-->

FUNGSI RANK PADA EXCEL | Termasuk Fungsi Rank.QE dan Rank.AVG

FUNGSI RANK EXCEL

Fungsi Rank Excel.- Pada halaman ini admin ingin membahas salah satu fungsi pada excel yang akan mempermudah kamu dalam menentukan suatu peringkat/rangking dalam sebuah tabel data. 

Fungsi excel ini, merupakan salah satu fungsi/rumus yang wajib untuk dipelajari bagi seorang guru wali kelas, Operator Sekolah dan Seorang Tata Usaha Sekolah (TU). Karena dengan memanfaatkan fungsi rank excel, kalian dapat menentukan siapa murid dengan nilai tertinggi dalam sauatu kelas bahkan dalam satu sekolahan.

Jadi silahkan kalian simak pembahasan fungsi rank pada excel hingga akhir, agar tidak salah.

fungsi rank pada excel

PENGERTIAN FUNGSI RANK PADA EXCEL

Apa fungsi dari rumus rank?

Fungsi RANK Excel adalah fungsi excel yang digunakan untuk mengembalikan peringkat sebuah nilai angka dalam kumpulan data atau daftar nilai, peringkat yang dikembalikan relatif terhadap nilai lain dalam daftar.

Pada Microsoft Excel versi 2010 keatas, Fungsi RANK sudah mulai diupgrade menjadi Fungsi RANK.EQ dan Fungsi RANK.AVG yang digadang-gandang sebagai pengganti Fungsi RANK Excel. Kedua update tersebut akan kita bahas juga pada halaman ini.

Akan tetapi, kalian tidak perlu khawatir karena sampai Microsoft Excel versi saat sekarang ini (admin menggunakan Excel 2016), kita masih bisa menggunakan fungsi Rank seperti biasanya.

Baca Juga : 

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI RANK EXCEL

Format sintak untuk fungsi rank pada ms. excel adalah sebagai berikut ini:

=RANK(number; ref; [order])

Keterangan Sintak:

Number : bersifat wajib harus ada, argument ini berisi nilai angka yang ingin kita temukan peringkatnya. Bisa berupa nilai yang diketik secara langsung pada rumus atau berdasarkan referensi cell.

Ref : bersifat wajib harus ada, argument ini berisi kumpulan data berupa angka atau daftar angka yang merupakan sumber acuan nilai argument number dalam menentukan peringkatnya.

Order : bersifat opsional, argument ini berupa kode angka yang menentukan cara excel dalam menetapkan peringkat. Terdapat 2 nilai yang ada pada argument order yaitu:

  • Nilai nol (0) : untuk menetapkan peringkat secara Descanding (Di urutkan dari nilai ter-tinggi ke ter-rendah). Misalnya: 10, 9, 8, 7, 6 dsb.
  • Nilai satu (1) : untuk menetapkan peringkat secara Ascanding (Di urutkan dari nilai ter-rendah ke ter-tinggi). Misalnya: 6, 7, 8, 9, 10 dsb.

CONTOH FUNGSI RANK EXCEL

CONTOH FUNGSI RANK EXCEL

Penjelasan:

Rumus =RANK(G3;$G$3:$G$17;0) Artinya kita akan mencari peringkat dari nilai angka pada cell G3 yaitu 356, berdasarkan daftar angka pada G3:G17 dengan ketentuan dalam menetapkan peringkat yaitu Descanding karena argument order bernilai 0. Sehingga didapati bahwa angka 356 merupakan angka tertinggi ke-12 dari daftar angka yang ada, hasilnya excel mengembalikan angka 12.

Apabila kalian menghendaki bahwa fungsi RANK mengembalikan peringkat angka dihitung mulai dari bilangan terkecil ke nilai terbesar, maka gunakan nilai order = 1.

Untuk penjelasan rumus berikutnya, itu sama saja dengan rumus pertama diatas. Perbedaannya hanya nilai angka yang dicari.

