-->

Cara Print Di Excel Sesuai Dengan Ukuran Kertas

Cara Print Di Excel.- Pada halaman ini kita akan belajar tetang bagaimana Tata Cara Print Di Excel agar terlihat lebih Profesional. 

Adapun pembahasan kita pada halaman ini terkait dengan Cara Print Di Excel adalah sebagai berikut:

  1. Cara Print Di Excel Sekaligus Mengenal Fitur-Fitur Yang Ada Pada Jendela Pengaturan Print.
  2. Cara Print Di Excel Sesuai Dengan Ukuran Kertas.
  3. Cara Print Di Excel 2 Halaman Dalam 1 Kertas.
  4. Cara Print Title Di Excel

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa, Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolah data berupa angka yang paling populer saat ini.

Dengan kemampuan mengolah data yang begitu cepat dan akurat serta cukup mudah dipahami oleh pemula sekalipun, membuat aplikasi yang satu ini semakin banyak digunakan oleh khalayak umum.

Selain dituntut untuk mahir dalam mengolah data, pengguna excel juga tentu harus mampu memberikan output atau hasil cetakan yang baik, sesuai dengan kebutuhan perusahaan, sekolah dan lainnya.

Sehingga informasi dapat tersampaikan dengan baik kepada siapapun yang membutuhkan hasil dari pengolahan data yang telah kita lakukan.

Untuk itulah, penting bagi pengguna Microsoft Excel yang masih pemula untuk belajar bagaimana Mencetak Dokumen Pada Excel. Mengingat Cara Print Di Excel sedikit lebih rumit dibandingkan dengan Microsoft Word.

Pada halaman ini kita akan membahas tentang Cara Print Di Excel mulai dari yang paling umum hingga lebih teknis atau lebih detail.

CARA PRINT DI EXCEL

CARA PRINT DI EXCEL

Pada dasarnya, Cara Print Di Excel sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mencetak file dokumen pada Microsoft Word.

Adapun Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Buatlah atau Siapkan document yang ingin dicetak.
  2. Klik Tab Menu File – Pilih Print. Atau bisa juga dengan menekan tombol CTRL + P Pada keyboard. Maka akan muncul halaman Pengaturan Print.
  3. Klik Tombol Print pada halaman pengaturan Atau Tekan Tombol Enter pada keyboard untuk memulai proses percetakan.
  4. Selesai.

CARA PRINT DI EXCEL

No.1 Print Merupakan tombol untuk langsung mencetak dokumen.

No.2 Copies Merupakan pengatur jumlah dokumen yang akan disalin dan dicetak.

No.3 Printer Digunakan untuk menampilkan dan memilih printer yang akan digunakan. Dan klik Printer Properties untuk menampilkan Setting Printer lebih lengkap.

No.4 Pengaturan percetakan

  • Print Active Sheets mencetak dokumen hanya pada sheet yang aktif .
  • Print Entire Workbook mencetak semua dokumen pada setiap sheet.
  • Print Selection mencetak data yang telah diseleksi/diblog pada sheet. Jadi aksi ini akan mencetak Sebagian range saja.

No.5 Pages Digunakan untuk memilih halaman yang ingin dicetak dan kotak isian to digunakan untuk memilih akhir dari halaman yang ingin dicetak. Misalnya, Pages = 5 dan to = 11 artinya kita akan mencetak halaman ke-5 sampai halaman ke-11 dari dokumen.

No.6 Mengatur urutan percetakan, fitur ini akan berasa perbedaanya Ketika kamu mencetak lebih dari satu halaman dengan lebih dari satu Copies.

  • Collated : Digunakan untuk mencetak halaman secara berurutan dan mengulangi hal sama sebanyak jumlah Copies. Misalnya nilai Copies = 2, maka excel mencetak halaman 1,2,3 dan seterusnya dan setelah mencetak halaman terakhir, lalu excel akan mengulangi mencetak halaman 1,2,3 dan seterusnya.
  • Uncollated : Digunakan untuk mencetak halaman dengan urutan halaman pertama dicetak sebanyak jumlah Copies kemudian halaman kedua dicetak sebanyak jumlah Copies dan begitu pula untuk halaman selanjutnya.

