-->

FUNGSI ADDRESS DI EXCEL | Cara Menggunakan Serta Contoh Penggunaannya

Rumus Address Excel.- Pada kesempatan ini kita akan belajar Fungsi Rumus Address Pada Excel, Pengertian Fungsi Address, Cara Menggunakan Fungsi Address Pada Excel serta Contoh Fungsi Addres Pada Excel itu sendiri.

FUNGSI ADDRESS PADA EXCEL

Fungsi Address adalah fungsi excel yang biasa digunakan untuk menampilkan teks referensi atau alamat cell pada excel berdasarkan informasi posisi nomor baris dan kolom yang diberikan.

Karena Fungsi Address hanya mengembalikan teks referesni atau alamat dari sebuah cell maka tidak jarang fungsi address pada excel di pakai untuk mengisi argument teks referensi dari fungsi lain, seperti Fungsi INDIRECT dan masih banyak fungsi lainnya.

FUNGSI ADDRESS PADA EXCEL

Sebelum kita belajar bagaimana menggabungkan fungsi address dengan fungsi lain, tentunya kita harus mengetahui bagaimana menggunakan fungsi tersebut terlebih dahulu, barulah kita akan paham bagaimana menggabungkannya dengan fungsi lain.

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI ADDRESS PADA EXCEL

Perhatikan gambar cara penulisan rumus atau sintaks untuk fungsi address berikut ini:

=ADDRESS(row_num; column_num;[abs_num]; [a1]; [sheet_text])

Penjelasan Sintaks:

Row_num : ini bersifat wajib harus ada, digunakan untuk menentukan nomor baris yang akan digunakan dalam referensi sel. Argument ini berupa nilai numeric atau angka

Column_num : ini bersifat wajib harus ada, digunakan untuk menentukan nomor kolom yang akan digunakan dalam referensi sel. Argument ini berupa nilai numeric atau angka

[abs_num] : ini bersifat opsional, argument ini berupa nilai angka 1,2,3 dan 4 yang digunakan untuk menentukan tipe referensi yang akan dihasilkan, jika dikosongkan maka excel akan menganggap abs_num bernilai 1.

  • Nilai angka 1 – akan menghasilkan alamat cell absolute kolom dan baris, contohnya : $A$1, $B$1, $C$1 dan seterusnya.
  • Nilai angka 2 – akan menghasilkan alamat cell absolute untuk baris saja, contohnya : A$1, B$1, C$1, dan seterusnya.
  • Nilai angka 3 – akan menghasilkan alamat cell absolute untuk kolom saja, contohnya : $A1, $B1, $C1, dan seterusnya.
  • Nilai angka 4 – akan menghasilkan alamat cell relatif untuk kolom dan baris, contohnya : A1, B1, C1, dan seterusnya.

[a1] atau Style Referensi : ini bersifat opsional, agument ini berupa nilai angka 0 atau 1. Selain angka tersebut kita juga bisa memberikan nilai FALSE untuk mewakili angka 0 atau TRUE untuk mewaliki angka 1.

  • Angka 0 / False – untuk gaya penulisan R1C1 (Row 1 Column 1), contohnya: R2C2, R5C6, R3C3 dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Angka 1 / True – untuk gaya penulisan A1 (Alamat Cell seperti yang kita kenal), contohnya: A1, B1, B2, C3, D5 dan sebagainya.

[sheet_text] : ini bersifat opsional, agument ini digunakan untuk menunjukkan nama sheet dari cell dari alamat cell yang akan dihasilkan. Jika argument ini di kosongkan maka alamat yang akan dikembalikan oleh fungsi address merujuk ke cell pada lembar kerja saat ini. argument ini sangat penting jika kita akan menggunakan alamat cell dari sheet yang berbeda (antar Sheet).

Agar lebih jelas, silahkan kalian perhatikan contoh penggunaan dari fungsi address yang telah admin siapkan dibawah ini.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI ADDRESS PADA EXCEL

Perhatikan contoh gambar dibawah ini.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI ADDRESS PADA EXCEL

Penjelasan :

=ADDRESS(3;3;1) artinya kita akan menampilkan alamat cell kolom ke 3 dan baris ke 3 dengan abs_num 1 (bernilai absolute semua).

=ADDRESS(3;3;2) artinya kita akan menampilkan alamat cell kolom ke 3 dan baris ke 3 dengan abs_num 2 (kolom relatif baris absolute).

=ADDRESS(3;3;3) artinya kita akan menampilkan alamat cell kolom ke 3 dan baris ke 3 dengan abs_num 3 (kolom absolute baris relatif).

=ADDRESS(3;3;4) artinya kita akan menampilkan alamat cell kolom ke 3 dan baris ke 3 dengan abs_num 4 (kolom dan baris relatif).

=ADDRESS(3;3;1;0) artinya kita akan menampilkan alamat cell kolom ke 3 dan baris ke 4 dengan abs_num 1, style gaya bernilai 0 (gaya R1C1).

=ADDRESS(3;3;1;1) artinya kita akan menampilkan alamat cell kolom ke 3 dan baris ke 4 dengan abs_num 1, style bernilai 1 (gaya A1).

=ADDRESS(3;3;1;0;"Sheet19") artinya kita akan menampilkan alamat cell kolom ke 3 dan baris ke 4 dengan abs_num 1, style gaya bernilai 0, dengan alamat cell dari sheet19.

=ADDRESS(3;3;1;1;"Sheet19") artinya kita akan menampilkan alamat cell kolom ke 3 dan baris ke 4 dengan abs_num 1, style gaya bernilai 1, dengan alamat cell dari sheet19 juga.

Kira-kira bagaimana? Apakah menurut kalian fungsi address cukup sulit? Silahkan tulis keluh kesah kalian pada kolom komentar yang telah admin siapkan dibawah artikel ini.

Silahkan baca juga artikel kami yang lainnya, linknya telah admin siapkan dibawah ini:

Fungsi Pencarian Lainnya :

Fungsi Lookup Di Excel

FUNGSI VLOOKUP PADA EXCEL

FUNGSI HLOOKUP PADA EXCEL DAN CONTOHNYA

FUNGSI INDEX DI EXCEL

FUNGSI MATCH PADA EXCEL

FUNGSI OFFSET DI EXCEL

FUNGSI ADDRESS DI EXCEL

FUNGSI INDIRECT EXCEL

FUNGSI ROW DAN ROWS Pada Microsoft Excel Lengkap Dengan Contohnya

FUNGSI COLUMN DAN COLUMNS Pada Microsoft Excel Lengkap Beserta Contohnya

FUNGSI CHOOSE DI EXCEL, Cara Menggunakan Serta Contohnya

FUNGSI TRANSPOSE DI EXCEL, Cara Menggunakan Beserta Contohnya

Sampai disini dulu pembahasan kita terkait Fungsi Rumus Address Pada Excel, sampai jumpa lagi pada pembahasan berikutnya. Terimakasih telah berkunjung

 

 

0 Response to "FUNGSI ADDRESS DI EXCEL | Cara Menggunakan Serta Contoh Penggunaannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close