-->

FUNGSI COUNTIFS PADA EXCEL | Menghitung Jumlah Cell Dengan Banyak Kriteria

Fungsi Countifs Excel -. Pembahasan kita pada kesempatan kali ini yaitu tentang Fungsi COUNTIFS Pada Excel, Bagaimana menggunakan fungsi countifs pada excel, contoh rumus countifs pada excel. Jadi Bagi kalian yang memang sedang mencari materi tentang Fungsi tersebut maka kalian telah berada pada jalur yang tepat. 😊

Jika pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas tentang Fungsi Countif pada excel yang digunakan menghitung banyak cell dengan satu kriteria saja, maka Fungsi Countifs ini dapat menghitung jumlah cell dengan lebih dari satu kriteria.

Fungsi Countifs ini juga termasuk kedalam golongan fungsi statistic pada excel. Jika kalian tertarik untuk mengetahui fungsi apa saja yang termasuk kedalam golongan fungsi statistic, kalian lihat saja pada bagian bawah artikel ini beserta link yang bisa mengarahkan kalian ke pembasan tersebut.

Namun sekarang ini, mari kita fokus saja ke pokok pembahasan yang sesuai dengan judul. Selengkapnya akan admin coba kupas sesuai dengan kemampuan yang admin miliki.

Fungsi Countifs Pada Excel

FUNGSI COUNTIFS PADA EXCEL

Fungsi Countifs Excel Adalah fungsi pada excel yang digunakan untuk menghitung jumlah cell pada rentang data dengan banyak kriteria sekaligus.

Fungsi countifs ini merupakan fungsi varian count terakhir yang kita bahas pada blog Kita Ngoding. Varian lainnya telah kita bahas pada tulisan admin sebelum-sebelumnya seperti Fungsi Count, Counta, Countblank, Countif dan yang terakhir yaitu Fungsi Countifs ini.

Baca Juga : Mengenal Rumus Excel Dan Fungsinya

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI COUNTIFS PADA EXCEL

Seperti fungsi pada umumnya, fungsi countifs juga memiliki sebuah rumus yang biasa kita sebut dengan sintak. Adapun sintaknya adalah sebagai berikut:

=COUNTIFS(criteria_range1; criteria1; [criteria_range2, criteria2]; …)

Keterangan Sintak:

  • Criteria_range1 : bersifat wajib harus ada, argument ini berisi rentang data pertama yang digunakan untuk mengevaluasi kriteria tertentu.
  • Criteria1 : bersifat wajib harus ada, argument ini berisi kriteria yang akan menentukan cell mana yang akan dihitung oleh excel, dimana nilai kriteria ini diambil dari criteria_range1.
  • Criteria_range2 dan criteria2 : bersifat opsional, argument ini adalah argument tambahan. Ketentuan dari argument ini sama dengan kedua argument diatas.

Kita juga bisa menambahkan criteria_range dan criteria lainnya hingga 127 pasangan kriteria pada satu rumus countifs.

Baca Juga : Cara Menulis Formula Di Excel

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan fungsi Countifs adalah sebagai berikut:

  • Jumlah baris dan kolom dari pasangan kriteria yang ditambahkan harus sama dengan argument criteria_range1.
  • Kalian dapat menggunakan karakter wildcard seperti: tanda tanya (?), tanda bintang (*) dan lain sebagainya. Tanda tanya cocok disandingkan dengan karakter tunggal apapun, tanda bintang cocok disandingkan dengan urutan karakter apapun. Dan jika kalian ingin menemukan tanda tanya dan tandi bintang yang actual, gunakan tanda tilde (~) sebelum karakter.

Sekarang mari kita lanjutkan ke contoh penggunaan dari fungsi countifs berikut.

CONTOH FUNGSI COUNTIFS PADA EXCEL

Perhatikanlah contoh gambar dibawah ini.

CONTOH FUNGSI COUNTIFS PADA EXCEL

Penjelasan:

Rumus =COUNTIFS(B3:B17;">=16/11/2021";C3:C17;"Leptop") artinya kita akan menghitung jumlah cell yang memiliki 2 kriteria sebagai berikut:

  • Tanggal Masuk Barang diatas atau sama dengan tanggal 16/11/2021.
  • Nama Barang tersebut adalah “Leptop”.

Nah, dengan syarat/kriteria diatas maka excel mengembalikan nilai 4. Itu karena pada tabel data hanya 4 data yang memenuhi kriteria diatas, yaitu pada nomor 3, 4, 10 dan 15.

Penjelasan rumus pertama diatas juga berlaku untuk rumus ke-dua dan ke-tiga, hanya kriteria tanggal yang berbeda. Karena kriteria tanggal yang berbeda maka hasilnyapun akan berbeda.