No.7 Pengaturan Orientasi halaman seperti Potrait atau Landscape. Nah, bagi kamu yang sedang mencari Cara Print Landscape Di Excel, Pengaturan Orientasi ini jangan sampai dilewatkan.

No.8 Pengatur Ukuran kertas yang digunakan.

No.9 Pengatur Margin atau batas tepi pada kertas yang digunakan.

No.10 Pengaturan Skala Percetakan.

  • No Scalling : Skala default dari Microsoft Excel untuk mencetak halaman sesuai dengan ukuran asli dokumen terhadap kertas yang dipilih sebelumnya.
  • Fit Sheet on One Page : Digunakan untuk mencetak semua data dalam satu sheet menjadi satu halaman saja.
  • Fit All Column on One Page : Mencetak semua Kolom yang berisi data dalam satu sheet.
  • Fit All Row on One Page : Mencetak semua Baris yang berisi data dalam satu sheet.

No.11 Print Preview : Menampilkan gambaran hasil cetakan sebelum file dokumen excel benar-benar dicetak.

No.12 Berisi Informasi jumlah halaman yang akan dicetak dan dari fitur ini juga kamu bisa menampilkan halaman sesuai dengan nomor halaman yang kamu masukkan. Atau dengan mengklik tombol Next Page dan Previous Page untuk berpindah halaman.

No.13 Show Margins : Untuk menampilkan Batas Tepi Kertas (Margin) dan kamu bisa mengatur batas tepi kertas dengan menggeser garis-garis yang muncul saat Tombol Show Margins ini di klik.

No.14 Zoom to Page : Untuk memperbesar dan memperkecil tampilan Print Preview.

Jadi itulah tata Cara Print Di Excel secara sederhana serta fitur-fitur yang perlu diperhatikan dalam melakukan print di excel.

Dalam prakteknya tidak jarang pengguna excel mengalami beberapa masalah saat melakukan print di excel atau hasil print tidak sesuai dengan kebutuhan.

Seperti, hasil print excel yang terpotong, terlalu kecil, tidak sesuai dengan ukuran kertas dan masih banyak lagi contoh kesalahan lainnya.

Oleh karena itu, admin akan coba merangkum beberapa kesalahan dan harapan pengguna excel dalam mencetak file dokumen.

CARA PRINT DI EXCEL SESUAI DENGAN UKURAN KERTAS

Masalah pertama yang biasa ditemui oleh para pemula saat mencetak file dokumen menggunakan aplikasi Microsoft Excel adalah hasil print yang terpotong.

Berikut ini adalah beberapa Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi Hasil Cetakan Pada Excel Yang Terpotong.

1. Sesuaikan Ukuran Kertas

Pastikan Ukuran Kertas yang kamu gunakan sesuai, antara ukuran kertas pada aplikasi Microsoft Excel dengan ukuran kertas yang terpasang pada Printer.

Beberapa cara mengatur ukuran kertas pada aplikasi excel yaitu:

Pada Tab Menu Page Layout – Pilih Size – Pilih Ukuran kertas yang akan kamu gunakan.

Sesuaikan Ukuran Kertas

Apabila diantara pilihan ukuran kertas yang ada, kamu tidak menemukan ukuran kertas yang kamu harapkan maka klik pilihan More Paper Size di bagian bawah pilihan kertas, kemudian pada bagian Paper Size dari jendela dialog box yang muncul pilih ukuran kertas yang ingin kamu gunakan.

Selain dari Tab Menu Page Layout, mengatur ukuran kertas pada excel juga bisa dilakukan pada Jendela Pengaturan Print saat akan mencetak file dokumen.

Lebih jelasnya, perhatikan gambar dibawah ini.

