-->

Google Drive Untuk Apa? Cek Disini

Google Drive Untuk Apa

Google sebagai salah satu perusahaan TeknologiInformasi hingga kini terus berusaha melebarkan pengaruhnya dalam bidang teknologi. Tujuannya selain karena faktor persaingan, alasan lainnya tentu untuk memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat modern saat ini dalam mengolah data menjadi informasi.

Selain itu, faktor keamanan, kenyamanan dan kemudahan akses menjadi proritas utama dari google. Oleh karena itu, Google Drive dibuat.

Google Drive Untuk Apa

Masih bertanya Google Drive Untuk Apa? Silahkan lanjut membaca hingga akhir artikel ini.

PENGERTIAN GOOGLE DRIVE

Google Drive adalah layanan penyimpanan dan berbagi file yang disediakan oleh Google. Kamu dapat menyimpan segala jenis file seperti dokumen, gambar, video, dan lainnya secara online dan membagikannya dengan orang lain.

Selain itu, Kamu juga dapat mengakses file-file tersebut dari berbagai perangkat yang terhubung ke internet, seperti komputer, laptop, tablet ataupun smartphone.

FUNGSI GOOGLE DRIVE

Dari pengertiannya diatas, sebenarnya kita sudah bisa menebak fungsi dari google drive itu sendiri. Agar lebih jelas, berikut akan admin perjelas tentang beberapa fungsi yang ditawarkan oleh google drive:

Menyimpan File

Google Drive memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB secara gratis. Dan apabila dirasa kurang, kamu dapat membeli paket yang disediakan oleh google drive agar mendapatkan kapasitas penyimpanan lebih besar. Selain itu, Google Drive juga menyediakan aplikasi seluler yang memungkinkan Kamu mengakses file-file Kamu secara offline.

Cara membeli kapasitas penyimpanan agar lebih besar dengan Google One, adalah sebagai berikut:

  1. Login pada akun Google.
  2. Kunjungi situs Google One dan pastikan situs tersebut adalah asli.
  3. Selanjutnya, pilih paket penyimpanan. Semakin besar kapasitas penyimpanan maka harganya akan semakin mahal.

Setelah berhasil melakukan pembelian paket, tentu-nya kapasitas penyimpanan google drive kamu akan bertambah. 

Apa saja yang bisa kita simpan di google drive?

File yang dapat disimpan pada google drive adalah:

  • File Text, seperti .docs, .xlsx, .ppt, .txt
  • File Gambar, seperti .JPEG, PNG, GIF, dll
  • File Video, seperti: MP4, WebM, AVI, FLV, MOV, dll
  • File Audio, seperti: MP3, WAV, MPEG, dll
  • File Arsip, seperti: ZIP, RAR, tar, gzip.
  • File Markup/Kode, seperti: Python, Java, CSS, HMTL, JavaScript, PHP, dll.

Menyimpan Link

Selain menyimpan berbagai jenis file, kamu juga bisa menyimpan link suatu situs dengan tujuan mempermudah kita saat ingin dibuka kembali.

Fungsi Google Drive ini mirip dengan fitur Bookmark milik beberapa browser seperti Google Chrome. Cara menggunakannya, terlebih dahulu kamu harus menginstall ekstensi Google Drive pada browser Chrome. Langkah-langkahnya adalah:

  1. Buka halaman situs yang ingin disimpan.
  2. Block alamat situs tersebut.
  3. Klik kanan pada mouse dan pilih Save Link to Google Drive.

Berbagi File

Fitur unggulan dari Google Drive adalah kemampuan untuk membagikan file dengan orang lain, dengan cara membagikan link tautan file kepada orang lain, baik melalui email atau pesan teks.

Tidak hanya itu, Google Drive juga memiliki fitur kolaborasi yang memungkinkan Kamu dan orang lain untuk berkolaborasi dalam dokumen secara real-time. Fitur ini tentu sangat berguna saat Kamu bekerja dalam tim dari berbagai tempat. Kamu dapat melihat siapa yang sedang mengedit dokumen tersebut dan bahkan dapat melihat perubahan yang telah mereka buat.

Fitur apa saja yang ada di Google Drive?

