-->

Fungsi Lookup Di Excel

Fungsi Lookup.- Tulisan pada halaman ini, akan membahas tentang salah satu Formula Excel lagi yaitu Fungsi Lookup, dimana kita akan membahas mulai dari pengertian fungsi lookup,sintaks dari fungsi lookup, cara menggunakan fungsi lookup dan mungkin contoh kasus sehingga kita perlu menggunakn fungsi lookup ini.

KEGUNAAN FUNGSI LOOKUP PADA EXCEL

Fungsi Lookup merupakan salah satu fungsi pencarian dan referensi, fungsi ini digunakan saat kalian harus mencari di dalam satu baris atau satu kolom dan menemukan nilai dari posisi yang sama dalam baris atau kolom kedua.

Misalnya, katakanlah kalian mempunyai sebuah data yang besar kalian ingin mengetahui jumlah harga dari sebuah barang tertentu akan tetapi kalian hanya mengetahui nama barangnya saja. Nah, disinilah kegunaan dari fungsi Lookup itu sendiri, untuk lebih jelasnya simak penjelasan admin berikut ini.

Ada dua cara menggunakan LOOKUP yaitu Formulir Vektor Dan Formulir Array.

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI LOOKUP (VEKTOR)

Fungsi LOOKUP (Vektor) ini digunakan untuk mencari sebuah nilai dalam rentang satu baris atau satu kolom (yang disebut vektor) dan mengembalikan nilai dari posisi yang sama dalam rentang satu baris atau satu kolom kedua.

Sintaks : =LOOKUP(lookup_value, lookup_vector,[result_vector])

Penjelasan sintaks :

  • Lookup_value : nilai yang dicari LOOKUP dalam vector pertama. Lookup_value ini bisa berupa angka, teks, nilai logika, atau nama atau referensi yang merujuk ke sebuah nilai.
  • Lookup_vector : sebuah rentang yang hanya berisi satu baris atau satu kolom. Nilai-nilai di dalam lookup_vector dapat berupa teks, angka, atau nilai logika. Yang perlu di perhatikan adalah nilai-nilai dalam lookup_vector harus ditempatkan dalam urutan naik misalkan dari nomor urut 1 sampai nomor urut 5, jika datanya diurut dari 5 ke nomor urut 1 maka LOOKUP mungkin tidak akan mengembalikan nilai yang tepat atau tidak sesuai dengan yang diperkirakan.
  • Result_vector : ini adalah Opsional artinya dapat di isi atau tidak. Result_vector adalah sebuah rentang yang hanya berisi satu baris atau satu kolom. Argumen result_vector harus berukuran sama dengan lookup_vector. Harus memiliki ukuran yang sama.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI LOOKUP (VECTOR) PADA EXCEL

Untuk contohnya, silahkan kalian perhatikan pada gambar dibawah ini.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI LOOKUP (VECTOR) PADA EXCEL

Penjelasan masing-masing rumus :

=LOOKUP(B12,A3:A8,E3:E8)

Rumus excel diatas mencari nilai Cell A12 pada range vector dalam bentuk 1 kolom A2:A8, kemudian mencari nilai yang sejajar pada range vector dalam kolom E2:E8.

=LOOKUP(B15,A2:E2,A8:E8)

Rumus Lookup Excel diatas, mencari nilai pada Cell A13 dalam bentuk 1 baris A2:E2 dan akan mengembalikan nilai yang sejajar pada range vector dalam baris A8:E8.

=LOOKUP(B18,A3:A8)

Untuk rumus Lookup excel diatas, argumen result_vector dikosongkan sehingga fungsi lookup hanya akan menghasilkan nilai pencarian itu sendiri yang terdapat di range vector A3:A8.

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI LOOKUP (Array)

Fungsi LOOKUP (Array) ini digunakan untuk mencari nilai tertentu di baris atau kolom pertama dan mengembalikan nilai posisi yang sama di baris atau kolom terakhir dari array tersebut.

Sintaks

=LOOKUP(lookup_value, array)

Penjelasan Sintaks :

Lookup_value : nilai yang dicari lookup dalam sebuah array. Argument lookup_value bisa berupa angka, teks, nilai logika, atau nama atau referensi yang merujuk ke sebuah nilai.

