-->

Proteksi File Excel Anda Dengan Berbagai Cara Berikut ini

 Proteksi File Excel.- Tulisan admin kali ini yaitu akan mengulas tentang bagaimana cara mengamankan file excel yang telah anda buat sebelumnya.

Sehingga file excel anda tetap aman, baik dari oknum yang tidak bertanggung jawab atau mungkin karena kesalahan yang tidak disengaja.

Ada banyak bentuk proteksi terhadap file dalam excel seperti Mengunci File atau Workbook, Sheet ataupun Cell tertentu yang ada didalam worksheet itu sendiri.

Jadi anda dapat memilih untuk menerapkan bentuk proteksi file excel yang sesuai dengan kebutuhan anda saat ini.

Nah, sekarang mari kita bahas satu persatu bentuk-bentuk proteksi yang bisa kita gunakan dalam mengamankan file Microsoft Excel yang kita punya.

Proteksi File Excel

TATA CARA PROTEKSI FILE EXCEL

Terdapat beberapa cara untuk memberikan keamanan terhadap file di Microsoft Excel 2016 diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Memberikan Password Untuk Membuka Dan Untuk Mengubah File

Cara Proteksi File Pada Microsoft Excel yang pertama ini, anda dapat memberikan 2 kemanan sekaligus pada file excel tersebut.

Caranya dengan memberikan password pada file tersebut yang dapat kita atur dari jendela Save As.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Klik tab menu File – Pilih Save As (atau dengan menekan tombol CTRL + S jika file belum tersimpan) maka akan muncul kotak dialog Save As. Disini anda akan diminta untuk memilih folder tempat untuk menyiman file anda.

Memberikan Password Untuk Membuka Dan Untuk Mengubah File

2. Masih pada kotak dialog Save As, silahkan pilih menu Tools—Pilih General Options disisi kanan bawah.

Memberikan Password Untuk Membuka Dan Untuk Mengubah File

3. Pada kotak dialog General Options yang muncul, silahkan anda masukkan 2 jenis password sekaligus. Pertama password untuk membuka file tersebut (Password to open) dan Password untuk mengubah file tersebut (Password to modify).

Apabila anda perhatikan, terdapat pilihan Read-only recommended pada jendela General Options.

Jika anda mencentang pilihan tersebut maka Ketika anda telah memasukkan semua password yang anda setting sebelumnya, anda akan diberikan pilihan untuk membuka file ini dalam mode read only atau tidak meskipun password yang telah anda masukkan benar.

Notifikasi pemberitahuannya seperti gambar dibawah ini.

4. Setelah memasukkan password untuk membuka dan modify serta menekan tombol OK, maka proses selanjutnya anda akan diminta untuk memasukkan ulang password to open dan password to modify sekali lagi.

5. Terakhir klik tombol Save, dan proses pembuatan password selesai.

Setelah anda berhasil membuat password dengan cara diatas, dan ketika ada pengguna excel yang membuka file tersebut akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah ini.

Masukkan password to open untuk membuka file tersebut, kemudian anda akan diminta untuk memasukkan password to modify untuk membuka sekaligus melakukan perubahan terhadap file tersebut.

Klik OK jika anda telah memasukkan password yang telah disetting sebelumnya. Akan tetapi apabila pengguna yang tidak mengetahui password to modify maka pengguna tersebut dapat memilih mode Read Only untuk membuka file tanpa diberikan akses melakukan perubahan apapun.

Proteksi File Dengan Fitur Encrypt With Password

Mengamankan file excel dengan cara yang satu ini, akan mencegah setiap orang yang akan membuka file excel yang telah anda kunci.

Dan apabila orang tersebut mengetahui password yang telah kita atur sebelumnya maka tentu saja dia akan dapat membuka file excel tersebut dengan mudah.

Adapun tatacara Enkripsi dengan password ini adalah sebagai berikut:

1. Klik Tab Menu File – Pilih Info – Pilih Protect Workbook. Maka akan muncul beberapa pilihan dalam melakukan proteksi file excel.

2. Pilih Encrypt with Password, aksi ini akan menampilkan kotak dialog Encrypt Document.

3. Masukkan Password yang anda kehendaki pada kotak isian pada dialog Encrypt Document dan klik OK.

4. Masukkan Kembali Password yang sama dengan yang telah dimasukkan sebelumnya, dan klik OK.

5. Dan apabila anda melakukannya dengan benar maka akan terdapat informasi seperti gambar dibawah ini.

Untuk mengetahui apakah proteksi yang telah anda buat sebelumnya berjalan dengan biak atau tidak maka silahkan anda tutup file excel tadi dan buka Kembali.

