-->

Fungsi Day Pada Excel Untuk Mendapatkan Tanggal Hari ini

Fungsi Day Pada Excel

Pada halaman ini admin akan berbagi tentang Formula Excel lainnya yaitu mengenai Fungsi Day Pada Excel, Apa itu fungsi day excel? Bagaimana cara menggunakannya? Disertai dengan contoh dalam penggunaannya.

Ini adalah salah satu fungsi yang dapat dipertimbangkan penggunaannya saat melakukan pengolahan data berupa tanggal pada excel. Selain fungsi ini kita juga bisa melakukan pengolahan data tanggal menggunakan fungsi-fungsi tanggal dan waktu lainnya, linknya akan admin taruh dibawah artikel.

Namun disini kita akan fokuskan ke penggunaan fungsi day pada excel, yuuk ikuti terus penjelasan dari admin sampai akhir ya..!

Baca Juga : FUNGSI DAYS PADA EXCEL

FUNGSI DAY PADA EXCEL

Fungsi Day Pada Excel Adalah fungsi yang dapat digunakan untuk meng-ekstrak angka hari/tanggal dari nomor seri tanggal tertentu.

Dengan fungsi day kita bisa mengambil hanya angka tanggal dari suatu penanggalan utuh yang sesuai dengan kaedah/aturan penanggalan Microsoft Excel.

RUMUS FUNGSI DAY PADA EXCEL

Adapun bentuk sintak/rumus Fungsi Day Pada Excel adalah sebagai berikut ini:

=DAY(serial_number)

Ket:

Serial_number merupakan merupakan nomor seri berurutan yang mewakili suatu penanggalan tertentu dengan kaedah penulisan Microsoft excel.

FUNGSI DAY PADA EXCEL

Agar kalian lebih memahami apa yang admin maksudkan diatas, maka kita lanjutkan saja ke contoh penggunaan fungsi day pada excel berikut ini.

Baca Juga : 

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI DAY PADA EXCEL

Perhatikan contoh fungsi day pada excel dalam bentuk gambar berikut ini:

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI DAY DALAM EXCEL

Seperti yang sama-sama kita lihat bahwa penggunaan fungsi day pada excel ini sangatlah mudah. Hanya dengan menaruh alamat cell yang berisikan nomor seri tanggal yang benar pada rumus day excel, kita telah mendapati/meng-ekstrak tanggal dari penanggalan tersebut serta mengabaikan nomor seri bulan dan tahun yang ada.

Mungkin suatu saat kita akan diminta untuk menghitung atau memanipulasi suatu tanggal tertentu dengan tujuan tertentu pula. Seperti menghitung tanggal jatuh tempo, menghitung hari jadi dan lain sebagainya.

Fungsi day pada excel bisa saja menjadi pilihan bagi kita untuk melakukan hal itu semua, seperti yang telah kita pelajari pada pembahasan Fungsi DATE Excel sebelumnya.

Baca Juga : FUNGSI DATE PADA EXCEL

MENGHITUNG TANGGAL JATUH TEMPO MENGGUNAKAN FUNGSI DAY PADA EXCEL

Seperti yang telah admin sampaikan bahwa, kita bisa memanfaatkan fungsi day pada excel untuk memanipulasi penanggalan dengan tujuan tertentu, salah satunya yaitu menghitung tanggal jatuh tempo.

Namun untuk melakukannya fungsi day tidak bisa sendirian, maksudnya fungsi day harus digabungkan dengan beberapa fungsi lain seperti fungsi month dan year.

Berikut ini adalah gambaran panggunaan fungsi day pada excel dalam menghitung tanggal jatuh tempo:

MENGHITUNG TANGGAL JATUH TEMPO MENGGUNAKAN FUNGSI DAY EXCEL

Gambar diatas adalah contoh penggabungan antara fungsi day pada excel dengan fungsi month dan fungsi year pada Microsoft Excel.

Admin rasa cukup sampai disini pembahasan kita tentang fungsi day pada Excel. kita akan lanjutkan membahas fungsi date and time lainnya pada kesempatan lainnya juga.

Semoga apa yang kita pelajari hari ini, dapat memberikan manfaat bagi kehidupan kita saat sekarang atau dimasa yang akan datang.

Bagi kalian yang tertarik ingin belajar lebih banyak tentang fungsi tanggal dan waktu lainnya, silahkan kalian klik link dibawah ini untuk berpindah ke halaman berikutnya yang sesuai dengan judul yang kalian pilih.

Baca Juga artikel tentang Fungsi Tanggal Dan Waktu Excel Lainnya.

Sampai jumpa pada artikel admin berikutnya,.

0 Response to "Fungsi Day Pada Excel Untuk Mendapatkan Tanggal Hari ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close