Array : sebuah rentang cell yang berisi teks, angka, atau nilai logika yang ingin anda bandingkan dengan lookup_value.

Fungsi LOOKUP (Array) ini sangat mirip dengan fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP. Perbedaannya yaitu HLOOKUP mencari nilai lookup_value dalam baris pertama, sedangkan VLOOKUP mencari dalam kolom pertama, sementara LOOKUP mencari sesuai dengan dimensi array. Untuk Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP akan kita bahas pada pertemuan selanjutnya.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI LOOKUP (Array) PADA EXCEL

Untuk lebih jelasnya mengenai tata cara penggunaan fungsi lookup (array) di excel, silahkan kalian lihat contoh dibawah ini.

Contoh 1.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI LOOKUP (Array) PADA EXCEL

Dari gambar diatas, kita akan menampilkan SKOR dari nilai rata-rata yang telah di hitung, dengen ketentuan :

Jika nilai rata-rata sama dengan 60 ke atas maka SKOR yang diperoleh E.

Jika nilai rata-rata sama dengan 70 ke atas maka SKOR yang diperoleh D.

Jika nilai rata-rata sama dengan 80 ke atas maka SKOR yang diperoleh C.

Jika nilai rata-rata sama dengan 90 ke atas maka SKOR yang diperoleh B.

Jika nilai rata-rata sama dengan 100 ke atas maka SKOR yang diperoleh A.

Contoh 2.

Pada contoh yang kedua ini, kita masih akan menggunakan data sebelumnya. Hanya saja kita akan mengambil nilai SKOR dari Tabel yang lain. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan gambar dibawah ini.

Dari gambar diatas, terdapat dua tabel. Tabel 1 adalah tabel nilai siswa dan Tabel 2 adalah tabel skor dari nilai yang ditentukan. Rumus yang admin gunakan yaitu =LOOKUP(H2,$L$2:$M$6) yang artinya kita akan mengambil nilai H2 pada tabel 1 dan mengembalikan nilai SKOR berdasarkan nilai pada tabel 2. Tanda Dollar “$” digunakan untuk supaya nilainya tidak berubah ketika di geser.

Catatan : tanda koma "( , )" sebagai pemisah antara lookup_value dengan array. tanda koma ini berlaku untuk setinggan Regional Indonesia, jika di excel kalian menggunakan setingan regional England maka gunakan tanda titik koma "( ; )" sebagai pemisah.

Supaya tidak terlalu panjang, kita cukupkan sampai disini dulu untuk pembahasan kita pada kesempatan ini. dan jangan lupa kalian praktekkan sendiri tentang apa yang telah kita sama-sama pelajari diatas supaya kalian lebih mahir lagi dan lebih paham penggunaan dari Fungsi LOOKUP.

Untuk menambah wawasan kalian atau sekedar ingin mengingat kembali tentang materi yang telah kalian pelajari disekolah tentang Microsoft Excel. Silahkan kalian kunjungi link dibawah ini.

Fungsi Pencarian Lainnya :

Fungsi Lookup Di Excel

FUNGSI VLOOKUP PADA EXCEL

FUNGSI HLOOKUP PADA EXCEL DAN CONTOHNYA

FUNGSI INDEX DI EXCEL

FUNGSI MATCH PADA EXCEL

FUNGSI OFFSET DI EXCEL

FUNGSI ADDRESS DI EXCEL

FUNGSI INDIRECT EXCEL

FUNGSI ROW DAN ROWS Pada Microsoft Excel Lengkap Dengan Contohnya

FUNGSI COLUMN DAN COLUMNS Pada Microsoft Excel Lengkap Beserta Contohnya

FUNGSI CHOOSE DI EXCEL, Cara Menggunakan Serta Contohnya

FUNGSI TRANSPOSE DI EXCEL, Cara Menggunakan Beserta Contohnya

Sampai jumpa pada pertemuan berikutnya, sehat selalu…

Wassalamualekum wr wb.

 

 

 

 

 

0 Response to "Fungsi Lookup Di Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close