-->

Fungsi AVERAGEIFS Pada Excel | Rumus Excel Rata Rata Dengan Beberapa Kriteria

Rumus AVERAGEIFS Excel.- Pada halaman ini admin akan membahas Formula Excel lainnya yakni tentang Fungsi AVERAGEIFS Pada Excel lengkap dengan Pengertian, Cara Menggunakan Fungsi Averageifs, Contoh penggunaannya beserta perbedaan antara Fungsi AVERAGE, Fungsi AVERAGEIF dengan Fungsi AVERAGEIFS yang akan kita pelajari hari ini.

Fungsi rata-rata excel yang satu ini cukup sering digunakan oleh para pengguna excel, itu karena kemampuan fungsi ini yang tidak dimiliki oleh kedua fungsi average sebelumnya.

Apa sih kemampuan Fungsi AVERAGEIFS Pada Excel? simak terus tulisan admin sampai selesai.

Fungsi AVERAGEIFS Pada Excel

FUNGSI AVERAGEIFS PADA EXCEL

Fungsi AVERAGEIFS Excel Adalah fungsi pada Microsoft Excel yang digunakan untuk mengembalikan nilai rata-rata suatu data angka dengan mempertimbangkan beberapa kriteria yang diberikan.

Berbeda dengan Fungsi AVERAGEIF yang menghitung rata-rata nilai dengan hanya satu kriteria saja, Fungsi AVERAGEIFS ini mampu mengembalikan rata-rata nilai dengan banyak kriteria sekaligus. Maksimal kriteria/syarat pada fungsi AVERAGEIFS adalah sekitar 1 hingga 127 rentang kriteria.

Baca Juga : 

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI AVERAGEIFS PADA EXCEL

Seperti fungsi lainnya, fungsi Averageifs juga memiliki sebuah rumus atau sintaks dalam penggunaannya. Berikut ini adalah sintak dari fungsi averageifs:

=AVERAGEIFS(average_range; criteria_range1; criteria1, [criteria_range2; criteria2],…..)

Keterangan Sintaks:

  • Average_range : bersifat wajib harus ada, argument ini terdiri dari satu atau kumpulan data yang akan dihitung rata-ratanya. Argument ini dapat berupa angka, huruf, array, atau alamat cell yang berisi angka.
  • Criteria_range1 : bersifat wajib harus ada, argument ini berisi rentang data tertentu yang akan digunakan untuk mengevaluasi kriteria terkait.
  • Criteria1 : bersifat wajib harus ada, argument ini berisi kriteria/syarat yang akan menentukan cell yang akan dihitung rata-ratanya. Seperti, kriteria “Buah”, “>60”, “>=60”, C7 dan seterusnya.
  • Criteria_range2 dan criteria2 : bersifat opsional, keterangan argument ini sama persis dengan Criteria_range1 dan criteria1. Argument ini digunakan apa bila kalian menghendaki lebih dari satu kriteria dalam menentukan nilai rata-rata suatu nilai. Bahkan kalian dapat memberikan argument criteria_range dan criteria hingga 127 kriteria.

Sebelum kita beranjak kecontoh penggunaan dari fungsi AVERAGEIFS ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaannya yaitu:

Argument yang bersifat wajib harus diisikan, jika tidak maka excel akan mengembalikan nilai error #DIV0!.

  • Jika argument criteria_range dikosongkan maka excel secara default akan memberikannya nilai 0.
  • Jika dalam proses menghitung nilai rata-rata tidak ditemukan cell yang memenuhi persyarata/kriteria maka excel akan mengembalikan nilai error #DIV/0!.

Itulah beberapa hal yang mestinya diperhatikan dalam menggunakan fungsi AVERAGEIFS di excel versi admin, jika ada yang lainnya maka silahkan kalian tuliskan pada kolom komentar dibawah.

Baca Juga :

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI AVERAGEIFS DI EXCEL

Perhatikan contoh gambar dibawah ini.

CONTOH FUNGSI AVERAGEIFS EXCEL

Penjelasan:

Rumus =AVERAGEIFS(E2:E11;D2:D11;"I";C2:C11;"Laki-Laki") artinya kita akan mencari nilai rata-rata dari kumpulan data (array) atau average_range yaitu E2:E11, dengan criteria_range1 yaitu C2:C11 dengan criteria1 yang diambil dari criteria_range1 adalah “I”, dan criteria_range2 yaitu D2:C11 dan criteria2 yang diambil dari criteria_range2 adalah “Laki-Laki” maka didapati hasil 88,5.

Penjelasan berupa gambar dari rumus =AVERAGEIFS(E2:E11;D2:D11;"I";C2:C11;"Laki-Laki"), kira-kira akan seperti gambar dibawah ini.