Harusnya Ketika anda membuka file excel yang telah diproteksi dengan password maka tampilannya seperti berikut.

Masukkan password yang telah disetting sebelumnya pada Dialog box tersebut dan klik OK. Apabila password yang anda masukkan benar maka anda akan diarahkan ke lembar kerja excel dan sebaliknya jika salah maka akan muncul notifikasi bahwa password yang anda masukkan salah.

Seperti gambar dibawah ini.

Apabila terjadi kesalahan seperti diatas, silahkan anda tutup dan buka Kembali file excel tersebut serta masukkan password yang benar.

Dan Untuk Menghilangkan Proteksi File Excel Encrypt Password yang telah disetting sebelumnya pada file excel, anda cukup mengulangi langkah-langkah yang sama persis saat anda memberikan proteksi file excel dengan Enkripsi Password yang telah kita bahas diatas. Akan tetapi, kosongkan kotak isian password pada kotak dialog box Encrypt Document dan klik OK.

Dan pastikan juga anda telah masuk atau berada didalam lembar kerja excel sebelum anda memulai untuk menghapus enkripsi passwordnya.

Proteksi File Dengan Fitur Mark as Final

Bentuk proteksi file excel yang selanjut adalah dengan memanfaatkan fitur yang Bernama Mark as Final.

Fitur ini digunakan untuk menyatakan bahwa file excel yang anda miliki telah selesai dikerjakan hingga tahap akhir. Sehingga dapat mencegah orang lain untuk melakukan perubahan dengan sesuka hati terhadap file tersebut.

Adapun langkah-langkah dalam mengaktifkan fitur Mark as Final adalah sebagai berikut:

1. Klik Tab menu File – Pilih Info – Pilih Protect Workbook – Pilih Mark as Final, seperti gambar dibawah ini.

2. Setelah itu, akan ada notifikasi peringatan bahwa akan mengaktifkan fitur Mark as Final pada workbook ini.

3. Klik OK jika anda setuju untuk mengaktifkan fitur tersebut. Dan selesai.

Setelah anda berhasil mengaktifkan fitur ini pada file excel anda, maka file ini akan dalam mode read only saat di buka.

Seperti gambar dibawah ini.

Tapi bukan berarti file ini tidak bisa diubah, anda masih bisa mengubah data dalam file tersebut dengan cara mengklik tombol Edit Anyway pada notifikasi yang muncul diatas lembar kerja excel anda.

Proteksi File Dengan Fitur Always Open Read-Only

Pengamanan file dengan fitur yang satu ini hampir mirip dengan fitur Mark as Final sebelumnya, yaitu sama-sama melindungi file excel anda dengan cara mencegah pengguna excel melakukan perubahan dengan mengaktifkan Mode Read-Only.

Akan tetapi tentu memiliki sebuah perbedaan baik dalam proses pembuatan hingga hasil akhir yang di dapatkan.

Langkah-langkah dalam mengaktifkan fitur ini pun cukup mudah, yaitu anda hanya mengklik pilihan Always Open Read-Only pada Pilihan Protect Workbook, seperti gambar dibawah ini.

Apabila berhasil maka tampilan Pilihan Protekct Workbook akan seperti gambar dibawah ini.

Silahkan anda uji coba fitur yang telah terpasang ini dengan menutup dan membuka Kembali file tersebut.

File yang telah tersetingg fitur Always Open Read-Only ini, saat anda buka maka akan muncul notifikasi seperti gambar dibawah ini.

  • Klik Yes untuk membuka file dengan mode Read-Only.
  • Klik No untuk membuka file tanpa mode Read-Only dan anda bebas melakukan perubahan terhadap file tersebut.
  • Klik Cancel untuk membatalkan proses membuka file Microsoft Excel ini.

Apabila anda ingin menghilangkah efek fitur ini maka anda cukup mengklik Kembali pilihan Fitur Always Open Read-Only pada pilihan Protect Workbook.

Proteksi File Dengan Fitur Restrict Access

Kabarnya untuk Proteksi keamanan yang satu ini biasanya digunakan oleh perusahaan tertentu saja dan jarang digunakan oleh khayalak umum. apa

Proteksi File Dengan Fitur Digital Signature

Untuk jenis proteksi yang satu ini, anda akan memberikan keamanan terhadap file excel anda dengan cara menerapkan suatu tanda tangan digital.

