-->

Fungsi OR Dan Contoh Penggunaan Fungsi OR Pada Excel

Rumus OR Excel.- Hari ini kita kita akan melanjutkan salah satu pembahasan kita mengenai Formula Excel, yaitu tentang Fungsi Logika OR Pada Excel. Pembahasan ini merupakan lanjutan dari Fungsi Logika AND pada pertemuan sebelumnya.

Admin ingin mengingatkan, bagi kalian yang belum membaca artikel kami sebelumnya mengenai Fungsi AND Excel, maka admin sarankan kalian membacanya terlebih dahulu atau kalian juga bisa membacanya nanti setelah mengikuti pembahasan ini.

PENGERTIAN FUNGSI OR PADA EXCEL

Fungsi OR merupakan salah satu fungsi logika pada excel untuk menghasilkan nilai TRUE jika salah satu argumennya berniali TRUE dan akan menghasilkan nilai FALSE jika semua bernilai FALSE. 

Fungsi OR sangat Kontras dengan Fungsi AND EXCEL yang telah kita pelajari sebelumnya.

Perhatikan Tabel Kebenaran dari Fungsi OR dibawah ini :

NILAI 1

NILAI 2

HASIL

TRUE

TRUE

TRUE

FALSE

TRUE

TRUE

TRUE

FALSE

TRUE

FALSE

FALSE

FALSE

Perhatikan tabel diatas, semua argument yang memiliki nilai TRUE maka hasilnya akan bernilai TRUE, hanya ketika argument sama-sama bernilai FALSE maka hasilnya akan FALSE.

CARA MENGGUNAKAN RUMUS OR PADA EXCEL

Untuk dapat menggunakan Fungsi OR pada excel, tentunya kita harus mengetahui sintaks dari fungsi OR itu sendiri.

Sintaks Fungsi OR

=OR(logica_1;logica_2)

Penjelasan :

  • logica_1 adalah argumen untuk mengevaluasi logika pertama.
  • logica_2 adalah argument untuk mengevaluasi logika kedua.

Kita bisa menambahkan logica3, logica4 sampai logica64 (jika admin tidak khilaf).

Baca Juga : Cara Menulis Formula Di Excel

Contoh Penggunaan Rumus / Fungsi OR Pada Excel

Sekarang perhatikan contoh gambar dibawah ini :

Contoh Penggunaan Rumus / Fungsi OR Pada Excel

Penjelasan Gambar:

Rumus =OR(A3>5;B3<5) pada cell C3 Artinya jika nilai pada Cell A3 lebih besar “>” dari 5 atau nilai pada Cell B3 lebih kecil “<” dari 5, maka jika kedua argument atau salah satu argument tersebut bernilai TRUE maka hasilnya akan TRUE. Namun, Jika kedua argumen bernilai FALSE maka hasilnya akan FALSE, seperti pada Cell C4.

Untuk rumus pada cell C4 kebawah, menggunakan rumus yang sama dan penjelasannya pun sama dengan rumus pada cell C3. Namun, nilai argument logica_1 dan logica_2 disesuaikan dengan nilai pada cell yang sebaris dengan Cell masing-masing.

Baca Juga : Macam-Macam Fungsi Pada Excel

Contoh Penggunaan Fungsi IF dengan Fungsi OR

Contoh Penggunaan Fungsi IF dengan Fungsi OR

Pada Contoh kasus gambar diatas, kita akan mencari siapa saja pegawai yang mendapatkan bonus jika seandainya Target Bulan ini terpenuhi dan pegawai tersebut juga berhasil menjual lebih dari 6 unit barang atau penjualannya lebih dari Target Penjualan Individu. Adapun rumus yang digunakan adalah sebagai berikut :

=IF($E$13>$D$15;IF(OR(E3>$D$17;C3>6);"DAPAT BONUS";"TIDAK DAPAT");"BONUS HANGUS")

Baca Juga : Arti Tanda Dollar($) Pada Excel

Penjelasan rumus diatas :

Jika nilai dari Cell E13 lebih besar “>” dari nilai dari Cell D15, maka jika nilai Cell E3 lebih besar “>” dari nilai Cell D17 atau nilai pada Cell C3 lebih besar dari “>” 6, maka tampilkan nilai “DAPAT BONUS”, jika tidak tampilkan nilai “TIDAK DAPAT”, tapi jika ternyata nilai dari Cell E13 lebih kecil dari nilai D15 maka tampilkan “BONUS HANGUS”.

Setelah rumus tersebut kalian ketikkan pada Cell F3, selanjutnya kalian Copy Paste saja ke Cell berikutnya. Tata Cara Cut Copy Paste telah kita bahas pada blog ini. Tujuannya tentu untuk meng-copy rumus tersebut secara otomatis pada cell dibawahnya.

Sampai disini, admin rasa kalian telah memahami Fungsi OR dan Cara Menggunakan Fungsi OR Pada Excel. Jika ada kesalahan kata atau penjelasan admin yang kurang jelas, maka admin persilahkan untuk meninggalkan komentar pada kolom komentar yang telah disediakan dibawah artikel ini.

Sebelum itu, Admin merekomendasikan kalian untuk membaca tulisan admin yang lain terkait ilmu excel pada blog ini, linknya admin taruh dibawah.

Fungsi Logika Lainnya:

Sampai jumpa pada tulisan admin berikutnya.

Wassalamualaekum wr wb.

2 Responses to "Fungsi OR Dan Contoh Penggunaan Fungsi OR Pada Excel"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close