-->

FUNGSI MATCH PADA EXCEL | Cara Menggunakan Serta Contohnya

Rumus MATCH Excel.- Pada halaman ini kita akan belajar mengenai fungsi match di excel, kita akan membahas Formula Excel yang satu ini mulai dari:

  • Pengertian Fungsi Match Excel,
  • Cara Menggunakan Fungsi Match di excel, 
  • Contoh Fungsi Match excel dan sebagainya.

Dalam penggunaan Fungsi Match biasanya disandingkan dengan fungsi Index untuk melakukan sebuah pencarian data, karena kemampuan fungsi match yang mampu menghasilkan posisi relatif dari sebuah nilai, sedangkan Fungsi index yang telah kita pelajari sebelumnya hanya mencari nilai berdasarkan informasi posisi kolom dan baris. 

Kita langsung saja bahas tentang apa fungsi match pada excel?

FUNGSI MATCH DALAM EXCEL

Fungsi MATCH Excel Adalah sebuah fungsi pada excel yang digunakan untuk melakukan pencarian terhadap posisi suatu nilai pada suatu range yang terdapat pada sebuah kolom atau baris, tapi tidak kedua-duanya.

Singkatnya Fungsi MATCH mencari nilai tertentu pada range data kemudian mengembalikan posisi relatif nilai tersebut dalam bentuk angka.

FUNGSI MATCH DALAM EXCEL

Baca Juga : Cara Menulis Formula Di Excel

Supaya lebih dalam lagi, mari kita bahas cara menggunakan fungsi ini.

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI MATCH EXCEL

Tata cara menggunakan fungsi MATCH pada excel tentunya menggunakan sintaks layaknya fungsi excel lainnya. sintaks Fungsi MATCH sendiri adalah sebagai berikut:

=MATCH(lookup_value;lookup_array;[match_type])

Penjelasan sintaks diatas:

  • Lookup_value : Argument yang berisi nilai yang akan dicocokkan dalam lookup_array (rentang cell). Kalian dapat memberikan nilai berupa angka, teks atau nilai logika. Baik ditulis secara langsung ataupun berdasarkan referensi cell. Lookup_value bersifat wajib.
  • Lookup_array : Argument ini berisi tabel atau rentang cell range data tempat dimana data akan dicari. Lookup_array bersifat wajib.
  • Match_type : argument ini berisi bilangan -1, 0, atau 1. Dengan nilai tersebut, match_type akan menentukan bagaimana Microsoft Excel mencocokkan lookup_value dengan nilai dalam lookup_array. Secara default argument match_type ini bernilai 1.

  1. Bernilai -1 : Fungsi Match akan menemukan nilai terdekat yang lebih besar dari atau sama dengan lookup_value. Nilai dalam argument lookup_array disusun dalam urutan descending (dari besar ke kecil). Misalnya  Z-A, 100,…2, 1, 0, -1, -2 dan sebagainya.
  2. Bernilai 0 : Fungsi Match akan menemukan nilai pertama yang sama persis dengan lookup_value. Nilai dalam argument lookup_array disusun dalam urutan ascending ataupun descending.
  3. Bernilai 1 : Fungsi Match menemukan nilai terdekat yang lebih kecil dari atau sama dengan “=>” lookup_value. Nilai argument lookup_array disusun dalam urutan ascending.

Baca Juga : Mengenal Rumus Excel Dan Fungsinya

Akan lebih jelas lagi jika lansung saja ke contoh penggunaan dari fungsi match ini.

CONTOH FUNGSI MATCH PADA EXCEL

Perhatikan contoh gambar dibawah ini:

CONTOH FUNGSI MATCH PADA EXCEL

Rumus =MATCH(90;B2:B6;-1) Artinya Cari data menggunakan fungsi Match dengan nilai lookup_value adalah 90 pada lookup_array (rentang cell) yaitu B2:B6 dengan match_type adalah -1 (mencari nilai terdekat yang lebih besar dari atau sama dengan lookup_value) maka hasilnya adalah 1.

Kenapa hasilnya satu? Karena nilai 90 adalah nilai tertinggi, sementara dengan nilai match_type = -1 ini akan membuat data pada kolom B2:B6 terurut secara descending (dari besar ke kecil) seperti ini 90,80,70,60,50.

Itulah kenapa Rumus =MATCH(90;B2:B6;1) Excel mengembalikan nilai 5. Kerena nilai match_type = 1, yang artinya mengambil urutan terdekat dari nilai terkecil dari nilai 90.

Begitu pula dengan penjelasan rumus yang lainnya, hampir sama dengan penjelasan diatas. Hanya saja admin sarankan untuk lebih memahami fungsi match_type supaya kalian lebih paham penggunaan dan cara pakai fungsi Match ini.

Fungsi MATCH dapat kita kolaborasikan dengan Fungsi Index, terlebih untuk contoh data seperti diatas. Baca tulisan admin tetang Cara Menggabungkan Fungsi Match dengan Fungsi Index.

Jika ada kalimat yang kurang jelas atau ada yang ingin kalian tanyakan kepada kami, maka silahkan kalian tinggalkan saja pada kolom komentar yang telah kami siapkan dibawah artikel ini.

Dan jangan lupa juga untuk mengunjungi tulisan admin lainnya, linknya telah admin siapkan dibawah ini.

Fungsi Pencarian Lainnya :

Fungsi Lookup Di Excel

FUNGSI VLOOKUP PADA EXCEL

FUNGSI HLOOKUP PADA EXCEL DAN CONTOHNYA

FUNGSI INDEX DI EXCEL

FUNGSI MATCH PADA EXCEL

FUNGSI OFFSET DI EXCEL

FUNGSI ADDRESS DI EXCEL

FUNGSI INDIRECT EXCEL

FUNGSI ROW DAN ROWS Pada Microsoft Excel Lengkap Dengan Contohnya

FUNGSI COLUMN DAN COLUMNS Pada Microsoft Excel Lengkap Beserta Contohnya

FUNGSI CHOOSE DI EXCEL, Cara Menggunakan Serta Contohnya

FUNGSI TRANSPOSE DI EXCEL, Cara Menggunakan Beserta Contohnya

Semoga bermanfaat.

 


0 Response to "FUNGSI MATCH PADA EXCEL | Cara Menggunakan Serta Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close