-->

Fungsi AND Di Excel

 Fungsi AND Excel.- Pada halaman ini, admin ingin melanjutkan Tutorial Excel kita tentang salah satu fungsi yang ada di Microsoft Excel yaitu Fungsi AND Excel. Fungsi AND merupakan salah satu fungsi logika untuk menentukan sebuah kondisi TRUE / FALSE ini adalah Pengertian Fungsi AND.

FUNGSI RUMUS AND DI EXCEL

Fungsi And adalah salah fungsi logika yang menghasilkan nilai TRUE jika semua argument bernilai benar dan akan menghasilkan nilai FALSE jika salah satu argument bernilai salah.

Fungsi AND tentu bertolak belakang dengan Fungsi OR Excel meskipun keduanya merupakan fungsi logika. Fungsi OR akan menghasilkan nilai TRUE jika salah satu argument bernilai benar, dan hanya akan bernilai FALSE jika semua argument bernilai salah.

Adapun Tabel Kebenaran Logika AND adalah sebagai berikut :

TABEL KEBENARAN LOGIKA AND

NILAI 1

NILAI 2

HASIL

TRUE

TRUE

TRUE

TRUE

FALSE

FALSE

FALSE

TRUE

FALSE

FALSE

FALSE

FALSE

Dari tabel diatas kita bisa melihat, Fungsi AND akan menghasilkan nilai True jika kedua logika bernilai True dan akan bernilai False jika terdapat nilai False dalam argument / logika.

CARA MENGGUNAKAN RUMUS LOGIKA AND EXCEL

Sintaks Fungsi AND

=AND(logica1;logica2)

Penjelasan :

  • logica1 : pengujian logika ke-1 yang didefinisikan dalam fungsi AND.
  • logica2 : pengujian logika ke-2 yang didefinisikan dalam fungsi AND.

Note : untuk tanda pemisah titik koma (;) bisa juga diganti dengan koma (,) tergantung settingan regional. Ini telah kita bahas pada pembahasan Cara Menulis Formula Di Excel.

Baca Juga : Macam-Macam Fungsi Pada Excel

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI AND PADA EXCEL

Persiapkan tabel seperti gambar dibawah, supaya kita bisa langsung praktek.

N1

N2

Hasil

1

2

 

10

10

 

1

2

 

10

10

 

Disini kita akan menguji apakah Kolom N1 Dan Kolom N2 pada baris 1 dan 2 memiliki nilai diatas angka 5, sementara untuk baris 3 dan 4 kita akan uji apakah nilainya di bawah angka 5.

Untuk menyelesaikan contoh kasus diatas, kita akan menggunakan Fungsi AND. Perhatikan gambar dibawah ini.

Pada Cell C2 rumusnya =AND(A2>5;B2>5) ini artinya menguji apakah nilai dari Cell A2 lebih besar dari angka 5 Dan Menguji apakah nilai dari Cell B2 lebih besar dari angka 5.

Untuk baris selanjutnya admin yakin kalian bisa mengartikannya sendiri. yang penting kalian sudah paham Operator Logika.

Baca Juga : Cara Menulis Formula Di Excel

CONTOH PENERAPAN FUNGSI AND PADA RUMUS IF

Berikut ini adalah contoh dari penerapan fungsi AND pada rumus IF, silahkan kalian buat tabelnya kemudian masukkan rumus pada kolom E2.

Rumus yang digunakan.

=IF(C2<80;"GAGAL";IF(AND(C2>=80;D2="BAIK");"DI TERIMA";IF(AND(C2>=80;D2="KURANG");"TES KESEHATAN ULANG";"SALAH INPUT")))

Penjelasan : Jika nilai C2 lebih kecil dari 80 maka dinyatakan “GAGAL”; jika nilai kolom C2 lebih besar atau sama dengan 80 dan kolom D2 bernilai “BAIK”; maka akan dinyatakan “DI TERIMA”; jika nilai kolom C2 lebih besar atau sama dengan 80 dan kolom D2 bernilai “KURANG”; maka akan dinyatakan “TES KESEHATAN ULANG”; namun jika semua kriteria diatas tidak terpenuhi maka dinyatakan “SALAH INPUT”.

Kalian cukup buat sintaks panjang diatas pada Cell E2 kemudian kalian Copy Paste pada baris dibawahnya Seperti yang telah kita pelajari sebelumnya pada materi Tata Cara Cut Copy Paste Di Excel.

Funtion Logika Lainnya:

Jangan lupa untuk mengunjungi link diatas untuk menambah pengetahuan kalian tentang ilmu di excel.

Sekian dan sampai jumpa pada tulisan admin berikutnya.

Wassalamualaekum wr wb.

0 Response to "Fungsi AND Di Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close