-->

Cara Buat Pivot Table Pada Excel

 Pivot Table Excel.- Tutorial Excel yang  admin tulis pada halaman ini yaitu tentang salah satu fitur yang ada di Microsoft Excel yang dapat mempermudah pengguna dalam membuat laporan (report) suatu data, fitur tersebut adalah Pivot Table Pada Excel.

Microsoft Excel sebagai aplikasi pengolah data terbesar dan populer hingga sekarang ini, menyediakan berbagai kemudahan dalam melakukan pengolah data dengan berbagai fitur-fitur yang di sematkan di dalamnya, salah satunya adalah Pivot Table.

Pivot Table ini sangat populer dikalangan mereka yang bekerja dibidang administrasi, perbankan, dan praktisi data lainnya.

Jadi, apabila anda bercita-cita ingin mendapatkan pekerjaan sebagai yang disebutkan diatas, rasanya sangat wajib bagi anda untuk menguasai fitur yang satu ini.

Nah, Adapun hal-hal yang admin rasa perlu untuk dibahas mengenai Pivot Tabel di Microsoft Excel ini yakni mulai dari:

  • Pengertian Pivot Table Pada Excel
  • Cara Membuat Pivot Table Di Excel
  • Cara Meng-Update Data Pada Pivot Tabel
  • Cara Menghilangkan Pivot Table Pada Excel
  • Dan lain sebagainya.

PIVOT TABLE EXCEL

Lebih lengkapnya mari kita lanjutkan ke pokok pembahasan agar kita sama-sama mengetahui manfaat dari pivot table pada excel

PIVOT TABLE DI EXCEL

Apa yang dimaksud PivotTable?

Tabel Pivot Adalah fitur yang disediakan oleh pihak Microsoft Excel untuk mengelola sebuah tabel sehingga lebih interaktif dalam meringkas suatu data dalam jumlah besar sekalipun sehingga dapat menyajikan laporan dengan sangat cepat mengenai Analisa, perbandingan, kombinasi dan lainnya.

Anda tidak perlu khawatir dengan penggunaan rumus dan fungsi pada excel, karena Pivot table mampu melakukan perhitungan layaknya Fungsi Sum, Count, Average, Min, Max dan lainnya hanya dengan satu klik saja.

Karena sangat Power Full ini lah alasan kenapa banyak pengguna excel lebih memilih menggunakan pivot table dalam menyajikan sebuah laporan.

FUNGSI PIVOT TABEL PADA EXCEL

Dari pengertiannya, kita bisa mendapatkan gambaran tentang Kegunaan atau Fungsi Pivot Tabel Pada Excel bukan? Yakni pivot table pada microsoft excel berfungsi untuk dapat memungkinkan pengguna mengambil informasi dengan cepat dari sekumpulan data dalam jumlah besar.

Adapun hal-hal yang dapat dilakukan pada tabel pivot oleh pengguna excel adalah sebagai berikut:

  • Mindahkan kolom dari berbagai lokasi ke tempat yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan.
  • Menentukan kolom yang sekiranya dibutuhkan dalam menyajikan sebuah laporan.
  • Melakukan perhitungan dari data numeric dengan satu klik saja.
  • Menyaring data apa saja yang perlu ditampilkan dalam laporan.
  • Membuat pivot chart berdasarkan data-data yang ada pada pivot table.
  • Memberikan output berupa laporan yang dibutuhkan.

Mungkin masih banyak lagi manfaat lainnya yang tidak sempat admin sampaikan, setidaknya itulah gambaran dari manfaat pivot table excel.

CARA BUAT PIVOT TABLE

Sebelum Membuat Pivot Table, tentu saja kita harus menyiapkan Tabel Sumber yang berisi data-data yang akan di olah dan sajikan dalam bentuk laporan.

Tabel sumber ini dapat anda buat secara langsung, mendownload dari internet atau meng-copy tabel data dari website tertentu.

Baca Juga : Cara Copy Tabel Data Dari Website Ke Microsoft Excel

Contoh data untuk pivot table excel yang admin siapkan adalah sebagai berikut:

CARA MEMBUAT PIVOT TABLE DI EXCEL

Baca Juga : 

Hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat membuat tabel sumber data adalah sebagai berikut:

  • Buatlah Tabel yang Profesional dengan Format Tabel atau dengan memberikan Name Range yang dinamis pada tabel data yang anda miliki. Hal tersebut akan mempermudah anda dalam mengelola Pivot Tabel terlebih saat melakukan update dikemudian hari.
  • Gunakan nama yang berbeda (unik) pada setiap header atau kepala kolom dan usahakan jangan terlalu panjang yang penting mewakili jenis data disetiap barisnya.
  • Gunakan tipe data yang sama dalam satu kolom.
  • Hindari penggunaan marge cell baik pada header maupun disetiap baris atau kolom dalam tabel sumber.
  • Dan pastikan juga didalam tabel sumber data tidak memiliki cell yang kosong.