TATA CARA PROTEKSI WORKBOOK EXCEL

Tingkat Proteksi Workbook berbeda dengan tingkat Proteksi File.

Proteksi File Excel lebih mengarah dalam memberikan keamanan terhadap isi dari file tersebut sehingga tidak bisa dibuka bahkan tidak dapat diubah oleh setiap orang.

Sementara Proteksi Workbook ini untuk mencegah setiap orang untuk mengubah struktur dari workbook itu sendiri. Seperti, menambahkan sheet baru, memindahkan urutan sheet, menghapus sheet, mengganti nama sheet dan menyembunyikan sheet excel.

Terdapat beberapa cara dalam menerapkan proteksi workbook excel ini, yaitu melalui Tab menu Review atau melalui Tab menu File.

Cara 1. Melalui Tab menu Review.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini.

1. Pilih Tab Menu Review – Pilih protect workbook pada Group Changes. Aksi ini akan menampilkan kotak dialog Protect Structure and Windows.

2. Pada kotak dialog yang muncul, silahkan anda masukkan Password yang anda kehendaki pada kotak isian Password dan centang pilihan Structure.

3. Terakhir Klik OK.

Apabila anda perhatikan pada kotak dialog Protect Structure and Windows terdapat pilihan Windows bukan?, pilihan ini hanya akan aktif pada Microsoft Excel Versi 2007, Excel 2010, Excel (Mac) 2011 dan Excel (Mac) 2016.

Pilihan Windows ini akan mencegah pengguna untuk melakukan beberapa hal seperti memindahkan, mengubah ukuran, menutup window workbook dan lain sebagainya.

Cara 2. Melalui Tab menu File.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini.

1. Klik Tab menu File – Pilih Info – Pilih Protect Workbook – Pilih Protect Workbook Structure, seperti gambar dibawah ini.

2. Silahkan anda masukkan Password yang anda kehendaki pada kotak isian Password dan centang pilihan Structure.

3. Selanjutnya Klik Tombol OK, dan selesai.

Baik Cara pertama atau Cara kedua, memiliki khasiat yang sama. Pilih saja salah satu sesuai dengan selera anda. 😊

CARA PROTEKSI WORKSHEET EXCEL

Setelah membahas proteksi Workbook, sekarang kita bahas Proteksi Worksheet Excel. Berbeda dengan jenis proteksi sebelumnya yang melakukan proteksi sebelum file excel tersebut terbuka.

Dengan Proteksi Worksheet Excel ini, anda bisa memproteksi data-data tertentu pada suatu cell/range meskipun file excel anda dalam keadaan terbuka.

Itu karena proteksi yang satu ini dapat memproteksi/mencegah pengguna dalam mengubah struktur worksheet.

Adapun pencegahan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Mencegah pengguna untuk menambahkan atau menghapus baris dan kolom,
  • Mencegah pengguna melakukan format terhadap cell/baris/kolom,
  • Mencegah pengguna melakukan shortir,
  • Mencegah penggunaan auto filter,
  • Mencegah pengguna melakukan seleksi terhadap cell/range excel
  • Dan lain sebagainya.

Ada 2 cara dalam menerapkan jenis Proteksi Worksheet Microsoft Excel, yang pertama melalui Tab menu File dan kedua melalui Tab menu Review.

Dan yang akan admin explore adalah Proteksi Worksheet Excel melalui Tab menu Review, berikut ini adalah tata caranya:

1. Klik Tab menu Review – Pilih protect sheet yang ada pada Group Changes.

2. Setelah itu akan muncul Kotak Dialog Protect Sheet, masukkan Password yang anda kehendaki pada kotak isian Password to unprotect sheet dan Centang pilihan Protect worksheet and contents of locked cells.

3. Pada bagian Allow all users of this worksheet to: centang opsi yang anda izinkan untuk dilakukan pengguna file excel anda.

