-->

FUNGSI DAYS PADA EXCEL

Rumus Days Excel.- Hari ini admin akan membahas tentang Formula Excel yang dapat kita gunakan untuk menghitung selisih hari antara dua tanggal yang di inputkan pada cell yang berbeda, fungsi tersebut bernama Fungsi Days Pada Excel.

Disini kita akan membahas fungsi tersebut mulai dari pengertian, cara menggunakannya disertai dengan beberapa contoh dalam penggunaan fungsi tersebut pada Microsoft Excel.

FUNGSI DAYS PADA EXCEL

Fungsi Days Excel adalah fungsi yang biasa digunakan dalam menghitung jumlah hari diantara dua tanggal pada Microsoft Excel. Singkatnya fungsi ini digunakan untuk menghitung selisih antara dua tanggal tertentu.

Fungsi days juga merupakan salah satu fungsi date and time excel yang memang diperuntukkan untuk mengelola penanggalan di excel. Beberapa diantara fungsi tanggal dan waktu lainnya juga telah kita bahas pada pertemuan sebelumnya seperti Fungsi Now, Today, Date, Datevalue dan masih ada lagi yang lainnya.

Lebih lengkapnya akan admin taruh linknya dibagian bawah artikel ini.

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI DAYS EXCEL

Seperti yang telah kita pelajari sebelum-sebelumnya bahwa setiap fungsi pada Microsoft Excel memiliki rumus/sintak meraka masing-masing. Begitu juga dengan fungsi days excel ini tentu saja memiliki bentuk rumusnya sendiri.

Rumus Fungsi Days Pada Microsoft Excel

=DAYS(end_date; start_date)

Ket:

  • End_date merupakan argument tanggal akhir
  • Start_date merupakan argument tanggal awal

Fungsi Days Pada Microsoft Excel

Admin rasa tidak perlu menjelaskannya secara Panjang lebar karena kalian sudah pasti mengetahui maksud dari setiap argument fungsi Days diatas.

Baca Juga : 

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI DAYS EXCEL

Supaya lebih jelas tentang bagaimana menghitung selisih hari yang dihasilkan oleh fungsi Days excel maka alangkah baiknya jika kita langsung saja ke contoh penggunaannya dibawah ini.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI DAYS EXCEL

Menggunakan fungsi days excel tidak lah sulit, hanya dengan memasukkan argument tanggal akhir kemudian tanggal awal baik yang ditulis secara langsung ataupun berdasarkan referensi cell seperti pada contoh kasus diatas.

Dalam contoh kasus diatas, admin mensimulasikan bahwa saat ini kita bekerja disebuah perpustakaan sekolah. Dan untuk mengetahui buku yang dipinjam oleh siapa dan berapa hari akan dikembalikan maka kita harus membuat sebuah program sederhana  menggunakan fungsi days excel dan hasilnya seperti gambar diatas.

Kalian bisa mengembangkan program sederhana diatas menjadi lebih baik lagi sehingga lebih akurat dalam penyajian informasinya.

Semoga kalian memahami apa yang telah admin sampaikan diatas. Namun jika memang ada penjelasan admin yang tidak jelas maka silahkan saja tinggalkan di kolom komentar. Admin akan berusaha membalasnya dengan segera, jika tidak ada halangan.

Sebelum admin akhiri, bagi kalian yang ingin mengetahui fungsi date and time lainnya maka silahkan kalian klik link dibawah ini untuk diarahkan ke halaman lainnya sesuai dengan judul yang kalian pilih.

Fungsi Tanggal Dan Waktu Lainnya:

Fungsi NOW Dan TODAY Pada Excel | Menampilkan Tanggal Dan Waktu Hari ini.

FUNGSI DATE PADA EXCEL | Mengembalikan Nomor Seri Berurutan Yang Mewakili Tanggal Tertentu

Fungsi HOUR-MINUTE-SECOND Pada Microsoft Excel

Fungsi EDATE Pada Excel : Lengkap Mulai Dari Pengertian Sampai Contoh Penggunaannya

Fungsi EOMONTH Pada Excel : Lengkap Dengan Contoh Penggunaannya

Fungsi NETWORKDAYS Pada Excel : Menghitung Jumlah Hari Kerja Diantara Tanggal Tertentu

Fungsi NETWORKDAYS.INTL Pada Excel : Menghitung Jumlah Hari Kerja Diantara Dua Tanggal Dengan Mempertimbangkan Hari Akhir Pekan.

Sampai jumpa pada pembahasan berikutnya yang tidak kalah bermanfaat.


0 Response to "FUNGSI DAYS PADA EXCEL"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close