-->

Fungsi Month Pada Excel : Meng-Ekstrak Nomor Seri Bulan Dari Suatu Tanggal

Fungsi Month Excel.- Pada tulisan admin berikut ini, admin ingin membahas tentang salah satu Formula Excel yang berkaitan dengan rumus date and time lainnya yaitu Fungsi Month Pada Excel.

Disini kita akan mengupas fungsi yang satu ini mulai dari pengertian, Cara Cenggunakan Fungsi Month Pada Excel, serta contoh dalam menggunakan fungsi mount dalam excel, jadi ikuti terus tulisan admin sampai selesai.

FUNGSI MONTH PADA EXCEL

Pada kesempatan sebelumnya kita telah banyak belajar tentang beberapa fungsi date and time lainnya seperti Fungsi Now, Today, Date, Datevalue, Day, Days, Days360 dan masih banyak lagi yang memiliki peran dan fungsinya masih-masing.

Walaupun beberapa fungsi tersebut memiliki kemampuan yang hampir sama namun tentunya terdapat perbedaan yang menjadikan masing-masing fungsi tersebut unik. Sehingga kita harus pandai dalam memilih akan menggunakan fungsi yang mana untuk menyelesaikan masalah yang kita hadapi dalam mengolah data tanggal pada excel.

Baca Juga: 

Fungsi Month Excel tentu saja memiliki fungsi / kegunaan yang khusus terhadap pengolahan data tanggal. Yuuk kita bahas lebih lanjut lagi tentang fungsi yang satu ini, jadi tetap simak tulisan admin sampai akhir.

PENGERTIAN FUNGSI MOUNT PADA EXCEL

Fungsi Month Excel Adalah fungsi excel yang digunakan untuk meng-ekstrak nomor seri bulan dengan angka 1 (Januari) sampai angka 12 (Desember) dalam suatu penanggalan dengan format yang di akui oleh excel.

Kegiatan Mengekstrak nomor seri bulan dalam suatu tanggal pada excel, juga tidak jarang terjadi dalam mengolah data tanggal untuk mendapatkan hasil output yang kita inginkan.

Oleh karena itu, fungsi month excel sekiranya penting untuk dipelajari mengingat kegunaan dari fungsi ini yang cukup memuaskan, menurut admin.

Namun dalam prakteknya, tidak jarang fungsi month excel ini disandingkan dengan fungsi date and time lainnya seperti fungsi day dan fungsi year.

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI MONTH PADA EXCEL

Sebelum kita belajar bagaimana menggabungkan antara fungsi month excel dengan fungsi lainnya pada excel. Tentunya kita harus belajar dulu bagaimana cara menggunakan fungsi month tersebut dengan memahami bentuk sintak/rumus fungsi ini.

Bentuk Rumus / Sintak Fungsi Month Excel

=MONTH(serial_number)

Ket:

Serial_number : argument yang berisi tanggal yang ingin kita cari nomor seri bulannya. Tanggal yang dimasukkan bisa diketikkan secara langsung pada rumus atau berdasarkan alamat cell yang berisikan tanggal dengan penulisan yang dibenarkan oleh excel.

Fungsi Month Pada Excel

Baca Juga:

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI MONTH DI EXCEL

Supaya lebih jelas lagi pemahaman kita tentang fungsi mount excel, maka admin telah menyiapkan beberapa contoh yang mudah-mudahan bisa membantu kalian dalam memahami fungsi month excel:

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI MONTH DI EXCEL

Pada gambar diatas, kita bisa melihat betapa mudahnya menggunakan fungsi month excel untuk mendapat nomor seri bulan dengan mengabaikan tanggal dan tahun saat ini. Kita hanya diminta untuk memasukkan alamat cell yang memiliki nilai tanggal yang benar pada argument serial_number dalam rumus month, dan kita sudah mendapatkan nomor seri bulan dari penggalan tertentu.

Selain contoh diatas, kita juga bisa menggabungkan fungsi month dengan fungsi lainnya seperti yang telah kita bahas pada bahasan Fungsi Day Excel.

Jadi admin rasa cukup sekian pembahasan kita pada kesempatan yang mulai ini, semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat memberikan manfaat bagi kehidupan kita dimasa sekarang ataupun dimasa yang akan datang.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel kami lainnya, linknya telah admin siapkan dibawah ini dan kalian hanya tinggal mengklik link tersebut untuk berpindah ke halaman berikutnya yang sesuai dengan judul artikel yang kalian pilih.

Fungsi Tanggal Dan Waktu Lainnya:

Fungsi NOW Dan TODAY Pada Excel : Menampilkan Tanggal Dan Waktu Hari ini.

FUNGSI DATE PADA EXCEL | Mengembalikan Nomor Seri Berurutan Yang Mewakili Tanggal Tertentu

Fungsi HOUR-MINUTE-SECOND Pada Microsoft Excel

Fungsi EDATE Pada Excel : Lengkap Mulai Dari Pengertian Sampai Contoh Penggunaannya

Fungsi EOMONTH Pada Excel : Lengkap Dengan Contoh Penggunaannya

Fungsi NETWORKDAYS Pada Excel : Menghitung Jumlah Hari Kerja Diantara Tanggal Tertentu

Fungsi NETWORKDAYS.INTL Pada Excel : Menghitung Jumlah Hari Kerja Diantara Dua Tanggal Dengan Mempertimbangkan Hari Akhir Pekan.

Fungsi WORKDAYS.INTL Pada Excel : Menghasilkan Nomor Seri Tanggal Jatuh Tempo

Sampai jumpa pada pembahasan berikutnya yang pastinya tidak kalah menarik.

Wassalamualekum wr wb

0 Response to "Fungsi Month Pada Excel : Meng-Ekstrak Nomor Seri Bulan Dari Suatu Tanggal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close