-->

FUNGSI ROW DAN ROWS Pada Microsoft Excel Lengkap Dengan Contohnya

 Fungsi Row dan Rows.- Pada halaman ini kita akan belajar cara menggunakan Fungsi Row dan Rows Dalam Excel, Perbedaan antara fungsi row dan rows di excel  dan tentu saja berupa contoh fungsi row dan rows dalam excel.

Fungsi excel yang satu ini memang jarang digunakan secara sendirian, biasanya fungsi row digunakan untuk sebagai pelengkap dari sebuah rumus excel, terutama untuk fungsi pencarian dan referensi pada excel yang membutuhkan argument nomor baris dari sebuah cell, seperti Fungsi INDEX dan mungkin masih banyak lagi yang lainnya.

Fungsi Row dan Rows Pada Excel

Sebelum kita membahas perbedaan antara fungsi Row dan Rows, alangkah baiknya jika kita sama-sama mengetahui terlebih dahulu tentang masing-masing fungsi tersebut, Simak penjelasan admin berikut ini.

Baca Juga : FUNSI COLUMN DAN COLUMNS Pada Excel

FUNGSI ROW PADA EXCEL

Fungsi Row Adalah salah satu fungsi pada Microsoft excel, fungsi ini digunakan untuk mendapatkan posisi baris sebuah cell.

Kita ulas sedikit tentang ROW, ROW adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan sebuah baris pada worksheet excel yang ditandai dengan angka 1, 2, 3 dan seterusnya pada sebelah kiri lembar kerja sheet (worksheet). Jadi jika dikatakan cell B6, C6, D6  artinya cell berada pada baris ke-6 pada worksheet walaupun berada pada kolom yang berbeda.

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI ROW PADA EXCEL

Seperti fungsi pada umumnya, fungsi ini memiliki sebuah sintaks atau aturan penggunaan yang harus dipakai untuk memanfaatkan fungsi ini. adapun sintaksnya adalah sebagai berikut:

=ROW([reference])

Penjelasan Sintaks:

=ROW() adalah argument yang menandakan bahwa sintaks tersebut merupakan sintaks fungsi Row.

[reference] adalah argument yang merupakan alamat dari cell yang ingin kita dapatkan atau munculkan posisi barisnya. Jika dikosongkan maka akan mengembalikan nilai dari posisi baris dimana rumus tersebut dituliskan.

Baca Juga : Cara Menulis Formula Di Excel

CONTOH FUNGSI ROW PADA EXCEL

Perhatikan contoh gambar dibawah ini.

CONTOH FUNGSI ROW PADA EXCEL

Rumus =ROW() artinya menampilkan nomor baris dimana rumus tersebut dituliskan. Itu terjadi karena agument reference dari fungsi ROW tidak diisikan alias dikosongkan.

Rumus = ROW() artinya menampilkan nomor baris berdasarkan nilai reference yang diberikan. Pada contoh diatas, nilai reference yang diberikan adalah D4, maka excel akan mengembalikan nilai baris dari cell reference tersebut yaitu angka 4 meskipun rumus tersebut dituliskan pada cell D5.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Memang jika rumus ROW ini berdiri sendiri akan terlihat kurang berguna, namun jika digabungkan dengan rumus yang lain maka terlihat kesaktian dari rumus ini.

CONTOH FUNGSI ROW DENGAN FUNGSI INDEX PADA EXCEL

Perhatikan contoh gambar dibawah ini.

CONTOH FUNGSI ROW DENGAN FUNGSI INDEX PADA EXCEL

Contoh gambar diatas, admin ambil dari pembahasan Fungsi Index yang telah kita pelajari sebelumnya. Dan untuk penjelasan tentang rumus pada gambar telah kita pelajari pada rumus index dan rumus row diatas. Namun, yang perlu diperhatikan adalah rumus row disini memulai menghitung baris berdasarkan rentang array fungsi index bukan dimulai dari awal worksheet.

Jadi dalam rumus =INDEX($B$2:$F$6;ROW(D2);3) ini, ROW(D2) artinya baris ke 2 dari array $B$2:$F$6 dan dari kolom ke 3, maka hasilnya adalah Rp 2.000.000.

Baca Juga : Arti TandaDollar ($) Pada Excel

FUNGSI ROWS PADA EXCEL

Setelah belajar fungsi ROW pada excel sekarang kita belajar Apa itu Fungsi ROWS pada excel? dan Perbedaannya dengan Fungsi ROW yang telah kita pelajari diatas.

Fungsi ROWS adalah salah satu fungsi yang ada pada excel yang digunakan untuk mengatahui jumlah baris sebuah Array atau rentang data.

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI ROWS PADA EXCEL

Berikut ini adalah sintaks dari fungsi ROWS.

=ROWS(array)

Penjelasan sintaks:

Array adalah argument pada fungsi ROWS berupa rentang dari sebuah cell yang ingin diketahui jumlah barisnya. Argument ini bersifat wajib harus diisikan, jika tidak maka excel akan terus meminta kalian untuk mengisinya terlebih dahulu.

CONTOH FUNGSI ROWS PADA EXCEL

Perhatikan contoh penggunaan fungsi rows berikut ini.

CONTOH FUNGSI ROWS PADA EXCEL

Penjelasan rumus pada gambar:

Rumus =ROWS(A2:D5) artinya menampilkan jumlah baris berdasarkan array (rentang data) A2:D5 hasilnya adalah 4, itu karena rentang data terdapat dalam 4 baris.

Rumus =ROWS(A6:A12) artinya menampilkan jumlah baris berdasarkan array A6:A12 cara hitungannya adalah A6, A7, A8, A9, A10, A11, A12. Maka hasilnya adalah 7.

Rumus =ROWS(A1:D1) artinya menampilkan jumlah baris berdasarkan array A1:D1, maka hasilnya adalah 1 karena rentang data hanya terdapat dalam satu baris saja.

PERBEDAAN FUNGSI ROW DAN ROWS DALAM EXCEL

Sebenarnya jika kalian mengikuti penjelasan admin dengan seksama, maka kalian bisa menyimpulkan sendiri perbedaan antara kedua fungsi tersebut.

Secara singkat, menurut admin perbedaan yang paling mencolok adalah Fungsi ROW mengembalikan nomor baris dari satu cell saja, sementara Fungsi ROWS mengembalikan jumlah baris yang terdapat dalam sebuar rentang data atau array.

Sampai disini dulu pembahasan kita mengenai Fungsi Row Dan Rows Pada Excel. Jangan lupa untuk mengunjungi tulisan admin lainnya yang  linknya telah admin siapkan dibawah ini.

Artikel Lainnya:

Fungsi Lookup Di Excel

FUNGSI VLOOKUP PADA EXCEL

FUNGSI HLOOKUP PADA EXCEL DAN CONTOHNYA

FUNGSI INDEX DI EXCEL

FUNGSI MATCH PADA EXCEL

FUNGSI OFFSET DI EXCEL

FUNGSI ADDRESS DI EXCEL

FUNGSI INDIRECT EXCEL

FUNGSI ROW DAN ROWS Pada Microsoft Excel Lengkap Dengan Contohnya

FUNGSI COLUMN DAN COLUMNS Pada Microsoft Excel Lengkap Beserta Contohnya

Silahkan kalian klik link diatas untuk berpindah ke halaman lain sesuai dengan judul yang kalian pilih. Cukup sekian dari admin, Terimakasih banyak karena telah berkunjung dan sampai jumpa lagi pada bahasan berikutnya.


0 Response to "FUNGSI ROW DAN ROWS Pada Microsoft Excel Lengkap Dengan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close