-->

FUNGSI CHOOSE DI EXCEL, Cara Menggunakan Serta Contohnya

 Fungsi Choose Excel.- Pada halaman ini kita akan membahas tentang fungsi rumus choose pada excel. Disini kita akan mempelajari fungsi tersebut mulai dari pengertian fungsi choose dalam excel, cara menggunakan fungsi choose excel, serta beberapa contoh penggunaan fungsi choose excel itu sendiri.

Sebagai informasi bahwa, fungsi choose merupakan salah satu fungsi lookup dan reference yang ada pada Microsoft Excel seperti Fungsi Vlookup, Hlookup, Index, Match, dan masih banyak lagi. Artinya fungsi choose ini dapat digunakan untuk melakukan pencarian juga.

Jadi mari kita bahas fungsi choose mulai dari pengertiannya terlebih dahulu, yuuk simak penjelasan admin berikut ini.

Fungsi Choose Excel.

FUNGSI CHOOSE PADA MICROSOFT EXCEL

Fungsi Choose excel adalah salah satu fungsi pada excel, fungsi ini digunakan untuk menampilkan salah satu nilai dari daftar/sekumpulan argument nilai yang diberikan berdasarkan nomor indeks atau nomor urut yang telah ditentukan.

Sama seperti fungsi row dan column yang telah kita pelajari sebelumnya, fungsi choose terlihat tidak terlalu berguna ketika fungsi ini berdiri sendiri. Namun, jika kita gabungkan dengan fungsi lain sehingga menjadi sebuah rumus excel maka akan lain ceritanya.

Akan tetapi sebelum kita beranjak kesana, kita harus mengetahui terlebih dahulu tata cara menggunakan fungsi choose. Yuuk lanjut ke cara penggunaan fungsi choose.

Baca Juga : Mengenal Rumus Excel Dan Fungsinya

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI CHOOSE PADA EXCEL

Perhatikan sintaks fungsi choose berikut ini.

=CHOOSE(index_number;value1;[value2]…)

Penjelasan sintaks atau rumus:

Index_number adalah argument ini bersifat wajib harus ada, berupa nilai angka 1-254.

Value1 adalah argument ini bersifat wajib harus ada, argument dapat berupa nilai angka, text, rumus ataupun berupa referensi sel.

Value2 adalah argument value selanjutnya, sama dengan argument value1. Namun bedanya jika value1 bersifat wajib harus ada sementara value2 bersifat opsional.

Catatan:

  • Jika index_num bernilai 1, maka fungsi choose akan mengembalikan nilai value1, jika index_num bernilai 2, maka fungsi choose akan mengembalikan nilai value2 dan seterusnya.
  • Jika index_num lebih kecil atau besar dari angka nilai dalam daftar, maka fungsi choose akan menghasilkan nilai error #VALUE! Nilai kesalahan.
  • Jika index_num bernilai pecahan seperti 1,2 atau 2,2 atau 3,5 dan seterusnya, maka fungsi choose akan menyederhanakannya menjadi bilangan bulat terkecil sebelum digunakan.

Baca Juga : Cara Menulis Formula Di Excel

Agar supaya lebih jelas, maka silahkan kalian perhatikan dengan seksama contoh fungsi choose berikut ini.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI CHOOSE PADA EXCEL

Perhatikan contoh gambar dibawah ini.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI CHOOSE PADA EXCEL

Penjelasan rumus pada gambar:

Rumus =CHOOSE(2;50;21;22;45;70) artinya kita akan menampilkan index ke 2 dari sekumpulan nilai angka 50, 21, 22, 45, dan 70. Karena angka 21 adalah angka dengan nomor urut ke 2 dari sekumpulan data maka hasilnya adalah 21.

Rumus =CHOOSE(3;"A";"B";"C";"D") artinya kita akan menampilkan index ke 3 dari sekumpulan nilai text A, B, C, dan D. Karena huruf C adalah huruf dengan urutan ke 3 dari sekumpulan data maka hasilnya adalah C.