Baca Juga : Arti Tanda Dollar ($) Pada Excel

PENGERTIAN FUNGSI RANK.EQ PADA EXCEL

Fungsi RANK.EQ Excel adalah fungsi excel yang digunakan untuk mengembalikan peringkat sebuah nilai angka dalam daftar nilai, peringkat yang dihasilkan relatif terhadap nilai lain dalam daftar.

Fungsi RANK.EQ ini sama persis dengan Fungsi RANK diatas, itu karena Fungsi Rank.EQ ini merupakan updetan dari fungsi Rank untuk Microsoft Excel versi 2010 ke atas. Jadi wajar jika kedua fungsi tersebut sama persis.

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI RANK.EQ EXCEL

Adapun sintak untuk fungsi rank.eq pada excel adalah sebagai berikut ini:

=RANK.EQ(number; ref; [order])

Keterangan Sintak:

Number : harus ada, argument ini berisi nilai angka yang ingin kita temukan peringkatnya. Bisa berupa nilai yang diketik secara langsung pada rumus atau berdasarkan referensi cell.

Ref : harus ada, argument ini berisi kumpulan data berupa angka atau daftar angka yang merupakan sumber acuan nilai argument number dalam menentukan peringkatnya.

Order : bersifat opsional, argument ini berupa kode angka yang menentukan cara excel dalam menetapkan peringkat. Terdapat 2 nilai yang ada pada argument order yaitu:

  • Nilai nol : untuk menetapkan peringkat secara Descanding (Di urutkan dari nilai ter-tinggi ke ter-rendah). Misalnya: 100, 90, 80, 70, 60 dsb.
  • Nilai satu : untuk menetapkan peringkat secara Ascanding (Di urutkan dari nilai ter-rendah ke ter-tinggi). Misalnya: 60, 70, 80, 90, 100 dsb.

Bukan hanya pengertian antara Fungsi RANK dengan Fungsi RANK.EQ saja, tetapi juga struktur sintaknya juga sama, seperti yang bisa kita lihat diatas.

CONTOH FUNGSI RANK.EQ EXCEL

CONTOH FUNGSI RANK.EQ EXCEL

Penjelasan Gambar:

Penjelasan setiap rumus dari fungsi RANK.EQ sama dengan rumus dari fungsi RANK sebelumnya. Jadi admin rasa cukup dengan memahami fungsi RANK diatas, kalian sudah paham bagaimana menggunakan serta kegunaan dari fungsi RANK.EQ ini.

Sekarang bagaimana dengan Fungsi RANK.AVG? apakah sama persis dengan fugsi RANK atau fungsi RANK.EQ silahkan simak penjelasan admin berikut ini.

PENGERTIAN FUNGSI RANK.AVG PADA EXCEL

Fungsi RANK.AVG Excel adalah fungsi pada Microsoft Excel yang digunakan untuk mengembalikan peringkat sebuah angka dalam daftar kumpulan data angka, peringkat angka tersebut relatif atau tergantung nilai lain dalam daftar. Seandainya terdapat nilai yang memiliki peringkat sama (duplikat), maka excel mengembalikan nilai rata-rata dari peringkat angka tersebut.

Dari pengertiannya kita bisa menyimpulkan bahwa fungsi RANK.AVG memiliki sedikit perbedaan dari kedua fungsi sebelumnya yaitu Fungsi RANK dan Fungsi RANK.EQ.

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI RANK.AVG EXCEL

Sintak untuk fungsi RANK.AVG pada excel adalah sebagai berikut ini:

=RANK.AVG(number; ref; [order])

Keterangan Sintak:

Number : harus ada, argument ini berisi nilai angka yang ingin kita temukan peringkatnya.

Ref : harus ada, argument ini berisi kumpulan data berupa angka atau daftar angka yang menjadi sumber acuan nilai argument number dalam menentukan peringkatnya.

