-->

Fungsi DATEDIF Excel | Menghitung Selisih Antara Dua Tanggal

Rumus Datedif Excel.- Hari ini kita akan belajar tentang Fungsi DATEDIF Pada Excel yang dimana Formula Excel ini juga masuk ke dalam kelompok Fungsi Date And Time Excel. 

Disini kita akan mengupas fungsi rumus datedif di excel dan bagaimana cara menggunakan Fungsi Datedif Excel beserta contoh penggunaan fungsi datedif tersebut.

Jika pada kesempatan sebelumnya kita telah belajar bagaimana Cara Menampilkan Nomor Seri Tanggal Secara Berurutan yang mewakili tanggal tersebut menggunakan Fungsi Date Excel dan juga belajar Cara Menampilkan Nomor Seri Tanggal Yang Tersimpan Di Excel Menggunakan Fungsi Datevalue Excel, maka sekarang kita akan belajar bagaimana menghitung selisih antara tanggal yang satu dengan tanggal yang lain menggunakan Fungsi DATEDIF Excel.

FUNGSI DATEDIF DI EXCEL

FUNGSI DATEDIF PADA EXCEL

Fungsi DATEDIF Pada Excel Adalah Fungsi pada Microsoft Excel yang dapat digunakan untuk menghitung selisih antara jumlah hari, bulan, atau tahun di antara dua tanggal tertentu.

Rumus DATEDIF Pada Excel ini dapat digunakan untuk menghitung umur, baik umur seseorang atau umur suatu barang. Dan Rumus Dateif excel juga dapat dipergunakan untuk menghitung masa kerja seorang karyawan pada suatu perusahaan, serta masih banyak contoh lainnya.

PENGGUNAAN RUMUS DATEDIF PADA EXCEL

Tidak seperti fungsi Microsoft Excel lainnya yang akan muncul pilihan fungsi yang dimaksudkan Ketika nama fungsi tersebut diketikkan. Dalam menggunakan fungsi datedif excel kita harus mengetikkan fungsi datedif secara langsung pada cell excel.

Setelah mengetahui cara mengaktifkan fungsi datedif di excel, selanjutnya kita akan belajar bagaimana menggunakan fungsi tersebut.

Untuk rumus / sintak dari fungsi datedif excel itu sendiri adalah sebagai berikut:

=DATEDIF(start_date; end_date; satuan)

Keterangan:

  • Start_date : argument yang menunjukkan tanggal pertama atau awal dari periode tertentu. Agument ini berisi tanggal dengan format string teks yang ditulis dalam tanda kutip seperti “10/12/2021”, atau berisi nomor seri dari sebuah tanggal ataupun berisikan hasil dari rumus atau fungsi lain.
  • End_date : Argument yang menunjukkan tanggal terakhir.
  • Satuan : Argument yang menunjukkan Tipe informasi yang ingin ditampilkan. 

Berikut ini nilai satuan yang digunakan beserta keterangannya:

Satuan

Keterangan

“Y”

Jumlah tahun yang telah berlalu dalam hitungan periode tertentu.

“M”

Jumlah bulan yang telah berlalu dalam hitungan periode tertentu.

“D”

Jumlah hari dalam periode tertentu.

“MD”

Selisih antara hari dalam start_date dan end_date dengan mengabaikan bulan dan tahun dari penanggalan. Misalnya, Start_date = 10/12/2020 dan end_date = 11/12/2021 dibaca selisih antara tanggal 10 dengan tanggal 11 maka excel akan mengembalikan angka 1.

“YM”

Selisih antara bulan dalam start_date dan end_date dengan mengabaikan hari dan tahun dari penanggalan. Misalnya, start_date = 10/12/2020 dan end_date = 11/12/2021 dibaca selisih antara bulan 12 dengan bulan 12 maka excel akan mengembalikan angka 0.

“YD”

Selisih antara hari dalam start_date dan end_date dengan mengabaikan tahun dari tanggal. Misalnya, start_date = 12/01/2020 dan end_date = 10/02/2021 dibaca selisih hari antara tanggal 12 bulan 01 dengan tanggal 10 bulan 02 maka excel akan mengembalikan angka 29.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan fungsi datedif excel adalah sebagai berikut:

  • Fungsi datedif tidak seperti fungsi lainnya yang secara otomatis muncul Ketika awalan huruf tersebut diketikkan pada cell, jadi 100% kalian harus ketik secara manual.
  • Jika start_date lebih besar dari End_date maka excel akan mengembalikan pesan error #NUM!.
  • Gunakan kaedah penulisan tanggal yang dibenarkan oleh excel, karena jika tidak maka excel kemungkinan akan mengembalikan pesan error #VALUE!.
  • Hindari penggunaan satuan “MD”, karena dari pengalaman admin bahwa sering sekali menampilkan hasil yang tidak sesuai dengan harapan Ketika menggunakan satuan tersebut.

Baca Juga :

Mungkin itu saja hal-hal yang perlu diperhatikan menurut admin sampai saat ini, dan kalau kalian mengetahui hal lainnya, admin harap kalian mau berbagi pada kolom komentar yang telah kami siapkan dibawah artikel ini.

