-->

FUNGSI DATE PADA EXCEL : Mengembalikan Nomor Seri Berurutan Yang Mewakili Tanggal Tertentu

Rumus Date Pada Excel.- Pada halaman ini, admin akan membahas tentang salah satu fungsi tanggal dan waktu pada excel yaitu Fungsi Date Pada Excel. Sesuai dengan namanya, fungsi ini merupakan salah satu fungsi yang digunakan dalam mengolah per-tanggalan pada excel.

Kita akan membahas fungsi ini mulai dari Apa itu Fungsi Date Excel?, Bagaimana cara menggunakan fungsi date di Microsoft excel, serta tentu saja disertai dengan contoh penggunaan fungsi date dalam excel agar kalian lebih paham tentang fungsi tersebut.

FUNGSI DATE PADA EXCEL

Fungsi Date Excel Adalah fungsi pada Microsoft Excel yang digunakan untuk mengembalikan nomor seri berurutan yang mewakili tanggal tertentu berdasarkan komponen tahun, bulan, dan hari. Fungsi ini biasanya digunakan untuk mengubah penanggalan yang dinamis.

Selain fungsi Date, excel juga memiliki beberapa fungsi untuk mengolah tanggal lainnya seperti Fungsi DATEIF, Fungsi DATEVALUE, Fungsi EDATE dan masih banyak lagi. Bahkan pada artikel sebelumnya kami telah membahas tentang Fungsi NOW Excel dan Fungsi TODAY Excel yang juga tergolong ke dalam fungsi Tanggal dan Waktu. Kalian dapat melihat daftar fungsi tanggal dan waktu lainnya yang telah admin taruh dibawah artikel ini.

Fungsi date excel juga sering digabungkan dengan fungsi Year, Month, Day dan masih banyak lagi fungsi tanggal dan waktu yang dapat digabungkan dengan fungi date ini.

Sebelum kita belajar cara menggabungkan fungsi date dengan fungsi lainnya, kita tentu harus mengetahui terlebih dahulu cara menggunakan fungsi tersebut bukan?. Simak penjelasan berikut.

Baca Juga : 

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI DATE DI EXCEL

Bentuk rumus / sintak dari fungsi date excel adalah sebagai berikut:

=DATE(year; month; day)

Seperti yang kalian lihat, sintak/rumus dari fungsi Date ini sangatlah mudah baik dalam memahami argumentnya ataupun dalam penggunaannya. Namun, terdapat beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam penggunaannya.

Fungsi Date Pada Excel

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan fungsi date excel:

Argument Year,

  • Hitungan tahun dimulai dari tahun 1900, jadi jika argument ini dikosongkan atau bernilai nol (0) maka excel akan mengembalikan nilai tahun 1900.
  • Jika kita menambahkan digit angka kurang dari 4 digit maka angka-angka tersebut dianggap sebagai jumlah tahun yang akan ditambahkan dengan tahun 1900. Contoh, =DATE(10;1;3) artinya =DATE(1900+10; 1; 3) maka excel akan mengembalikan nilai 03-Maret-1910.
  • Disarankan untuk menggunakan 4 digit angka untuk mencegah hasil yang tidak diinginkan.
  • Jika nilai tahun yang dimasukkan kurang dari 0 atau lebih dari 9999 maka excel akan mengembalikan nilai error #NUM!.

Argument Month,

  • Jika argument ini diberi nilai lebih dari angka 12, maka akan menambahkan angka bulan tersebut ke bulan di tahun berikutnya. Contoh, =DATE(2000; 15; 1) maka excel akan mengembalikan nilai 01 Maret 2001.
  • Jika argument ini diberi nilai negative (minus), maka excel akan menghitung mundur dari bulan pertama+1 dari tahun tersebut. sehingga akan mengembalikan nilai bulan dari tahun sebelumnya. Contoh, DATE(2000;-5;1) = DATE(1999;7;1) maka excel akan mengembalikan nilai 01 Juli 1999.

Argument Day,

  • Jika nilai tanggal lebih besar dari jumlah hari dalam bulan tertentu, maka excel akan menambahkan jumlah hari yang tersisa ke hari pertama dalam bulan berikutnya. Contoh, DATE(2020; 02; 34) = DATE(2020; 03; 06) maka excel akan mengembalikan hasil 06 Maret 2020.
  • Jika nilai tanggal bernilai minus (-) maka excel akan menghitung mundur dari tanggal pertama dari bulan tertentu. Hitungan mundurnya bergantung besaran minus yang diberikan. Contoh, DATE(2020;02;-10) excel akan mengembalikan hasil 21 Januari 2020.

Baca Juga : Rumus NOW Dan TODAY Pada Excel

Dan supaya lebih jelas lagi tentang bagaimana cara menggunakan fungsi date ini, maka kita lanjutkan saja ke contoh fungsi date Excel. Yuuk Mari..

CONTOH FUNGSI DATE PADA EXCEL

Dibawah ini, admin telah menyiapkan beberapa contoh dalam menggunakan fungsi date di Microsoft Excel. Simak contoh yang telah admin siapkan berikut ini:

Memasukkan Tanggal Secara Langsung Ke Fungsi Date Excel.