Order : bersifat opsional, argument ini berupa kode angka yang menentukan cara excel dalam menetapkan peringkat. Terdapat 2 nilai yang ada pada argument order yaitu:

  • Nilai nol : untuk menetapkan peringkat secara Descanding (Di urutkan dari nilai ter-tinggi ke ter-rendah). Misalnya: 15,14, 13, 12, 11 dsb.
  • Nilai satu : untuk menetapkan peringkat secara Ascanding (Di urutkan dari nilai ter-rendah ke ter-tinggi). Misalnya: 10, 11, 12, 13, 14, 15 dsb.

Dari struktur sintak antara ketiga fungsi ini hampir sama, hanya nama fungsi yang digunakan saja berbeda.

Baca Juga : Fungsi AVERAGE Pada Excel | Menghitung Nilai Rata-Rata Pada Excel

CONTOH FUNGSI RANK.AVG EXCEL

CONTOH FUNGSI RANK.AVG EXCEL

Penjelasan gambar:

Sekilas fungsi RANK.AVG ini tidak ada perbedaan dengan fungsi RANK sebelumnya. Namun, jika terdapat peringkat sama (duplikat) maka excel akan mengembalikan nilai rata-rata dari peringkat yang dihasilkan, seperti pada nomor 5 dan 7 dalam gambar yang mendapatkan pringkat 7,5.

Pada contoh gambar diatas, Kenapa excel mengembalikan nilai 7,5? Kira-kira gambaran perhitungannya seperti gambar dibawah ini.


KESIMPULAN:

Nilai Rank yang mempunyai peringkat sama (duplikat) akan diberikan pringkat yang sama pula, hal ini akan mempengaruhi pringkat angka selanjutnya. Contoh : peringkat siswa_1 = 3, pringkat siswa_2 = 4, pringkat siswa_3 = 4, pringkat siswa_4 = 4, peringkat siswa_5 = 7. Jadi peringkat 5 dan 6 tidak ada, kemudian dilanjutkan dengan peringkat 7.

Kalau menggunakan Fungsi RANK.AVG, excel akan mengembalikan rata-rata dari nilai rangking/pringkat  yang sama.

Supaya lebih jelas, silahkan kalian perhatikan contoh gambar fungsi rank excel dibawah ini.

Perbedaan Fungsi RANK, RANK.EQ dan RANK.AVG

Sampai disini, admin menyakini bahwa kalian sudah pasti paham perbedaan dari ketiga fungsi rank excel diatas.

Selanjutnya, bagi kalian yang ingin belajar excel terutama untuk fungsi statistic lainnya, silahkan kalian klik link dibawah ini.

Fungsi Statistik Lainnya :

Fungsi AVERAGE Pada Excel | Menghitung Nilai Rata-Rata Pada Excel

Fungsi AVERAGEIF Pada Excel | Rumus Excel Rata-Rata Dengan Suatu Kriteria

Fungsi AVERAGEIFS Pada Excel | Rumus Excel Rata Rata Dengan Beberapa Kriteria

Fungsi COUNT Pada Excel | Rumus Menghitung Banyak Data Angka Di Excel

Fungsi COUNTA Pada Excel | Menghitung Jumlah Cell Yang Tidak Kosong

Fungsi COUNTBLANK Pada Excel | Menghitung Jumlah Cell Yang Kosong

Fungsi COUNTIF Pada Excel | Menghitung Jumlah Cell Dengan Kriteria Tertentu

FUNGSI COUNTIFS Pada EXCEL | Menghitung Jumlah Cell Dengan Banyak Kriteria

Fungsi Min dan Max Pada Microsoft Excel

Fungsi LARGE Dan Fungsi SMALL Pada Microsoft Excel

FUNGSI RANK PADA EXCEL | Termasuk Fungsi Rank.QE dan Rank.AVG 

Fungsi FREQUENCY Pada Excel | Cara Menghitung Frekuensi Data Di Excel

Sampai berjumpa pada pembahasan berikutnya.

Wassalamualekum wr wb.

 

0 Response to "FUNGSI RANK PADA EXCEL | Termasuk Fungsi Rank.QE dan Rank.AVG"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close