Bisa dikatakan rumus diatas adalah contoh fungsi countifs dengan 2 kriteria. Sementara untuk contoh fungsi countifs dengan 3 kriteria ada pada rumus yang ke-4 dan ke-5 yang akan admin bahas dibawah ini.

Rumus yang ke-4 yaitu =COUNTIFS(B3:B17;">=15/11/2021";C3:C17;"Leptop";D3:D17;"New") artinya kita akan menghitung jumlah cell yang memiliki 3 kriteria sebagai berikut:

Tanggal Masuk Barang diatas atau sama dengan 15/11/2021.

  • Nama Barang tersebut adalah “Leptop”.
  • Status Barang tersebut adalah “New”.

Jadi dengan syarat/kriteria diatas maka excel mengembalikan nilai 3. Itu karena pada tabel data hanya 3 data yang memenuhi kriteria diatas, yaitu pada nomor 1, 4 dan 10.

Rumus yang ke-5 : =COUNTIFS(B3:B17;">=15/11/2021";C3:C17;"Leptop";D3:D17;"Second") artinya kita akan menghitung jumlah cell yang memiliki 3 kriteria juga, kriterianya adalah sebagai berikut:

Tanggal Masuk Barang diatas atau sama dengan 15/11/2021.

  • Nama Barang tersebut adalah “Leptop”.
  • Status Barang tersebut adalah “Second”.

Jadi dengan syarat/kriteria diatas maka excel mengembalikan nilai 2. Itu disebabkan karena pada tabel data hanya terdapat 2 data yang memenuhi kriteria diatas, yaitu pada nomor 3 dan nomor 15.

Baca Juga : Fungsi IF Di Ms Excel

Tips dan Trik : Kalian bisa menggunakan tanda bintang untuk menyingkat sebuah kriteria tertentu. Ini sangat berguna Ketika sebuah kriteria dirasa terlalu Panjang, sehingga rumus yang diketikkan lebih singkat. Seperti ini: =COUNTIFS(B3:B17;">=15/11/2021";C3:C17;"L*";D3:D17;"S*").

Arti dari “L*” adalah semua kriteria yang berawalan huruf L seperti: Leptop, Layar, Lampu dan seabagainya. Begitu juga kriteria “S*” artinya semua kriteria yang berawalan huruf S seperti: Second, Sendal, Sakit dan sebagainya. Hal ini dapat menjadi pertimbangan bagi kalian jika ingin menggunakan tips dan trik tersebut.

Admin rasa sudah cukup jelas pembahasan kita pada kesempatan yang baik ini, semoga apa yang telah kita pelajari hari ini dapat memberikan manfaat bagi kehidupan kita dimasa-masa yang akan datang serta dapat menjadi amal ibadah kita dimata Allah SWT. Aamiin.

Baca juga tulisan admin terkait Fungsi Statistik lainnya, linknya telah admin siapkan dibawah ini.

Fungsi Statistik Lainnya :

Fungsi AVERAGE Pada Excel | Menghitung Nilai Rata-Rata Pada Excel

Fungsi AVERAGEIF Pada Excel | Rumus Excel Rata-Rata Dengan Suatu Kriteria

Fungsi AVERAGEIFS Pada Excel | Rumus Excel Rata Rata Dengan Beberapa Kriteria

Fungsi COUNT Pada Excel | Rumus Menghitung Banyak Data Angka Di Excel

Fungsi COUNTA Pada Excel | Menghitung Jumlah Cell Yang Tidak Kosong

Fungsi COUNTBLANK Pada Excel | Menghitung Jumlah Cell Yang Kosong

Fungsi COUNTIF Pada Excel | Menghitung Jumlah Cell Dengan Kriteria Tertentu

FUNGSI COUNTIFS Pada EXCEL | Menghitung Jumlah Cell Dengan Banyak Kriteria

Fungsi Min dan Max Pada Microsoft Excel

Fungsi LARGE Dan Fungsi SMALL Pada Microsoft Excel

FUNGSI RANK PADA EXCEL | Termasuk Fungsi Rank.QE dan Rank.AVG 

Fungsi FREQUENCY Pada Excel | Cara Menghitung Frekuensi Data Di Excel

Jika ada yang ingin kalian tanyakan maka silahkan tinggalkan saja pada kolom komentar yang telah kami siapkan dibawah artikel ini.

Terimakasih karena telah menyempatkan diri untuk membaca tulisan admin pada blog Kita Ngoding.

Wassalamualekum wr wb.

 

0 Response to "FUNGSI COUNTIFS PADA EXCEL | Menghitung Jumlah Cell Dengan Banyak Kriteria"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close