-->

FUNGSI COLUMN DAN COLUMNS Pada Microsoft Excel Lengkap Beserta Contohnya

 Fungsi Column dan Columns.- Pada halaman ini kita akan belajar tentang fungsi column dan fungsi columns pada excel, Perbedaan Fungsi COLUMN dan COLUMNS Pada Excel, Cara menggunakan fungsi COLUMN dan COLUMNS pada excel beserta contoh penggunaannya.

Setelah sebelumnya kita belajar Fungsi ROW dan ROWS pada excel, sekarang kita akan belajar Fungsi COLUMN dan COLUMN pada Excel. Sama seperti Fungsi ROW, Fungsi COLUMN juga tidak terlalu berguna jika berdiri sendiri, akan tetapi jika digabungkan dengan fungsi lain maka akan lain ceritanya. Misalkan jika digabungkan dengan fungsi INDEX yang membutuhkan argument nomor baris dan kolom, maka akan terlihat perbedaannya.

Fungsi Column dan Columns

Baca Juga : Fungsi ROW dan ROWS Pada Excel

FUNGSI COLUMN PADA EXCEL

Fungsi Column adalah salah satu fungsi yang ada pada Microsoft Excel, fungsi ini digunakan untuk mendapatkan posisi kolom dari sebuah cell.

Diatas telah admin jabarkan pengertian dari Fungsi Colomn pada excel, sementara untuk istilah colomn / kolom pada excel adalah sebuah kotak yang melintang secara Vertikal pada lembar kerja exce yang ditandai dengan huruf A, B, C, D dan sebagainya yang berada disebalah atas worksheet. Contohnya cell A1, A2, A3 itu semua berada pada kolom A.

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI COLOMN PADA EXCEL

Berikut ini adalah sintaks dari fungsi column sebagai cara menggunakan fungsi column pada Microsoft excel.

=COLUMN([reference])

Penjelasan sintaks:

=COLUMN () adalah argument yang menandakan bahwa sintaks tersebut menggunakan fungsi COLUMN.

[reference] adalah argument yang merupakan alamat dari cell yang ingin kita dapatkan atau munculkan  posisi colomnya. Jika nilai reference tidak diisikan maka excel akan mengembalikan nilai dari posisi colom dimana rumus tersebut dituliskan. 

CONTOH FUNGSI COLUMN PADA EXCEL

Untuk contoh penggunaan dari fungsi column, silahkan kalian perhatikan gambar dibawah ini.

CONTOH FUNGSI COLUMN PADA EXCEL

Penjelasan rumus pada gambar:

Rumus =COLUMN() artinya menampilkan posisi kolom dimana tempat fungsi column tersebut dituliskan, karena fungsi kolom dituliskan pada kolom C4 maka nilai yang dikembalikan adalah angka 3. Kenapa yang dihasilkan angka 3? Karena urutannya A=1, B=2, C=3 dan seterusnya.

Rumus =COLUMN(C2) artinya menampilkan posisi kolom berdasarkan nilai reference yaitu C2. Karena berada pada kolom C maka nilai yang dikembalikan adalah angka 3.

Rumus =COLUMN(C10) artinya menampilkan posisi kolom berdasarkan nilai reference yaitu C10. Lagi-lagi karena berada pada kolom C maka nilai yang dikembalikan adalah angka 3.

Rumus =COLUMN(E2) artinya menampilkan posisi kolom berdasarkan nilai reference yaitu E2. Karena berada pada kolom E maka sesuai nomor urut, kolom E berada pada kolom ke 5 maka hasilnya adalah angka 5.

Baca Juga : FUNGSI INDEX DI EXCEL

CONTOH FUNGSI COLUMN, ROW DENGAN FUNGSI INDEX PADA EXCEL

Berikut ini admin telah menyiapkan contoh penggabungan dari fungsi column, fungsi row, dan fungsi index pada excel.

CONTOH FUNGSI COLUMN, ROW DENGAN FUNGSI INDEX PADA EXCEL

Admin yakin contoh gambar diatas cukup jelas bukan?, jika masih belum jelas maka silahkan baca lagi artikel mengenai Fungsi ROW dan ROWS sebelumnya.

Baca Juga : Arti TandaDollar ($) Pada Excel

FUNGSI COLUMNS PADA EXCEL

Apa Fungsi Columns?

Fungsi COLUMNS adalah salah satu fungsi pada Microsoft Excel yang digunakan untuk menghitung dan menampilkan jumlah kolom yang berada pada sebuah array atau rentang data.

Berbeda dengan Fungsi COLUMN yang hanya menampilkan posisi kolom satu cell saja, Fungsi COLUMNS menghitung dan menampilkan jumlah dari kolom sebuah rentang data yang diberikan.

CARA MENGGUNAKAN COLUMNS PADA EXCEL

Berikut ini adalah sintaks dari fungsi COLUMNS pada excel.

=COLUMNS(array)

Array adalah argument pada fungsi ROWS berupa rentang dari sebuah cell yang ingin diketahui jumlah kolomnya. Argument ini bersifat wajib harus diisikan, jika tidak diisikan maka excel akan terus meminta kalian untuk mengisinya terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Menulis Formula Di Excel

CONTOH FUNGSI COLUMNS DALAM EXCEL

Perhatikan contoh gambar yang telah admin siapkan dibawah ini.

CONTOH FUNGSI COLUMNS DALAM EXCEL

Penjelasan rumus:

Rumus =COLUMNS(A1:D1) artinya akan menghitung dan menjumlahkan kolom pada range data antara cell A1 sampai cell D1, dan karena terdapat 4 kolom maka excel menampilkan hasilnya yaitu angka 4.

Rumus =COLUMNS(A2:D5) artinya akan menghitung dan menjumlahkan kolom pada range data antara cell A2 sampai cell D5, dan karena terdapat 4 kolom maka excel menampilkan hasil angka 4.

Rumus =COLUMNS(A6:A10) artinya akan menghitung dan menjumlahkan kolom pada range data antara cell A6 sampai cell A10, karena terdapat hanya 1 kolom maka excel mengembalikan hasil yaitu angka 1.

Sampai disini dulu pembahasan kita mengenai fungsi column dan columns pada excel, sampai bertemu lagi pada pembahasan berkutnya.

Jangan lupa untuk mengunjungi tulisan admin lainnya, linknya telah admin siapkan dibawah ini.

Artikel Lainnya :

Fungsi Lookup Di Excel

FUNGSI VLOOKUP PADA EXCEL

FUNGSI HLOOKUP PADA EXCEL DAN CONTOHNYA

FUNGSI INDEX DI EXCEL

FUNGSI MATCH PADA EXCEL

FUNGSI OFFSET DI EXCEL

FUNGSI ADDRESS DI EXCEL

FUNGSI INDIRECT EXCEL

FUNGSI ROW DAN ROWS Pada Microsoft Excel Lengkap Dengan Contohnya

FUNGSI COLUMN DAN COLUMNS Pada Microsoft Excel Lengkap Beserta Contohnya

Terimakasih banyak atas kunjungannya, semoga ilmu yang kalian dapatkan dari blog ini dapat memberikan manfaat bagi kehidupan kalian baik secara pribadi maupun secara bermasyarakat.

Aamiin.

 

0 Response to "FUNGSI COLUMN DAN COLUMNS Pada Microsoft Excel Lengkap Beserta Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close