-->

Fungsi IFERROR Pada Excel

 Fungsi IFERROR Excel.- Tulisan pada halaman ini menjelaskan tentang Formula Excel yang digunakan untuk mengatasi error saat menggunakan rumus excel dan fungsi tersebut adalah Fungsi IFERROR Pada Excel beserta Penggunaan Fungsi IFERROR Pada Excel.

IFERROR EXCEL

APA FUNGSI IFERROR PADA EXCEL

Dengan menggunakan Fungsi IFERROR Excel ini kita bisa men-trap atau mengatasi kesalahan di dalam rumus excel. Jadi IFERROR akan mengembalikan nilai yang kita tentukan jika rumus mengalami sebuah kesalahan, jika tidak maka rumus akan mengembalikan hasil rumus yang kita buat.

Sintaks Fungsi IFERROR Excel :

=IFERROR(value; value_if_error)

Penjelasan sintaks fungsi IFERROR :

  • value : Nilai / argument yang diperiksa dan mengevaluasi apakah ada kesalahan.
  • value_if_error : Nilai yang akan dikembalikan jika rumus mengevaluasi ke salahan / error. 

Baca Juga :

Beberapa Jenis Pesan Error Pada Excel adalah sebagai berikut :

  1. #N/A : No Value Available ; ini terjadi ketika cell yang kita cari pada tabel lookup tidak tersedia. Error seperti ini sangat sering di jumpai pada fungsi VLOOKUP.
  2. #VALUE! : Formula menggunakan tipe data yang salah ; Misalnya menggunakan teks pada suatu formula dengan operasi matematika.
  3. #REF! : Referensi salah ; ini terjadi ketika referensi cell terhapus, sehingga formula yang menggunakan, tidak dapat dieksekusi dengan baik.
  4. #DIV/0! : Dibagi oleh angka nol ; ini disebabkan karena dalam rumus / formula yang digunakan terdapat operasi metematika pembagian namun pada Cell pembagi tidak memiliki nilai atau kosong.
  5. #NUM! : Formula menggunakan penulisan angka yang salah ; ini terjadi ketika dalam suatu formula menggunakan invalid number.
  6. #NAME? : Formula tidak ditemukan ; biasanya ini terjadi ketika kita salah mengetik formula. Jadi untuk mengatasi error ini, silahkan kalian cek kembali formula / rumus yang kalian gunakan.
  7. #NULL! : Kesalahan Alamat Sel ; ini terjadi karena salah dalam menulis alamat sel.

Itulah 7 Pesan Error Di Excel beserta penjelasannya.

Secara default, jika nilai value_if_error kosong atau tidak diisikan, maka IFERROR menganggapnya sebagai nilai string kosong. Dan jika value merupakan rumus array, maka IFERROR akan mengembalikan array hasil untuk setiap sel di dalam rentang yang ditentukan di dalam nilai.

CONTOH FUNGSI IFERROR PADA EXCEL

Untuk memperjelas fungsi dari iferror ini, kita akan langsung ke contoh kasusnya. Perhatikan gambar dibawah ini :

CONTOH FUNGSI IFERROR PADA EXCEL

Dari gambar diatas admin mencoba memasukkan rumus sederhana pada kolom C seperti =A3+B3 dan =A4/B4 dan  bisa kita lihat bahwa pada kolom C terdapat beberapa kesalahan / error. Kita bisa mengatasi hal tersebut dengan menambahkan Fungsi IFERROR seperti gambar dibawah ini.


Harusnya kedua gambar diatas cukup menjelaskan bagaimana Fungsi IFERROR bekerja dan bagaimana cara penggunaan Fungsi IFERROR.

FUNGSI IFERROR DENGAN FUNGSI LAIN PADA EXCEL

Sebenarnya ada banyak contoh penggunaan Fungsi IFERROR yang disandingkan dengan Fungsi Lain pada excel. Kuncinya kalian cukup mengetahui struktur dari masing-masing fungsi, terutama fungsi IFERROR ini.

Untuk membantu kalian dalam memahami dimana tempat seharusnya untuk meletakkan fungsi lain di dalam FUNGSI IFERROR, perhatikan gambar dibawah ini.

Pada bagian argument value, kalian dapat mengisikannya dengan rumus dari fungsi tertentu yang kalian inginkan dan pada bagian argument value_if_error dapat kalian isikan dengan perintah/tindakan selanjutnya apabila terjadi kesalahan/error pada rumus yang kalian masukkan pada bagian argument value.

RUMUS IFERROR DENGAN VLOOKUP EXCEL

Dan sebagai contoh, perhatikan struktur sintak penggabungan antara Fungsi IFERROR Excel dengan Fungsi VLOOKUP Excel dibawah ini:

=IFERROR(VLOOKUP(lookup_value; table_array; col_index_num; range_lookup); value_if_error)

Apabila di implementasikan dalam excel untuk mengolah data pada table excel, maka kira-kira akan seperti gambar dibawah ini.

RUMUS IFERROR DENGAN VLOOKUP EXCEL

Pada contoh diatas, admin ingin membuat Aplikasi sederhana untuk menemukan Nama Siswa menggunakan rumus/fungsi Vlookup Excel.

Apabila Nomor Induk yang dimasukkan pada cell D10 tidak ditemukan maka akan terjadi error #N/A. Akan tetapi admin ingin excel menampilkan pesan "Nomor Induk Tidak Ditemukan" jika Nomor Induk dari siswa tidak ditemukan.

Selain terlihat lebih profesional, pesan yang muncul pada cell tersebut juga dapat kita manfaatkan sebagai argument untuk melengkapi satu rumus lainnya, itu jika diperlukan.

Ada banyak lagi contoh yang lainnya, kalian cukup mengetahui dimana harus meletakkan Formula Excel dan ouputnya apabila mengalami error, itu saja sudah cukup. Selanjutnya kalian tinggal banyak latihan.

Mungkin itu saja yang dapat admin sampaikan mengenai Formula Excel yang satu ini. Sebagai tambahan, untuk kalian yang ingin terus mengupgrade ilmu excel kalian. Silahkan mengklik salah satu link yang telah admin siapkan dibawah ini.

Artikel Funtion Logika Lainnya:

Fungsi IF Di Ms Excel

Fungsi IFERROR Pada Excel

Fungsi AND Pada Excel

Fungsi OR Pada Excel

Fungsi NOT Di Excel

Admin undur diri, dan sampai jumpa pada tulisan admin pada halaman yang lainnya.

Wassalamualekum wr wb.

0 Response to "Fungsi IFERROR Pada Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close