-->

Fungsi AVERAGEIF Pada Excel | Rumus Excel Rata-Rata Dengan Suatu Kriteria

Rumus AVERAGEIF Excel.- Tulisan Admin pada halaman ini, akan membahas tentang Formula Excel yang dapat menghitung nilai rata-rata dengan syarat tertentu, yaitu Fungsi AVERANGEIF Pada Excel.

Disini kita akan membahas fungsi yang satu ini mulai dari Apa itu Fungsi Averageif pada excel, dan cara menggunakan fungsi averageif serta contoh penggunaan fungsi averageif itu sendiri.

Hampir sama dengan Fungsi AVERAGE Excel, Fungsi AVERAGEIF ini akan mengembalikan nilai rata-rata dari sebuah nilai. Akan tetapi, Fungsi AVERAGEIF menggunakan sebuah kriteria tertentu dalam menghitung nilai rata-rata.

Bisa kita katakan Fungsi AVERAGEIF ini adalah gabungan antara Fungsi AVERAGE dengan Fungsi IF Excel. Dimana, fungsi Average ini untuk menghitung nilai rata-rata suatu nilai secara keseluruhan. Namun, karena ada fungsi IF kita dapat mengatur suatu kondisi/kriteria tertentu dari nilai-nilai yang akan dihitung rata-ratanya. 

Jika kalian membutuhkan banyak kriteria sekaligus untuk menghasilkan sebuah nilai rata-rata maka gunakanlah Fungsi AVERANGEIFS, fungsi ini akan kita bahas pada halaman berikutnya. Dihalaman ini, sesuai dengan judul diatas bahwa kita akan belajar Fungsi AVERAGEIF excel.

Fungsi Averageif Pada Excel

FUNGSI AVERAGEIF PADA EXCEL

Fungsi AVERAGEIF Excel adalah fungsi yang ada pada excel yang digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dengan sebuah kriteria tertentu yang diinstruksikan/ditentukan.

Fungsi ini, masuk ke dalam kategori Fungsi Statistic pada excel. Jadi bagi kalian yang tertarik dengan dunia statistika maka menguasai fungsi ini adalah sebuah tuntutan bagi kalian.Selain Fungsi AVERAGE, Apa saja Fungsi Statistik pada excel? Akan admin beritahukan pada akhir artikel ini.

Baca Juga : 

RUMUS EXCEL RATA RATA DENGAN KRITERIA

Fungsi AVERAGEIF juga memiliki sebuah sintaks dalam memanfaatkan fungsi ini, sintaknya adalah sebagai berikut:

=AVERAGEIF(range; criteria; [average_range])

Penjelasan Sintaks:

  • Range : bersifat wajib harus ada, argument ini berisi satu atau beberapa cell yang akan kita hitung nilai rata-ratanya. Nilai pada argument ini dapat berupa angka, huruf, array, ataupun alamat dari cell yang berisi nilai angka.
  • Criteria : bersifat wajib harus ada, argument ini berisi kriteria/syarat yang akan menentukan nilai mana saja yang akan dijadikan sebagai dasar dalam menghitung nilai rata-rata. Argument ini bisa berupa angka, ekspresi logika, teks ataupun referensi dari cell lain.
  • Average_range : bersifat opsional, argument ini berisi range data yang akan dihitung rata-ratanya. Jika argument ini dikosongkan maka excel akan menghitung nilai rata-rata berdasarkan nilai yang ada para argument Range. Dan jika nilai argument Range yang ada bukan merupakan nilai numeric maka excel akan mengembalikan nilai error.

Baca Juga :

Supaya kalian lebih memahami penjelasan dari sintaks diatas, maka admin telah menyiapkan contoh dalam menggunakan fungsi averageif excel dibawah ini.

CONTOH RUMUS AVERAGEIF DI EXCEL

Perhatikan contoh gambar dibawah ini.

CONTOH RUMUS AVERAGEIF DI EXCEL

Penjelasan:

Rumus =AVERAGEIF(C2:C11;"I";D2:D11) artinya kita akan mencari nilai rata dengan kriteria pada range C2:C11 yaitu Kelas “I” dan menghitung rata-rata nilai yang sebaris dengan kriteria Kelas “I” pada nilai argument average_range yaitu D2:D11.

Untuk penjelasan rumus selanjutnya, hampir sama dengan rumus yang pertama diatas. Hanya saja bedanya adalah nilai kriteria yang dicari. Rumus pertama mencari rata-rata dengan kriteria Kelas “I”, Rumus yang kedua mencari rata-rata dengan kriteria Kelas “II” dan Rumus yang ketiga mencari rata-rata dengan kriteria Kelas “III”.

Jika kita perhatikan dengan seksama, meskipun nilai argument average_range yang dimasukkan dengan sekumpulan data sekaligus yaitu nilai D2:D11, excel mengembalikan nilai rata-rata sesuai dengan kriteria yang kita inginkan.

Lain halnya jika kita menggunakan fungsi AVERAGE saja, sudah pasti semua nilai yang ada pada array / kumpulan data yang dimasukkan akan dihitung nilai rata-rata secara keseluruhan.

Admin rasa pembahasan kita tentang Fungsi AVERAGEIF Pada Excel sudah cukup sampai disini. Selanjutnya kita akan belajar tentang Fungsi AVERANGEIFS Pada Excel, jadi silahkan kalian lanjutkan ke tulisan admin berikutnya ya..

Silahkan kalian kepoin juga Fungsi Statistik lainnya, linknya telah admin siapkan dibawah ini.

Fungsi Statistik Lainnya :

Fungsi AVERAGE Pada Excel | Menghitung Nilai Rata-Rata Pada Excel

Fungsi AVERAGEIF Pada Excel | Rumus Excel Rata-Rata Dengan Suatu Kriteria

Fungsi AVERAGEIFS Pada Excel | Rumus Excel Rata Rata Dengan Beberapa Kriteria

Fungsi COUNT Pada Excel | Rumus Menghitung Banyak Data Angka Di Excel

Fungsi COUNTA Pada Excel | Menghitung Jumlah Cell Yang Tidak Kosong

Fungsi COUNTBLANK Pada Excel | Menghitung Jumlah Cell Yang Kosong

Fungsi COUNTIF Pada Excel | Menghitung Jumlah Cell Dengan Kriteria Tertentu

FUNGSI COUNTIFS Pada EXCEL | Menghitung Jumlah Cell Dengan Banyak Kriteria

Fungsi Min dan Max Pada Microsoft Excel

Fungsi LARGE Dan Fungsi SMALL Pada Microsoft Excel

FUNGSI RANK PADA EXCEL | Termasuk Fungsi Rank.QE dan Rank.AVG 

Fungsi FREQUENCY Pada Excel | Cara Menghitung Frekuensi Data Di Excel

Semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat berguna bagi kehidupan kita dimasa yang akan datang. Aamiin

Wassalamualaekum wr wb.

 


0 Response to "Fungsi AVERAGEIF Pada Excel | Rumus Excel Rata-Rata Dengan Suatu Kriteria"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close