Oke, sekarang kita lanjutkan ke contoh penggunaan fungsi datedif dalam excel.

CONTOH FORMULA DATEDIF EXCEL 2016

Dibawah ini telah admin siapkan beberapa contoh penggunaan dari fungsi DATEDIF Excel, untuk membantu kalian dalam memahami fungsi tersebut lebih dalam lagi.

Contoh Rumus DATEDIF Excel Menggunakan Satuan “Y”, “M”, “D”.

Contoh Rumus DATEDIF Excel Menggunakan Satuan “Y”, “M”, “D”.

Dengan melihat contoh gambar diatas, admin nyakin bahwa kalian paham bagaimana cara menggunakan fungsi DATEDIF Excel. hanya dengan mengetikkan rumus =DATEDIF(A2; B2; “Y”) kita telah mendapatkan selisih antara kedua tanggal tersebut. Mulai dari selisih tahun pada cell C2, selisih bulan pada cell C3 dan selisih hari pada cell C4.

Baca Juga : Arti TandaDollar ($) Pada Excel

Dan untuk rumus pada cell C6 sampai C8 adalah contoh penggunaan fungsi datedif excel yang tidak benar.

Contoh Rumus DATEDIF Excel Menggunakan Satuan “MD”, “YM”, “YD”.

Contoh Rumus DATEDIF Excel Menggunakan Satuan “MD”, “YM”, “YD”.

Untuk contoh penggunaan satuan “MD”, “YM”, “YD” baiknya memang harus dihindari penggunaannya. Jika angka bulan pada start_date lebih kecil dari angka bulan pada end_date maka hasilnya akan sesuai seperti pada cell C2 sampai C3.

Namun, jika angka bulan pada start_date lebih besar dari angka bulan pada end_date maka hasilnya akan gak jelas, lihat sendiri output yang munculkan dalam gambar pada cell C6 sampai C8.

Contoh Rumus Menghitung Umur Pada Excel

Contoh Rumus Menghitung Umur Pada Excel

Untuk rumus yang digunakan pada cell E2 sampai cell E6 adalah sebagai berikut:

=CONCATENATE(DATEDIF(C2;D2;"Y");"Tahun";" - ";DATEDIF(C2;D2;"YM");"Bulan";" - "; DATEDIF(C2;D2;"YD");"Hari")

=CONCATENATE(DATEDIF(C3;D3;"Y");"Tahun";" - ";DATEDIF(C3;D3;"YM");"Bulan";" - "; DATEDIF(C3;D3;"YD");"Hari")

=CONCATENATE(DATEDIF(C4;D4;"Y");"Tahun";" - ";DATEDIF(C4;D4;"YM");"Bulan";" - "; DATEDIF(C4;D4;"YD");"Hari")

=CONCATENATE(DATEDIF(C5;D5;"Y");"Tahun";" - ";DATEDIF(C5;D5;"YM");"Bulan";" - "; DATEDIF(C5;D5;"YD");"Hari")

=CONCATENATE(DATEDIF(C6;D6;"Y");"Tahun";" - ";DATEDIF(C6;D6;"YM");"Bulan";" - "; DATEDIF(C6;D6;"YD");"Hari")

Dengan memahami rumus diatas, kalian juga bisa membuat sebuah rumus untuk menghitung masa kerja dari seorang karyawan suatu perusahaan.

Baca Juga : Fungsi CONCATENATE Pada MS Excel

Demikian pembahasan menganai fungsi DATEDIF Excel, selanjutnya silahkan kalian kembangkan sendiri penggunaan dari fungsi tersebut sesuai dengan kebutuhan kalian.

Baca juga tulisan admin tentang fungsi tanggal dan waktu lainnya, linknya telah admin siapkan dibawah ini.

Fungsi Tanggal Dan Waktu Lainnya:

Fungsi NOW Dan TODAY Pada Excel | Menampilkan Tanggal Dan Waktu Hari ini.

FUNGSI DATE PADA EXCEL | Mengembalikan Nomor Seri Berurutan Yang Mewakili Tanggal Tertentu

Fungsi HOUR-MINUTE-SECOND Pada Microsoft Excel

Fungsi EDATE Pada Excel : Lengkap Mulai Dari Pengertian Sampai Contoh Penggunaannya

Fungsi EOMONTH Pada Excel : Lengkap Dengan Contoh Penggunaannya

Fungsi NETWORKDAYS Pada Excel : Menghitung Jumlah Hari Kerja Diantara Tanggal Tertentu

Fungsi NETWORKDAYS.INTL Pada Excel : Menghitung Jumlah Hari Kerja Diantara Dua Tanggal Dengan Mempertimbangkan Hari Akhir Pekan.

Sampai jumpa pada halaman berikutnya dan Terimakasih Banyak karena telah bersedia berkunjung ke blog kami yang sederhana ini. semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat memberikan manfaat bagi kehidupan kita dimasa yang akan datang.

Wassalamualaekum wr wb.

0 Response to "Fungsi DATEDIF Excel | Menghitung Selisih Antara Dua Tanggal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close