawah, ke arah cell yang kita inginkan untuk dirujuk berdasarkan titik awal (Reference). Nilai ini berupa angka baik Posisitf (berarti ke bawah reference awal) atau Negatif (berarti ke atas reference awal).
  • Cols: wajib ada. Argument ini digunakan untuk menentukan jumlah kolom ke arah kiri atau ke kanan, yang kita inginkan untuk dirujuk berdasarkan titik awal / reference. Nilai cols berupa angka positif (berarti ke kanan referensi awal) atau negative (berarti ke kiri referensi awal).
  • Height: bersifat pilihan. Argument yang digunakan untuk mengatur tinggi dalam jumlah baris yang akan kita ambil. Nilai height harus berupa angka bilangan positif.
  • Width: bersifat pilihan. Argument yang digunakan untuk mengatur lebar dalam jumlah kolom yang akan kita ambil. Nilai Width harus berupa angka bilangan negative.

Jika argument Height dan Width dikosongkan, maka dapat di artikan tinggi dan lebarnya sama dengan referensi.

Baca Juga : Cara Menulis Formula Di Excel

Jika kalian masih merasa bingung, mari kita lanjutkan ke contoh penggunaannya..:)

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI OFFSET PADA EXCEL

Perhatikan contoh gambar dibawah ini:

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI OFFSET PADA EXCEL

Rumus =OFFSET(A1;1;2) Artinya data dengan Fungsi OFFSET berdasarkan reference A1 geser ke bawah 1 baris dan geser ke kanan 2 kolom, hasilnya adalah cell C2. Visualisasinya seperti gambar dibawah ini.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI OFFSET PADA EXCEL

Untuk rumus yang kedua, penjelasannya sama dengan rumus yang pertama. Hanya saja jumlah kolom yang digeser adalah 6. Visualisasinya seperti gambar dibawah ini.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI OFFSET PADA EXCEL

Rumus =SUM(OFFSET(A1;1;2;8;1)) Artinya kita akan mencari data menggunakan fungsi offset dari posisi referensi cell A1 geser 1 baris kebawah, geser 2 kolom ke kiri. Kemudian kita tentukan tingginya dengan nilai 8 (baris) dan lebar 1 kolom, dan akan langsung dijumlahkan oleh fungsi SUM.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI OFFSET PADA EXCEL

Rumus yang ke empat hampir sama dengan rumus yang ketiga diatas, hanya saja untuk lebar dari rumus yang ke 4 kita set menjadi 2 kolom.

Baca Juga : Membuat Dan Memformat Tabel Pada Excel

Note :

  • Jika referensi offset baris dan kolom melebihi tepi lembar kerja, maka fungsi Offset mengembalikan nilai kesalahan #REF!.
  • Offset tidak benar-benar memindahkan sel hanya saja mengembalikan referensi.

Sampai disini admin yakin kalian telah memahami pengertian dan penggunaan Fungsi Offset. Namun, jika ada yang kalian ingin tanyakan seputar fungsi Offset atau ada kritik yang ingin kalian sampaikan, maka dipersilahkan untuk meninggalkan komentar kalian pada kolom komentar yang telah disiapkan dibawah artikel ini.

Baca juga tulisan admin lainnya tentang Fungsi Pencarian, linknya telah admin siapkan dibawah ini:

Fungsi Pencarian Lainnya :

Fungsi Lookup Di Excel

FUNGSI VLOOKUP PADA EXCEL

FUNGSI HLOOKUP PADA EXCEL DAN CONTOHNYA

FUNGSI INDEX DI EXCEL

FUNGSI MATCH PADA EXCEL

FUNGSI OFFSET DI EXCEL

FUNGSI ADDRESS DI EXCEL

FUNGSI INDIRECT EXCEL

FUNGSI ROW DAN ROWS Pada Microsoft Excel Lengkap Dengan Contohnya

FUNGSI COLUMN DAN COLUMNS Pada Microsoft Excel Lengkap Beserta Contohnya

FUNGSI CHOOSE DI EXCEL, Cara Menggunakan Serta Contohnya

FUNGSI TRANSPOSE DI EXCEL, Cara Menggunakan Beserta Contohnya

Semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat memberikan manfaat bagi kehidupan kita dikemudian hari. Aamiin…

 

 


0 Response to "FUNGSI OFFSET DI EXCEL | Menggeser Sebuah Referensi Dari Titik Acuan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close