-->

FUNGSI TRANSPOSE DI EXCEL, Cara Menggunakan Beserta Contohnya

 Fungsi Transpose Excel.- Hari ini kita akan belajar lagi tetang salah satu fungsi yang ada pada excel yaitu Fungsi Transpose Di Excel. Disini kita akan belajar mengenai fungsi tersebut mulai dari:

  1. Pengertian Fungsi Transpose Pada Excel
  2. Tata Cara Menggunakan Fungsi Transpose Excel
  3. Contoh Penggunaan Fungsi Transpose Excel 
  4. Dan beberapa contoh lain dalam menggunakan Fungsi Transpose Excel ini.

Fungsi Transpose Excel.-

FUNGSI TRANSPOSE PADA MICROSOFT EXCEL

Fungsi Transpose Excel adalah fungsi/rumus excel yang digunakan untuk mengubah cell atau range data yang tadinya horizontal menjadi vertical ataupun sebaliknya dari range data vertical menjadi horizontal.

Fungsi ini sangat bermanfaat ketika kalian ingin mengubah sebuah range data yang tadinya dalam satu baris kemudian diubah menjadi satu kolom. Berdasarkan pengalaman admin, Hal semacam ini terkadang cukup sering kita butuhkan dalam mengelola data tergantung keinginan dari atasan kita, atau hanya untuk menyesuaikan bentuk yang menurut kita lebih baik.

Nah, sekarang bagaimana kita memulai menggunakan fungsi transpose pada excel ini? berikut ini admin telah menyiapkan tata cara menggunakan fungsi ini.

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI TRANSPOSE DI EXCEL

Layaknya fungsi pada umumnya, Fungsi TRANSPOSE Pada Excel juga memiliki sebuah sintaks yang digunakan. 

Berikut ini adalah sintaks Fungsi TRANSPOSE Excel :

=TRANSPOSE(array)

Penjelasan sintaks:

Array adalah argument yang merupakan sebuah rentang data yang akan ubah datanya dari bentuk horizontal ke vertical ataupun sebaliknya dari bentuk vertical ke bentuk horizontal.

Catatan :

Sebelum menulis sintaks, pastikan kalian telah menyeleksi cell atau range data terlebih dahulu. Cell yang diseleksi susai dengan panjang dari range data yang akan dikonversi atau diubah.

Setelah kita selesai menulis Fungsi TRANSPOSE Excel ini maka kita harus mengakhirinya dengan menekan tombol CTRL + SHIFT + ENTER (tombol CSE) secara bersamaan. Fungsi Transpose Pada Excel ini tidak akan berjalan jika kita hanya menekan tombol ENTER saja.

Setelah data berhasil diubah, data-data tersebut tidak bisa dihapus secara satu persatu. Jika kalian ingin menghapus data tersebut maka kalian harus menyeleksi range data yang telah diubah tadi kemudian tekan tombol Delete pada keyboard.

Jika kalian ingin mengubah atau mengupdate isi dari data tersebut, kalian harus melakukan seleksi terhadap data yang sudah diubah kemudian lakukan perubahan yang kalian kehendaki.

Sekarang kita beranjak ke contoh dari penggunaan Fungsi Transpose Pada Excel agar supaya kalian lebih memahami tentang fungsi ini.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI TRANSPOSE PADA EXCEL

Berikut ini adalah langkah-langkah sekaligus contoh penggunaan Fungsi Transpose Excel:

Pertama : Silahkan kalian buat range data yang akan dikonversi seperti gambar dibawah.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI TRANSPOSE PADA EXCEL

Kedua : Seleksi beberapa cell untuk menampung data yang akan diubah tersebut, kemudian alihkan kursor ke Formula Bar. Pada Formula Bar silahkan kalian ketikkan rumus Fungsi Transpose Excel seperti gambar dibawah.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI TRANSPOSE PADA EXCEL

Ketiga : Setelah kalian selesai mengetikkan rumus pada Formula Bar, maka silahkan kalian tekan tombol CTRL + SHIFT + ENTER (tombol CSE).

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI TRANSPOSE PADA EXCEL

Gambar diatas adalah hasil konversi yang terjadi dengan menggunakan Fungsi Transpose Pada Excel. Bisa kalian lihat pada Formula Bar, setelah kalian menekan tombol CSE akan muncul tanda kurung kurawal {..} bukan? Itu tanda bahwa rumus transpose yang benar.

Keempat : Selesai.

Selain range data yang hanya satu baris seperti contoh diatas, kita juga bisa mengubah data yang lebih dari satu baris seperti contoh gambar dibawah ini.

MENGUBAH TABLE HORIZONTAL MENJADI VERTIKAL PADA EXCEL

MENGUBAH TABLE HORIZONTAL MENJADI VERTIKAL PADA EXCEL

Untuk melakukannya yaitu tidak jauh berbeda dengan cara penggunaan fungsi Transpose yang telah kita pelajari diatas, hanya saja disini menggunakan range data yang lebih banyak.

MENGUBAH TABLE VERTIKAL MENJADI HORIZONTAL PADA EXCEL

MENGUBAH TABLE VERTIKAL MENJADI HORIZONTAL PADA EXCEL

Sangat mudah bukan? Admin yakin kalian sudah pasti paham cara menggunakan Fungsi Transpose Di Excel dan bagaimana menginplementasikannya dikehidupan sehari-hari kalian.

Fungsi Transpose Pada Excel ini merupakan fungsi terakhir dari kategori pencarian dan referensi yang kita bahas pada blog Kita Ngoding. Bagi kalian yang ingin mengetahui fungsi apa saja yang merupakan fungsi pencarian dan referensi, maka berikut ini admin telah menyiapkan daftarnya yang bahkan berupa link yang dapat kalian klik untuk berpindah ke halaman lain sesuai dengan judul yang kalian pilih.

Fungsi Pencarian Lainnya:

Fungsi Lookup Di Excel

FUNGSI VLOOKUP PADA EXCEL

FUNGSI HLOOKUP PADA EXCEL DAN CONTOHNYA

FUNGSI INDEX DI EXCEL

FUNGSI MATCH PADA EXCEL

FUNGSI OFFSET DI EXCEL

FUNGSI ADDRESS DI EXCEL

FUNGSI INDIRECT EXCEL

FUNGSI ROW DAN ROWS Pada Microsoft Excel Lengkap Dengan Contohnya

FUNGSI COLUMN DAN COLUMNS Pada Microsoft Excel Lengkap Beserta Contohnya

FUNGSI CHOOSE DI EXCEL, Cara Menggunakan Serta Contohnya

FUNGSI TRANSPOSE DI EXCEL, Cara Menggunakan Beserta Contohnya

Semoga fungsi pencarian dan referensi diatas dapat memberikan manfaat bagi kehidupan kalian, terutama bagi kalian yang bekerja sebagai praktisi data atau hanya orang yang sering bekerja menggunakan data.

Sampai jumpa pada artikel berikutnya dan Terimakasih karena telah berkunjung.


0 Response to "FUNGSI TRANSPOSE DI EXCEL, Cara Menggunakan Beserta Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close