-->

Fungsi Year Pada Excel : Meng-Ekstrak Nomor Seri Tahun Dari Suatu Tanggal Di Excel

Fungsi Year Pada Excel

Sekarang kita akan belajar Fungsi Year Pada Excel yang dimana Formula Excel ini adalah lanjutan dari pembahasan kita pada kesempatan sebelum-sebelumnya yaitu tentang fungsi day dan fungsi month pada excel.

Adapun yang akan admin bahas terkait Fungsi Year Pada Excel ini yaitu mulai dari:

  • Pengertian Fungsi Year Pada Excel.
  • Cara Menggunakan Fungsi Year Pada Excel.
  • Contoh Penggunaan Fungsi Year Pada Excel.

Simak terus penjelasan admin hingga akhir, semoga setelah mempelajari dan mempraktekkan apa yang akan disampaikan dibawah ini dapat membantu kalian dalam memahami Fungsi Year Pada Excel. 😊😍

RUMUS FUNGSI YEAR PADA EXCEL

Fungsi Day, Month dan Fungsi Year Pada Excel merupakan fungsi yang sering sekali disandingkan dalam melakukan pengolahan data berupa tanggal pada excel. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, melainkan karena memang ketiga fungsi ini adalah sebuah kesatuan.

Dan masih banyak lagi fungsi lainnya yang bisa kita gabungkan dengan fungsi year pada excel ini. Seperti fungsi Today, Now, Date, dan pokoknya masih banyak lagi. 😊

Namun, sesuai dengan materi kita hari ini yaitu khusu membahas tentang fungsi year maka kita akan fokuskan ke fungsi ini saja.

Baca Juga: 

PENGERTIAN FUNGSI YEAR PADA EXCEL

Fungsi Year Pada Excel Adalah Fungsi yang digunakan untuk meng-ekstrak nomor seri yang mewakili tahun tertentu pada sebuah tanggal yang dimasukkan.

Fungsi Year Pada Excel ini akan menghasilkan angka bilangan bulat dalam rentang 1900 sampai 9999. Itu karena penanggalan yang ada pada Microsoft Excel terhitung sejak tanggal 1 Januari 1900 sampai tanggal 1 Januari 9999. Jadi jika kalian memasukkan penanggalan diluar tanggal tersebut maka excel akan mengembalikan hasil error.

Sekarang mari kita pelajari bagaimana cara menggunakan Fungsi Year Pada Excel sehingga kita bisa memanfaatkan fungsi ini untuk melakukan pengolahan data.

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI YEAR PADA EXCEL

Layaknya fungsi excel pada umumnya, Fungsi Year Pada Excel juga memiliki sebuah sintak/rumus dalam memanfaatkan fungsi ini. Adapun sintaknya adalah sebagai berikut:

=YEAR(serial_number)

Ket:

Serial_number : argument ini berisikan tanggal dengan penanggalan yang benar. Argument ini dapat berupa tanggal yang ditulis secara langsung ataupun berdasarkan alamat cell.

FUNGSI YEAR PADA EXCEL

Terlihat sangat simple bukan?. Struktur fungsi year ini cukup mirip dengan fungsi month dan fungsi day. Hanya saja perbedaannya terletak pada nama fungsi yang digunakanlah yang berbeda.

Baca Juga:

Lanjut ke contoh penggunaan Fungsi Year Pada Excel, guna memberikan gambaran dalam menggunakan fungsi tersebut.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI YEAR PADA EXCEL

Perhatikan contoh penggunaan Fungsi Year Pada Excel berupa gambar seperti dibawah ini:

Cara Meng-ekstrak Nomor Seri Tanggal Pada Excel

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI YEAR EXCEL

Dari gambar diatas kita bisa melihat bagaimana mudahnya menggunakan Fungsi Year Pada Excel. Kita tinggal memasukkan tanggal ke dalam rumus kemudian kita sudah melihat hasil yang dikembalikan oleh excel.

Kita juga bisa memanipulasi tahun yang dikembalikan oleh Fungsi Year Pada Excel ini, dengan cara sebagai sebagai berikut. Perhatikan contoh gambar dibawah ini

CONTOH PENGGABUNGAN FUNGSI YEAR DENGAN FUNGSI EXCEL LAIN

Pada Cell B2 admin menggunakan rumus dari Fungsi Date Excel yang digabungkan dengan Fungsi Year Pada Excel, Fungsi Month dan Fungsi Day. 

Dan karena admin ingin memanipulasi tahun hingga 10 tahun kemudian maka rumus yang admin pakai adalah =DATE(YEAR(A2)+10;MONTH(A2);DAY(A2)).

Kalian juga bisa menambahkan beberapa bulan atau hari kedepan dari penanggalan sebelumnya dengan cara menambahkan angka desimal setelah rumus month atau day dan sebelum ditutup dengan tanda (;).

Kira-kira demikianlah Langkah-langkah yang bisa kita lakukan dalam memanfaatkan Fungsi Year Pada Excel ini. kalian bisa mengembangkan penggunaannya sesuai dengan kebutuhan dalam mengolah data tanggal yang kalian miliki.

Selanjutnya kita akan belajar tentang Fungsi Time Pada Excel, jadi lanjutkan baca tulisan admin pada halamn berikutnya ya..!

Oh iya, jangan lupa juga untuk membaca tulisan admin terkait fungsi date and time lainnya. linknya telah admin siapkan dibawah ini, jadi kalian tinggal klik saja untuk berpindah ke halaman lainnya sesuai dengan judul artikel yang kalian pilih.

Baca juga artikel Fungsi Tanggal Dan Waktu Lainnya pada blog ini.

Semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat memberikan manfaat bagi kehidupan kita dimasa sekarang dan dimasa yang akan datang. Serta ilmu yang kita pelajari hari ini dapat bermanfaat bagi diri kita secara pribadi apa lagi secara bermasyarakat.

Sekian, sampai jumpa pada tulisan admin berikutnya.

Wassalamualekum wr wb.

 

0 Response to "Fungsi Year Pada Excel : Meng-Ekstrak Nomor Seri Tahun Dari Suatu Tanggal Di Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close