Sesuaikan Ukuran Kertas

Jadi itulah beberapa cara mengatur ukuran kertas pada aplikasi Microsoft Excel agar hasil cetakan kamu menjadi lebih baik.

2. Mengatur Margin

Setelah mengatur ukuran kertas, kamu juga bisa Mengatur Margin (batas tepi kertas) yang akan digunakan untuk Mencetak File Dokumen Excel kamu.

Berikut ini adalah Langkah-langkah dalam mengatur margin pada excel:

  1. Pilih Tab Menu Page Layout.
  2. Pilih Margins pada Ribbon Excel.
  3. Pilih salah satu jenis margin yang ada. Seperti Last Costum Settings, Normal, Wide, Narrow dan apa bila kamu ingin mengatur sendiri batas tepi kertas sesuai kehendak kamu maka Pilih Costum Margins..

Mengatur Margin

Mengatur margin kertas juga bisa dilakukan dari jendela pengaturan print, tepatnya persis dibawah pengaturan kertas yang telah kita bahas diatas.

Jadi kamu dapat memilih akan mengatur ukuran kertas dan margin sesuai dengan keinginan kamu. Admin sendiri lebih sering mengatur ukuran kertas dan margin melalui Tab Menu Page Layout, karena lebih mudah menyesuaikan antara tulisan dengan ukuran kertas dan margin.

3. Mengatur Orientation

Hasil cetakan yang terpotong, mungkin juga disebabkan karena struktur data / tulisan yang akan kamu print memanjang ke kesamping. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut kamu perlu mengubah Orientasi kertasnya Menjadi Mendatar (Landscape) atau Berdiri (Portrait).

Untuk mengubah Orientasi kertas, Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih Tab Menu Page Layout,
  2. Pilih Orientation pada Ribbon,
  3. Kemudian Pilih Jenis Orientasi Portrait atau Landscape.

Mengatur Orientation

Secara default, jenis orientasi kertas pada excel adalah Portrait yang artinya data / tulisan yang ada pada lembar kerja excel akan diprint memanjang ke bawah. Sementara untuk jenis Landscape data / tulisan akan diprint memanjang ke samping.

4. Menggunakan Print Area

Cara Print Tabel di Excel Agar Tidak Terpotong selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan fitur Print Area pada excel.

Secara default, tabel data / tulisan yang ada pada lembar kerja excel akan dicetak sesuai dengan ukuran kertas yang tersetting sebelumnya. Dan apabila Panjang table data melebihi ukuran kertas maka secara otomatis tabel data pada lembar kerja excel akan dicetak secara terpisah / terpotong.

Akan tetapi Kita bisa mencetak semua kolom dan baris dalam tabel dalam satu kertas yang telah disetting, dengan memanfaatkan print area ini.

Adapun tatacara menggunakan Fitur Print Area ini adalah :

  1. Block semua baris dan kolom yang ingin diprint.
  2. Pilih Tab Menu Page Layout.
  3. Pilih Print Area.
  4. Pilih Set Print Area. Aksi ini akan mengabaikan pengaturan skala pada jendela pengaturan print yang telah kita bahas sebelumnya. Pilih Clear Print Area untuk menghilangkan efek Set Print Area tersebut.
  5. Kemudian cetak file dokumen seperti biasa, yaitu melalui Tab Menu File – Pilih Print – Pilih Tombol Print Pada Jendela Pengaturan Print untuk memulai proses percetakan. Atau dengan menekan tombol CTRL + P pada keyboard.

Menggunakan Print Area

Untuk mengetahui perbedaan antara lembar kerja yang telah di Set Print Area dengan yang belum, maka perhatikan gambar dibawah ini.

Gambar Preview tabel sebelum di Set Print Area.

Gambar Preview tabel sebelum di Set Print Area.

Gambar Preview tabel Setelah di Set Print Area.

Gambar Preview tabel Setelah di Set Print Area.