Sebagai info tambahan bahwa juga, pada tutorial ini admin menggunakan Microsoft Excel 2016. Bagi anda yang menggunakan Microsoft Excel 2010, 2013 dan lainnya, secara garis besar sama hanya mungkin akan ada sedikit berbeda saja.

Apabila tabel sumber sudah dipersiapkan, maka sekarang kita lanjutkan ke tata cara menerapkan fitur pivot table terhadap tabel sumber tersebut, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Aktifkan tabel sumber dengan mengklik salah satu cell yang ada didalamnya.

2. Klik Tab Menu Insert – Klik Pivot Table yang ada pada Group Table.

3. Selanjutnya akan muncul Kotak Dialog PivotTable from table or range. Pada opsi Select a table or range – kotak Table/Range secara otomatis akan terisi dengan nama TabelSumberData yang telah admin buat sebelumnya.

PivotTable from table or range

Apabila anda tidak membuat nama tabel atau membuat name range dinamis, maka anda perlu memilih data sumber yang akan anda jadikan sebagai tabel pivot.

Caranya dengan mengklik tombol tanda panah ke atas yang berada di barian Table/Range kemudian select semua data yang diperlukan, dan klik tombol Tanda panah sekali lagi dan klik OK.

4. Pada Opsi Choose where you want the PivotTable report to be placed terdapat 2 pilihan yaitu:

  • New Worksheet : Opsi ini akan membuat Worksheet baru untuk menampung PivotTable Excel.
  • Existing Worksheet : Opsi ini akan membuat PivotTable Excel pada Worksheet Tabel Sumber Data itu sendiri. Dan anda akan diminta untuk memilih posisi/tempat dimana tabel pivot tersebut akan ditampilkan dengan cara memasukkan alamat range posisi tersebut pada bagian Location.

Dalam hal ini admin memilih untuk membuat tabel pivot pada lembar kerja baru, maka dari itu admin pilih New Worksheet dan Klik OK.

5. Selanjutnya excel akan menampilkan Bidang PivotTabel Kosong pada Worksheet baru atau Worksheet yang sudah ada sesuai dengan opsi yang dipilih pada langkah nomor 4.

Bidang PivotTabel Kosong

Pada gambar diatas, Bidang Pivottable Kosong di sebelah kiri merupakan tempat PivotTable akan ditampilkan. Dan PivotTable Fields sebelah kanan merupakan tempat mengatur field-filed data yang akan ditampilkan pada PivotTable seperti bagian Row, Column, Value dan Filter.

6. Tahap selanjutnya mengatur field-field yang akan ditampilkan pada PivotTable. Caranya dengan Drag and Drop field-field tersebut ke bagian PivotTable Fields.

Admin sendiri mengatur tampilan table pivot seperti gambar dibawah ini.

PivotTable Fields

Silahkan anda kreasikan sendiri sesuai dengan kebutuhan dalam menyajikan laporan yang menurut anda baik.

Note : Cara mengubah tampilan PivotTable Fields dengan mengklik Tombol Setting berbentuk gear disebelah atas, dan pilih tampilan PivotTable Fields yang menurut anda baik.

Field Months muncul secara otomatis, mungkin karena harusnya kita buatkan fields Bulan/Months pada data sumber. Akhirnya admin taruh saja pada bagian Rows. 😊

Keterangan bagian-bagian pada PivotTable Fields:

  • Filters merupakan bagian berisi fields yang akan di jadikan sebagai acuan dalam menyaring / filter data yang akan ditampilkan pada PivotTable.
  • Columns merupakan bagian berisi fields yang akan ditampilkan secara mendatar atau sebagai header serta menampilkan nilai yang bersangkutan dibawahnya.
  • Rows merupakan bagian ini wajib harus ada, karena berisi fields yang akan ditampilkan secara menurun.
  • Values merupakan bagian ini wajib harus ada, karena berisi fields yang akan menentukan data-data yang akan disajikan di area tabel pivot sesuai dengan kebutuhan. Bagian ini akan selalu menghasilkan nilai berupa angka, walaupun fileds yang anda masukkan berisi teks.