Fitur Google lainnya yang berkolaborasi dengan Google Drive adalah sebagai berikut:

  1. Google Docs : Aplikasi web yang memungkinkan Kamu untuk membuat, mengedit, dan berbagi dokumen secara online
  2. Google Sheets : Aplikasi spreadsheet dari Google untuk mengelola dokumen elektronik yang terdiri dari baris dan kolom yang dapat di isi dengan data dan rumus.
  3. Google Slide : Aplikasi dari Google untuk membuat dan mengedit presentasi secara online.
  4. Google Forms : Aplikasi dari Google untuk membuat dan mengirim formulir secara online. Formulir ini dapat berisi pertanyaan-pertanyaan yang dapat diisi oleh orang lain yang mengaksesnya.
  5. Google Foto : Layanan penyimpanan foto dan video gratis berbasis cloud yang disediakan oleh Google. Ini memungkinkan Kamu untuk menyimpan, mengorganisasi, dan membagikan foto dan video Kamu dengan orang lain.
  6. Google Drawings : Aplikasi gambar gratis berbasis web yang memungkinkan Kamu untuk membuat dan mengedit diagram, grafik, dan jenis grafis lainnya.
  7. Google My Apps : Sebuah tools dari google untuk membuat peta khusus dan membagikannya dengan orang lain. Ini merupakan bagian dari suite produk Google Maps, yang juga mencakup aplikasi Google Maps untuk menavigasi dan menjelajahi lokasi di seluruh dunia.
  8. Google Site : Platform gratis berbasis web untuk membuat dan menjalankan situs web. Ini merupakan bagian dari suite alat produktivitas Google Workspace, yang juga mencakup Google Docs, Sheets, dan Slides. Google Sites memungkinkan Kamu untuk membuat berbagai jenis situs web, termasuk blog pribadi, portofolio, situs web bisnis, dan lainnya.
  9. Google App Script : Bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Google untuk memungkinkan Kamu membuat dan memanipulasi dokumen Google Workspace (sebelumnya dikenal sebagai Google Apps) dan layanan web lainnya.
  10. Google Jamboard : Papan tulis digital bersifat kolaboratif yang memungkinkan tim untuk merumuskan, menggambar, dan membagikan ide-ide dalam waktu nyata.
  11. Gmail : Layanan email gratis yang disediakan oleh Google. Ini memungkinkan Kamu untuk mengirim dan menerima email, serta menyimpan dan mencari email Kamu. Dengan Gmail, Kamu dapat membuat dan mengelola akun email, mengatur filter dan label untuk mengorganisasi email Kamu, dan menggunakan fitur-fitur lain seperti pencarian, chat, dan video conference.

Mengedit File

Selain digunakan untuk menyimpan file, Google Drive memungkinkan kamu untuk mengedit berbagai jenis file yang tersimpan pada perangkat PC atau ponsel dan mengubah ekstensinya.

Misalnya, kamu ingin mengedit file dengan ekstensi .docs dan menyimpannya dengan ekstensi .pdf, hal ini dapat dengan mudah dilakukan dengan google drive.

Backup File

Fitur lainnya dari Google Drive adalah fitur pemulihan file yang memungkinkan kamu untuk mengembalikan versi file yang telah dihapus atau diubah. Fitur ini sangat berguna jika terjadi kesalahan pengeditan atau untuk mengembalikan file yang secara tidak sengaja dihapus.

Google Drive dapat membackup semua jenis dokumen yang ada di perangkat komputer, laptop ataupun ponsel tanpa menggunakan penyimpanan fisik.

KESIMPULAN

Dengan semua fitur yang disediakan oleh Google Drive, ini merupakan layanan penyimpanan dan berbagi file bermanfaat bagi pengguna yang sering bekerja secara online atau memiliki tim yang tersebar di berbagai tempat. 

Jika Kamu belum menggunakan Google Drive, maka sebaiknya kamu sebaiknya mempertimbangkan untuk mulai memanfaatkan fitur yang disediakan oleh Google.

Baca juga artikel menarik lainnya pada blog ini, linknya telah admin taruh dibawah ini.

  1. Teknologi Informasi Itu Apa Sih? Simak Penjelasan Singkatnya Disini
  2. Sejarah Dan Perkembangan Perusahaan Google
  3. Google Drive Untuk Apa? Cek Disini
  4. Cara Mencadangkan File ke Google Drive
  5. Cara Membuat Google Drive Yang Bisa Diakses Semua Orang, Terbaru

0 Response to "Google Drive Untuk Apa? Cek Disini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close