5. Mengatur Page Break

Untuk Cara Print Tabel di Excel Agar Tidak Terpotong selanjutnya adalah dengan cara mengatur Page Break Preview.

Admin sangat menyarakan kamu untuk menggunakan Page Break Preview ini untuk mengatasi hasil print yang terpotong. Itu karena, penggunaan serta pengaturan fitur yang satu ini sangatlah mudah, cepat dan gambaran hasil yang jelas.

Untuk mengaktifkan fitur Page Break Preview ini, kamu cukup pergi ke Tab Menu View – Pada Group Workbook Views – Pilih Page Break Preview. Maka kamu akan mendapati ada garis putus-putus berwarna bir pada lembar kerja excel kamu, seperti gambar dibawah ini.

Mengatur Page Break

Garis putus-putus tersebut merupakan tanda bahwa Page Break Preview telah aktif, dan sekaligus menandakan batas yang akan dicetak kedalam satu halaman kertas.

Jadi apabila garis putus-putus tersebut berada ditengah tabel data maka bisa dipastikan tabel data itu akan diprint secara terpisah alias terpotong.

Namun kita bisa mengatur / menggeser garis putus-putus itu sesuai dengan kehendak kita. Caranya adalah sebagai berikut:

Arahkan kursor ke Garis Putus-Putus tersebut sampai kursor berubah menjadi tanda Panah Kiri dan Kanan ().

Setelah itu, klik kiri pada mouse dan tahan serta geser garis putus-putus tersebut kearah yang yang kamu harapkan.

Lepas klik kiri pada mouse.

Selesai.

Maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

Mengatur Page Break

6. Mengatur Print Scaling

Mengatur skala percetakan juga dapat membantu kamu yang sedang mencari Cara Print Tabel Di Excel Agar Tidak Terpotong. Karena dengan fitur yang satu ini kamu bahkan dapat Mencetak 2 Halaman Dalam 1 Kertas sekaligus.

Ada 2 cara dalam mengatur skala pencetakan, yaitu melalui Jendela Pengaturan Print yang telah kita bahas dipaling atas dan melalui Tab Menu Page Layout.

Dan yang akan admin bahas dibawah ini adalah cara mengatur skala dari tab menu Page Layout,  Adapun tata caranya adalah sebagai berikut ini:

Pada Group Scale to Fit yang ada di Tab Menu Page Layout, terdapat beberapa Pilihan seperti Widht (untuk mengatur lebar dari kolom yang akan dijadikan 1 halaman), Height (untuk mengatur tinggi dari baris yang akan dijadikan 1 halaman), dan yang terakhir Scale untuk mengatur skala percetakan.

Apabila data yang akan kamu cetak melebar kesamping maka kamu bisa menyeting pilihan Widht menjadi 2 Pages dan Height Automatic atau sama-sama 2 Pages.

Dan apabila data yang akan kamu cetak memanjang kebawah maka kamu bisa menyeting pilihan Widht menjadi Automatic dan Height menjadi 2 pages atau sesuai dengan kebutuhan.

Mengatur Print Scaling

Adapun untuk pengaturan Scale akan mengatur Width dan Height secara otomatis, tergantung rasio yang kita gunakan. Semakin kecil rasio / persen yang kita gunakan maka akan semakin banyak halaman yang dapat diprint dalam satu halaman.

Memainkan Skala ini, juga dapat membantu kamu yang sedang mancari materi tentang Cara Mengecilkan Ukuran Print Di Excel untuk mencetak dokumen yang banyak sekaligus dalam satu kertas.

CARA PRINT 2 HALAMAN 1 KERTAS DI EXCEL

Masalah yang juga sering dialami oleh pengguna excel pemula adalah Ketika mereka akan mencetak 2 halaman sekaligus dalam 1 kertas dengan tujuan tertentu.

Untuk menyelesaikan masalah tersebut, tentu kamu harus mengatur ukuran kertas, margins, Dan Mengatur Page Break serta mempertimbangkan penggunaan Skala Pencetakan, semuanya telah kita bahas diatas.