7. Apabila anda melakukan proses pembuatan tabel pivot diatas dengan benar maka harusnya laporan yang disajikan akan seperti gambar dibawah ini.

Laporan PivotTable

Begitulah kira-kira Contoh Pivot Table Excel, tidak sulit bukan?.

Baca Juga : Cara Membuat Data Validation Di Excel : Data Validation Excel Penjelasan Lengkap

MEMBUAT PIVOT TABLE EXCEL DENGAN CEPAT

Selain cara yang cukup komplek diatas, anda juga bisa membuat pivot table excel hanya dengan beberapa klik saja.

Caranya adalah sebagai berikut:

1. Aktifkan tabel sumber data dengan mengklik salah satu cell didalamnya.

2. Klik tab menu Insert – Pilih Recommended Pivot Table yang ada pada Group Tables. Aksi ini akan menampilkan kotak dialog Recommended PivotTable seperti gambar dibawah ini.

Recommended Pivot Table

3. Klik salah satu bentuk laporan yang disediakan oleh Microsoft Excel yang ada disebelah kiri dan pilih OK.

4. Setelah melakukan proses diatas, maka excel akan secara otomatis membuat sheet baru untuk menampung PivotTable tersebut. Kurang lebih harusnya seperti gambar dibawah ini.

Anda dapat melakukan perubahan pada tabel pivot tersebut dengan cara yang telah kita bahas sebelumnya. Jadi silahkan anda kreasikan sendiri, Oke.

CARA UPDATE PIVOT TABEL EXCEL

Setelah belajar tata cara membuat pivot table, sekarang kita bahas bagaimana cara meng-update tabel pivot tersebut.

Hal ini tentu tidak akan menutup kemungkinan akan terjadi, terutama Ketika data yang anda Kelola sering mengalami perubahan.

Adapun cara melakukan perubahan pada tabel pivot adalah pertama klik salah satu cell yang ada pada tabel pivot – Klik Tab menu PivotTable Analyze – Klik Refresh yang ada pada Group Data.

Semudah dan sesimple itulah cara update tabel pivot apabila menggunakan Format Tabel yang benar atau menggunakan Name Range.

Akan tetapi apabila anda tidak menyeting tabel sumber data anda dengan Format Tabel atau Name Range maka cara update tabel pivot anda akan sedikit berbeda.

Caranya klik salah satu cell pada tabel pivot – Klik Tab menu PivotTable Analyze – Klik Change Data Source pada Group Data.

Selanjutnya akan muncul kotak dialog baru dan klik OK.

Namun apabila anda melakukan perubahan terhadap struktur atau menambahkan data pada cell baru maka anda perlu memasukkan alamat range data pada bagian Table/Range dan klik OK.

CARA MENGHILANGKAN PIVOT TABLE PADA EXCEL

Terkadang kita perlu menghapus tabel pivot yang telah kita buat dengan alasan tertentu. Nah, untuk menghapusnya cukup mudah, caranya yaitu:

1. Klik pada salah satu cell pivot table.

2. Klik Tab Menu PivotTable Analyze – Pada Group Actions -- Pilih Clear – Pilih Clear All.

Akan tetapi, apabila anda memilih opsi New Worksheet saat membuat Pivot Tabel tersebut maka anda bisa langsung saja menghapus worksheet tersebut.

Sampai disini, admin rasa materi tentang Pivot Table Excel yang telah disampaikan diatas sudah dapat membantu anda dalam membuat suatu laporan yang menarik dan professional sesuai dengan kebutuhan.

Apabila ada penjelasan admin yang kurang jelas atau memang anda yang memiliki sebuah pertanyaan, silahkan saja tuliskan pada kolom komentar yang telah admin siapkan dibawah artikel ini.

Kunjungi materi pivot table lainnya, linknya telah admin siapkan dibawah ini.

  1. Cara Buat Pivot Tabel Pada Excel
  2. Mengatur Tampilan Pivot Table Excel 
  3. Menerapkan Number Format Pada Pivot Table Excel
  4. Mengelompokkan Data Pada PivotTable Excel

Tutorial Microsoft Excel << Klik disini untuk belajar lebih banyak lagi tentang Microsoft Office Excel.

Sampai jumpa pada tulisan admin berikutnya.

Wassalamualaekum wr wb. 

0 Response to "Cara Buat Pivot Table Pada Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close