-->

Status Bar Pada Excel : Mulai Dari Pengertian, Bagian-Bagian Status Bar Dan Selengkapnya

Status Bar Pada Excel

Pada halaman ini, kita akan belajar mengenal status bar excel secara lebih detail. Mulai dari pengertian, fungsi status bar, Bagian-Bagian status bar hingga cara mengedit status bar sesuai dengan kebutuhan kita.

Setelah belajar Status Bar Excel ini, diharapkan bahwa kalian sudah bisa memanfaatkan status bar dalam menunjang kegiatan mengolah data pada excel.

PENGERTIAN STATUS BAR PADA EXCEL

Apa Fungsi Status Bar Pada Excel?

Status Bar Excel Adalah sederet tulisan dibagian bawah worksheet (lembar kerja) excel yang melintang secara horizontal dan berisi informasi singkat dan cepat mengenai lembar kerja pada excel.

Dari pengertian status bar tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa Fungsi Status Bar Pada Microsoft Excel adalah untuk memberikan informasi terkait worksheet/lembar kerja yang sedang digunakan.

Status Bar Pada Excel

BAGIAN-BAGIAN PADA STATUS BAR PADA EXCEL

Status bar juga memiliki bagian-bagian yang mesti dipahami oleh pengguna excel, sehingga informasi yang dimunculkan pada Status Bar Excel dapat dipahami dengan baik.

1. Mode Ready, Edit dan Enter.

Ketiga (3) Mode tersebut memiliki arti yang berbeda-beda, yaitu:

  1. Mode Ready artinya Microsoft Excel telah siap untuk digunakan. Mode ini juga merupakan mode default saat pertama kali Microsoft Excel terbuka.
  2. Mode Edit artinya kita sedang melakukan perubahan terhadap isi atau nilai dari pada cell tertentu pada excel. Mode ini akan aktif Ketika kalian meletakkan kursor pada FormulaBar atau dengan mengklik dua kali (double klik) pada cell tertentu yang telah berisi data.
  3. Mode Enter artinya kita diminta untuk memasukkan suatu data pada cell tertentu. Mode ini akan aktif Ketika kalian double klik pada cell kosong atau Ketika kalian sudah selesai menginputkan data pada cell.

Mode Ready, Edit dan Enter.

2. Macro Recorder

Informasi yang satu ini akan muncul pada status bar Ketika kita menggunakan salah satu fitur lanjutan dari Microsoft Excel yang Bernama Marco. Tutorial tentang macro akan kita bahas pada pembahasan excel tingkat lanjut.

Yang jelas, dengan adanya Macro Recorder pada Status Bar Excel yang berada persis disamping Mode ready, kita bisa mendapatkan informasi tentang status recording macro.

Macro Recorder

3. Tombol Setting View

Di bagian sebelah kanan status bar, terdapat tombol setting View yang digunakan untuk mengatur bagaimana sebuah worksheet akan ditampilkan.

Tombol Setting View

Tiga (3) tombol tersebut antara lain:

1. Normal

Fitur ini merupakan tampilan awal setiap lembar kerja excel dibuka.

2. Page Layout

Fitur ini akan membuat tampilan lembar kerja Microsoft Excel akan mirip dengan lembar kerja pada Microsoft Word hanya saja row dan kolomnya masih ada.

Fitur ini juga dapat kita manfaatkan untuk menampilkan lembar kerja excel sebelum di cetak. Sehingga, kita bisa melakukan penyesuaian terhadap tulisan/data pada kertas. Seperti, menyesuaikan Margin (tepi atas, bawah, samping kiri dan kanan kertas) dan lain sebagainya.

3. Page Break Preview 

Fitur ini akan menampilkan batas dari setiap halaman pada lembar kerja excel. Selain itu, setiap halaman memiliki nomor background page 1, page 2 dan sebagainya.

Fitur ini juga dapat kita manfaatkan sebagai pertimbangan dalam menyesuaikan porsi data yang akan dimuat dalam satu lembar kerja excel selain fitur Page Layout sebelumnya.

Ke-tiga (3) fitur diatas dapat kita temukan pula pada Tab menu View pada Ribbon Excel. Perhatikan gambar berikut ini.

Tombol Setting View

4. Zoom-In atau Zoom-Out

Persis disamping setting View, terdapat fitur Zoom-in atau Zoom-out yang dapat kita manfaatkan untuk memperbesar atau memperkecil ukuran/skala dari worksheet excel dengan pilihan yang ada atau secara custom.

Zoom-In atau Zoom-Out

5. Quick Information

Fitur pada Status Bar Excel yang terakhir ini akan memberikan informasi kepada pengguna Microsoft Excel terkait informasi cepat mengenai Range yang terpilih.

Misalnya, dalam suatu range terdapat beberapa Rumus dan Fungsi Excel maka fitur Quick Information pada Status Bar Excel ini akan memberikan informasi terkait rumus dan fungsi yang digunakan serta informasi lainnya.

Perhatikan gambar dibawah ini.

Quick Information

Quick Information ini akan muncul Ketika suatu range atau cell dalam lembar kerja excel dipilih, seperti gambar diatas.

MENGATUR TAMPILAN INFORMASI DARI STATUS BAR EXCEL

Selain informasi default pada status bar seperti yang telah kita bahas diatas, kita juga dapat mengatur informasi apa saja yang ingin kita tampilkan pada status bar dengan cara Klik kanan pada Status bar kemudian akan muncul Customize Status Bar Excel pilih informasi apa saja yang ingin kalian tampilkan.

MENGATUR TAMPILAN INFORMASI DARI STATUS BAR EXCEL

Gambar diatas adalah tampilan Customize Status Bar, tanda centang yang ada disamping kiri menandakan bahwa fitur tersebut statusnya aktif dan siap menampilkan informasi terkait fitur yang telah dipilih pada status bar.

Dan apa bila kalian ingin me-Nonaktifkan salah satu fitur yang aktif maka kalian cukup mengklik fitur bersangkutan sehingga tanda centang disamping kiri fitur tersebut menjadi hilang.

Demikianlah penjelasan dari admin terkait Status Bar Excel. Dan bagi kalian yang tertarik belajar excel lebih dalam lagi maka silahkan kalian klik link dibawah ini. 

Tutorial Excel Dasar Tahap 1

  1. Pengenalan Singkat Dan Sejarah Microsoft Excel Bagi Pemula
  2. Mengenal Tampilan Dan Lembar Kerja Dari Microsoft Excel
  3. Pengenalan Ribbon Pada Microsoft Excel : Pengertian, Macam-Macam Tab Ribbon Dan Fungsinya
  4. Quick Access Toolbar Excel : Lengkap Dengan Gambar Penjelasannya.
  5. Formula Bar Excel : Lengkap, Mulai Definisi Dan Sebagainya.
  6. Status Bar Excel : Mulai Dari Pengertian, Bagian-Bagian Status Bar Dan Selengkapnya.
  7. Bekerja Dengan Menggunakan Worksheet Di Excel
  8. Menyisipkan, Mendelete, Mengatur Tinggi Dan Lebar Cell Pada Excel
  9. Membuat Dan Memformat Tabel Pada Excel

Tutorial Microsoft Excel << Klik disini untuk belajar lebih banyak lagi tentang Microsoft Office Excel.

Semoga apa yang telah kita pelajari hari ini bisa memberikan manfaat bagi kehidupan kita dimasa yang akan datang.

Terimakasih telah berkunjung ke blog Kita Ngoding.

Wassalamualekum wr wb.

0 Response to "Status Bar Pada Excel : Mulai Dari Pengertian, Bagian-Bagian Status Bar Dan Selengkapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close