Gambar diatas menunjukkan nilai-nilai yang masuk kedalam kriteria dari rumus yang telah kita buat diatas yaitu nilai 98 dan 79. Kemudian, kita hitung nilai rata-rata dari kedua nilai tersebut dengan cara menjumlahkan nilai yang terseleksi dan membaginya dengan jumlah nilai yang terseleksi, maka akan didapati hasilnya (98 + 79) / 2 = 88,5.

Dan untuk penjelasan rumus selanjutnya itu sama saja, perbedaannya hanya pada kriteria / syarat yang diinginkan atau yang diinputkan kedalam rumus.

Baca Juga : Fungsi IF Di Ms Excel

PERBEDAAN FUNGSI AVERAGEIF DENGAN FUNGSI AVERAGEIFS PADA EXCEL

Seperti yang telah kita pelajari Bersama bahwa kedua fungsi tersebut memiliki sebuah kesamaan yaitu sama-sama dapat digunakan untuk menghasilkan nilai rata-rata. Namun, tentunya selain berbeda nama, fungsi ini juga memiliki beberapa perbedaan.

Berikut ini perbedaan dari Fungsi AVERAGEIF dan AVERAGEIFS versi Blog Kita Ngoding.

Jika Fungsi AVERAGEIF hanya akan menghitung nilai rata-rata dengan satu kriteria saja, maka Fungsi AVERAGEIFS dapat menghitung nilai rata-rata dengan banyak kriteria sekaligus.

Struktur sintaks dari Fungsi AVERAGEIF dan Fungsi AVERAGEIFS juga memiliki perbedaan tentunya, gambaran perbedaan struktur sintaks dari kedua fungsi diatas dapat kalian lihat pada gambar dibawah ini.

Dari gambar diatas, terlihat dengan jelas bagaimana perbedaan struktur dari kedua fungsi tersebut. Dan perbedaan yang paling mencolok adalah tata letak dari average_range yang merupakan kumpulan data yang akan dihitung nilai rata-ratanya.

Untuk perbedaan antara Fungsi Average dengan Fungsi Averageifs sepertinya sudah sangat jelas yaitu Fungsi Average mengembalikan nilai rata-rata secara keseluruhan, sementara Fungsi Averageifs mengembalikan nilai rata-rata dari cell yang sesuai dengan kriteria/syarat tertentu.

Terakhir, bagi kalian yang tertarik untuk belajar fungsi statistic lainnya, silahkan kalian klik link yang telah admin siapkan dibawah ini untuk berpindah ke halaman berikutnya sesuai dengan judul yang kalian pilih.

Fungsi Statistik Lainnya :

Fungsi AVERAGE Pada Excel | Menghitung Nilai Rata-Rata Pada Excel

Fungsi AVERAGEIF Pada Excel | Rumus Excel Rata-Rata Dengan Suatu Kriteria

Fungsi AVERAGEIFS Pada Excel | Rumus Excel Rata Rata Dengan Beberapa Kriteria

Fungsi COUNT Pada Excel | Rumus Menghitung Banyak Data Angka Di Excel

Fungsi COUNTA Pada Excel | Menghitung Jumlah Cell Yang Tidak Kosong

Fungsi COUNTBLANK Pada Excel | Menghitung Jumlah Cell Yang Kosong

Fungsi COUNTIF Pada Excel | Menghitung Jumlah Cell Dengan Kriteria Tertentu

FUNGSI COUNTIFS Pada EXCEL | Menghitung Jumlah Cell Dengan Banyak Kriteria

Fungsi Min dan Max Pada Microsoft Excel

Fungsi LARGE Dan Fungsi SMALL Pada Microsoft Excel

FUNGSI RANK PADA EXCEL | Termasuk Fungsi Rank.QE dan Rank.AVG 

Fungsi FREQUENCY Pada Excel | Cara Menghitung Frekuensi Data Di Excel

Sampai disini admin rasa sudah cukup mengenai pembahasan kita pada kesempatan yang baik ini. Selanjutnya silahkan kalian praktik secara mandiri atau berkelompok jika kalian seorang pelajar.

Dan jika ada kalimat admin yang kurang jelas atau ada yang ingin kalian tanyakan maka silahkan kalian tinggalkan saja pada kolom komentar yang telah disediakan dibawah artikel ini.

Sekian penjelasan dari admin semoga bisa bermanfaat bagi kehidupan kita dikemudian hari, Terimakasih Banyak karena telah bersedia untuk mengunjungi blog kami yang sederhana ini.

Wassalamualaekum wr wb.


0 Response to "Fungsi AVERAGEIFS Pada Excel | Rumus Excel Rata Rata Dengan Beberapa Kriteria"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close