CARA PRINT TITLE DI EXCEL

Dalam kasus tertentu, tidak jarang kita dituntut untuk mencetak suatu tabel data dengan judul tabel tercetak disetiap halaman. Hal ini sering terjadi Ketika data pada tabel yang kita punya sangatlah banyak dan Panjang.

Untuk itu, perlu kiranya  mencetak Title/Judul yang terletak dibagian atas suatu tabel data, tujuannya tentu untuk membuat informasi tabel yang kita cetak lebih mudah dipahami oleh setiap orang.

Terdapat fitur khusus untuk mencetak Title/Judul tersebut disetiap halaman, fitur itu adalah Print Titles yang ada pada Group Page Setup di Tab Menu Page Layout.

Berikut ini adalah tata Cara Print Di Excel Agar Judul Berulang :

  1. Siapkan tabel data yang akan di cetak.
  2. Pilih Tab Menu Page Layout.
  3. Pada Group Page Setup Pilih Print Titles. Setelah itu akan muncul jendela Dialog Box Page Setup dan secara otomatis Tab Sheet terpilih.
  4. Pada bagian Rows to Repeat at top yang ada di Group Print Titles, Klik Tanda Panah Atas yang persis dipinggir kotak isian Rows to repeat at top. Aksi ini akan membuat jendela Page Setup akan ter-minimize dan hanya akan menampilkan kotak isian dari Rows to repeat at top tersebut.
  5. Klik kotak isian Rows to repeat at top, Kemudian Pilih Semua title/judul tabel yang akan dicetak pada setiap halaman dengan cara di Block.
  6. Setelah itu, klik Tanda Panah Kebawah yang persis disamping kotak isian Rows to repeat at top untuk Kembali ke Jendela Page Setup.
  7. Dan klik tombol Print Preview beralih ke Jendela Pengaturan Print untuk melihat hasilnya. Dan kamu bisa langsung mencetak tabel data tersebut dari jendela Pengaturan Print.
  8. Atau apabila kamu ingin menunda mencetak tabel tersebut maka klik OK pada Jendela Dialog Box Page Setup.
  9. Selesai.

CARA PRINT TITLE DI EXCEL

CARA PRINT TITLE DI EXCEL

Itulah beberapa permasalahan yang sering dialami oleh pengguna Microsoft Excel Pemula saat mencetak file document.

Semoga dengan memahami setiap fitur pada excel yang telah kita bahas diatas, dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana Cara Print Di Excel. Supaya hasil cetakan yang kamu lakukan menjadi lebih baik dan sesuai dengan harapan.

Sampai disini dulu pembahasan kita pada kesempatan yang baik ini, semoga semua yang membaca tulisan admin ini mendapatkan pembelajaran baru ataupun sebagai pengingat semata tentang tata Cara Print Di Excel.

Jangan lupa untuk mengunjungi tulisan admin lainnya, linknya telah admin siapkan dibawah ini.

Tutorial Microsoft Excel Dasar Tahap 2

  1. Tata Cara Cut Copy Paste Di Excel
  2. 7 Jenis Tipe Data Dalam Microsoft Excel
  3. Cara Input Data Excel : Untuk Pemula Sampai Tingkat Lanjut
  4. Membuat Form Isian Di Excel
  5. Cara Print Di Excel Sesuai Dengan Ukuran Kertas
  6. 4 Cara Membuat Header Dan Footer Di Excel : Menambahkan Preset, Custom Dan Lain Sebagainya

Tutorial Microsoft Excel << Klik disini untuk belajar lebih banyak lagi tentang Microsoft Office Excel.

Sampai jumpa pada tulisan admin lainnya yang tidak kalah menarik dan bermanfaat.

Wassamualaekum wr wb.

0 Response to "Cara Print Di Excel Sesuai Dengan Ukuran Kertas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close