4. Terakhir klik tombol OK.

Sedikit penjelasan mengenai pilihan yang tersedia pada bagian Allow all users of this worksheet to adalah sebagai berikut:

  • Select locked cells : Mengizinkan pengguna excel untuk memilih/menyeleksi cell yang terkunci.
  • Select Unloked cells : Mengizinkan pengguna excel untuk memilih/menyeleksi cell yang tidak terkunci.
  • Format cells : Mengizinkan pengguna excel untuk mengubah Format cell atau Conditional Formatting dari cell yang terkunci.
  • Format columns : Menginzinkan pengguna excel dalam mengubah Format kolom. Seperti, mengubah lebar kolom dan menyembunyikan kolom.
  • Format rows : Mengizinkan pengguna dalam mengubah Format baris. Seperti, mengubah tinggi baris dan menyembunyikan baris.
  • Insert colomns : Mengizinkan pengguna untuk menyisipkan kolom.
  • Insert rows : Mengizinkan pengguna untuk menyisipkan baris.
  • Insert Hyperlinks : Mengizinkan pengguna untuk menyisipkan Hyperlinks dari cell yang terkunci atau pun tidak.
  • Delete columns : Mengizinkan pengguna dalam menghapus kolom.
  • Delete rows : Mengizinkan pengguna dalam menghapus baris.
  • Sort : Mengizinkan pengguna dalam mengurutkan data dengan perintah apapun.
  • Use AutoFilter : Mengizinkan pengguna menggunakan fitur AutoFilter.
  • Use PivotTable reposrts : Mengizinkan pengguna menggunakan fitur PivotTable.
  • Edit objects : Mengizinkan pengguna dalam mengelola setiap object yang ada pada worksheet. Seperti, gambar, grafik, charts, shape, text boxe dan lainnya.
  • Edit scenarios : Menampilkan scenario yang tersembunyi dan mengizikan pengguna excel untuk mengubahnya.

Jadi, silahkan pilih opsi proteksi worksheet excel yang anda butuhkan saat ini.

Apabila anda ingin Membuka Password Worksheet yang telah anda setting sebelumnya, maka yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Klik kanan pada sheet yang terkunci.
  2. Pilih Unprotect Sheet.
  3. Masukkan Password yang anda setting sebelumnya pada kotak dialog yang muncul.
  4. Terakhir klik OK.

Atau cara mudahnya yaitu dengan mengklik tombol Unprotect Sheet yang ada pada tab menu Review.

Sekarang worksheet anda telah terbebas dari belenggu Password yang meresahkan. 😊

Setelah mengetahui fitur-fitur apa saja yang bisa dimanfaatkan dalam mengamankan file excel yang anda miliki. Anda bisa mengembangkan bentuk pengamanan file excel sesuai dengan kebutuhan anda saat ini.

Seperti memproteksi file excel agar tidak bisa di copy paste oleh pengguna lain, guna melindungi rumus rahasia anda, misalnya begitu.

Maka anda bisa melakukannya dengan berbagai cara, salah satunya adalah seperti berikut ini.

CARA PROTEKSI FILE EXCEL AGAR TIDAK BISA DI COPY

Untuk melindungi beberapa rahasia atau sekedar ingin melindungi data agar tidak di edit bahkan tidak dapat di copy paste oleh pengguna excel lain, maka kita tentu harus menyegel file tersebut.

Caranya adalah :

  1. Buka Worksheet yang ingin diproteksi datanya.
  2. Pilih Tab menu Reviewprotect sheet.
  3. Masukkan Password yang diiginkan pada kotak Password to unprotect sheet dan Centang pilihan Protect worksheet and contents of locked cells.
  4. Pada bagian Allow all users of this worksheet to: centang opsi Select locked cells dan Select unlocked cells, sementara opsi lainnya sesuaikan saja sesuai selera.
  5. Terakhir klik tombol OK.

Cara ini mirip dengan contoh Tata Cara Proteksi Worksheet Excel yang telah kita bahas diatas bukan? Karena memang itulah caranya.

Dan untuk proteksi lainnya, silahkan anda kreasikan sendiri. Yang penting anda telah mengetahui fitur-fitur proteksi dan manfaatnya apa.

Sepertinya cukup sekian pembahasan kita mengenai Cara Proteksi File Microsoft Excel, mudah-mudahan anda memahami apa yang admin sampaikan dengan baik.

Namun, jika tidak maka silahkan anda tuliskan saja keluh kesah kalian pada kolom komentar yang telah admin siapkan dibawah artikel ini.

Bacanya tulisan admin lainnya, linknya telah admin siapkan dibawah ini.

Tutorial Microsoft Excel << Klik disini untuk melihat artikel menarik lainnya tentang Microsoft Excel.

Sampai jumpa pada tulisan admin berikutnya.

Wassalamualekum wr wb.

0 Response to "Proteksi File Excel Anda Dengan Berbagai Cara Berikut ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close