Rumus =CHOOSE(3;A1;B1;C1;D1) artinya kita akan menampilkan index ke 3 dari sekumpulan reference A1, B1, C1 dan D1. Karena reference C1 diurutan ke 3 dari sekumpulan data reference tersebut maka fungsi choose mengembalikan nilai yang terdapat pada nilai reference C1 yaitu kata “Fungsi”.

Rumus =CHOOSE(5;A1;B1;C1;D1) artinya kita akan menampilkan index ke 5 dari sekumpulan reference yang ada, namun nilai reference hanya tersedia sampai index ke 4 maka hasilnya error #VELUE!.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI CHOOSE DENGAN FUNSI MATCH PADA EXCEL

Perhatikan contoh gambar dibawah ini.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI CHOOSE PADA EXCEL

Dari gambar diatas terlihat jelas bahwa, menggabungkan kedua fungsi tersebut untuk membuat sebuah pencarian berdasarkan Nama Siswa. Hanya dengan memasukkan Nama Siswa pada cell A11, kita akan secara otomatis mendapatkan nilai dari masing-masing mata pelajaran yang telah siswa tersebut peroleh.

admin menggunakan Fungsi Match untuk mendapatkan index_num berdasarkan kategori Nama Siswa sebagai pelengkap dari Fungsi Choose. Setelah nilai index_num diperoleh dengan menggunakan fungsi Match maka selanjutnya excel akan melanjutkan proses pencarian menggunakan fungsi Choose.

Baca Juga : FUNGSI MATCH PADA EXCEL

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI CHOOSE, MATCH DAN FUNGSI SUM PADA EXCEL

Perhatikan contoh gambar dibawah ini.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI CHOOSE PADA EXCEL

Dalam contoh kasus diatas, kita ingin mencari dan menampilkan jumlah total nilai dari seorang siswa dengan hanya mengetikkan Nama Siswa pada cell A11, maka kita akan menadapatkan informasi terkait total nilai yang diperoleh.

Rumus MATCH(A23;B3:B8;0) akan menghasilkan index_num sama dengan 6. Maka struktur fungsi Choose akan seperti ini CHOOSE(6;C3:E3;C4:E4;C5:E5;C6:E6;C7:E7;C8:E8)), dengan struktur tersebut maka Fungsi Choose menghasilkan nilai C8:E8. Dengan begitu Fungsi SUM memiliki struktur =SUM(C8:E8), maka fungsi SUM akan lansung mengeksekusi nilai yang ada pada rentang data tersebut dan menghasilkan nilai 254.

Baca Juga : Fungsi Sum Di Microsoft Excel

Bagaiamana, mudah bukan? Selain mudah, penggabungan beberapa fungsi tersebut akan sangat berguna ketika dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan kalian.

Sampai disini admin yakin kalian sudah pasti memahami kegunaan dari Fungsi CHOOSE. Jika memang masih kebingungan maka silahkan saja tinggalkan keluh kesah kalian pada kolom komentar yang telah admin siapkan dibawah artikel ini.

Jangan lupa untuk mengunjungi tulisan admin lainnya, linknya telah admin siapkan dibawah ini.

Fungsi Pencarian Lainnya :

Fungsi Lookup Di Excel

FUNGSI VLOOKUP PADA EXCEL

FUNGSI HLOOKUP PADA EXCEL DAN CONTOHNYA

FUNGSI INDEX DI EXCEL

FUNGSI MATCH PADA EXCEL

FUNGSI OFFSET DI EXCEL

FUNGSI ADDRESS DI EXCEL

FUNGSI INDIRECT EXCEL

FUNGSI ROW DAN ROWS Pada Microsoft Excel Lengkap Dengan Contohnya

FUNGSI COLUMN DAN COLUMNS Pada Microsoft Excel Lengkap Beserta Contohnya

FUNGSI CHOOSE DI EXCEL, Cara Menggunakan Serta Contohnya

Silahkan kalian klik link diatas untuk berpindah kehalaman lain berdasarkan judul yang kalian pilih.

Semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat memberikan manfaat dikemudian hari. Aamiin..

 

0 Response to "FUNGSI CHOOSE DI EXCEL, Cara Menggunakan Serta Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close