Memasukkan Tanggal Secara Langsung Ke Fungsi Date Excel.

Terlihat pada gambar, bahwa kita bisa memasukkan nilai tanggal, bulan, dan tahun secara langsung pada rumus date excel. Selain itu, contoh gambar diatas juga memperlihatkan bagaimana cara kita memanipulasi tanggal, baik menambahkan ataupun mengurangi tahun, bulan, dan tanggal.

Penting: Memanipulasi tanggal dapat bermanfaat Ketika dipergunakan untuk membuat suatu penanggalan tertentu. Seperti, Tanggal hari jadi, Tanggal jatuh tempo dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Memasukkan Tanggal Ke Fungsi Date Excel Berdasarkan Nilai Cell Lain.

Memasukkan Tanggal Ke Fungsi Date Excel Berdasarkan Nilai Cell Lain.

Dari contoh gambar diatas, kita bisa melihat dan mempelajari tentang bagaimana cara memasukkan nilai masing-masing argument year, month, dan day berdasarkan nilai cell lain. Selain itu, kita juga bisa melakukan manipulasi penanggalan dengan cara menambahkan ataupun mengurangi baik tahun, bulan, ataupun day.

Menggabungkan Fungsi Date Excel Dengan Fungs Lain.

Menggabungkan Fungsi Date Excel Dengan Fungs Lain.

Untuk contoh gambar diatas adalah contoh penggabungan fungsi Date dengan fungsi YEAR, MONTH, DAY pada excel. Dari gambar juga terlihat cara melakukan manipulasi tanggal untuk dapat dimanfaatkan untuk menghitung penanggalan tertentu.

Meng-Konversi Nilai Angka String Teks Menjadi Tanggal.

Anggap saja kita mendapatkan data dari internet atau dari pihak lain yang berisi angka penanggalan yang tidak teratur. Sehingga kita perlu memperbaikinya menjadi penanggalan yang baik dan benar sesuai dengan aturan tanggal dan waktu yang seharusnya.

Untuk melakukannya tentu kita membutuhkan suatu fungsi excel yang dapat melakukan itu semua. Oleh karena itu, admin menggunakan beberapa Fungsi Teks seperti Fungsi LEFT, MID, dan RIGHT Excel untuk memisahkan teks berupa angka dan menggabungkannya Kembali menjadi sebuah penanggalan yang utuh. Perhatikan contoh gambar dibawah:

Meng-Konversi Nilai Angka String Teks Menjadi Tanggal.

Contoh gambar diatas bisa dikatakan sebagai contoh untuk Rumus Teks Ke Tanggal Pada Microsoft Excel yang mungkin saja kalian cari selama ini.

Baca juga artikel tentang Fungsi LEFT, RIGHT, MID Pada Excel supaya kalian tidak kebingungan.

Setelah 4 contoh berupa gambar diatas, admin menyakini bahwa kalian sudah pasti memahami tentang bagaimana cara menggunakan Fungsi Date Excel ini. Namun, jika memang ada penjelasan dari admin yang tidak jelas ataupun ada hal yang ingin kalian ingin tanyakan kepada admin, maka silahkan kalian tinggalkan saja pada kolom komentar yang telah kami siapkan dibawah artikel ini.

Cukup sekian pembahasan kita hari ini, semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat memberikan manfaat bagi kehidupan kita dikemudian hari.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel kami yang lainnya, khususnya untuk fungsi tanggal dan waktu. Linknya telah admin siapkan dibawah ini, jadi kalian tinggal klik saja untuk berpindah ke halaman berikutnya yang sesuai dengan judul yang kalian pilih.

Fungsi Tanggal Dan Waktu Lainnya:

Fungsi NOW Dan TODAY Pada Excel | Menampilkan Tanggal Dan Waktu Hari ini.

FUNGSI DATE PADA EXCEL | Mengembalikan Nomor Seri Berurutan Yang Mewakili Tanggal Tertentu

Fungsi HOUR-MINUTE-SECOND Pada Microsoft Excel

Fungsi EDATE Pada Excel : Lengkap Mulai Dari Pengertian Sampai Contoh Penggunaannya

Fungsi EOMONTH Pada Excel : Lengkap Dengan Contoh Penggunaannya

Fungsi NETWORKDAYS Pada Excel : Menghitung Jumlah Hari Kerja Diantara Tanggal Tertentu

Fungsi NETWORKDAYS.INTL Pada Excel : Menghitung Jumlah Hari Kerja Diantara Dua Tanggal Dengan Mempertimbangkan Hari Akhir Pekan.

Sampai jumpa pada pembahasan lainnya, tetap semangat belajar excelnya ya😊. Terimakasih juga karena telah bersedia untuk berkunjung ke blog Kita Ngoding dan membaca artikel yang telah kami upload.

Wassalamualaekum wr wb.

 

0 Response to "FUNGSI DATE PADA EXCEL : Mengembalikan Nomor Seri Berurutan Yang Mewakili Tanggal Tertentu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close