-->

Fungsi COUNTBLANK Pada Excel | Menghitung Jumlah Cell Yang Kosong.

Rumus COUNTBLANK Excel -. Pada kesempatan yang baik ini, kita akan belajar tetang Fungsi COUNTBLANK Pada Excel mulai dari Pengertian, Cara menggunakan fungsi countblank excel, serta contoh dalam menggunakan fungsi countblank excel yang disertai dengan contoh kasus.

Jika sebelumnya kita belajar tentang rumus Counta pada ms excel untuk menghitung jumlah cell yang tidak kosong maka sebaliknya yang akan kita pelajari saat ini adalah rumus countblank untuk menghitung jumlah cell yang kosong.

Apa fungsi rumus countblank pada Microsoft excel? serta bagaimana cara menggunakannya?, simak terus ulasannya versi admin berikut ini.

FUNGSI COUNTBLANK PADA EXCEL

FUNGSI COUNTBLANK PADA EXCEL

Fungsi Countblank Excel Adalah fungsi excel yang digunakan untuk menghitung jumlah cell kosong dalam suatu rentang cell / array.

Fungsi ini merupakan salah satu fungsi statistic pada excel yang dapat kita manfaatkan untuk melakukan pengolahan data di Microsoft Excel.

Sesuai dengan pengertiannya, fungsi countblank ini dapat kita andalkan Ketika kita ingin mencari tahu berapa banyak data kosong dalam rentang cell tertentu pada sebuah tabel data yang kita punya.

Dengan mengetahui jumlah cell yang kosong, kita bisa menentukan Tindakan selanjutnya sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.

Baca Juga : Mengenal Rumus Excel Dan Fungsinya

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI COUNTBLANK PADA EXCEL

Berikut ini adalah sintak dari fungsi COUNTBLANK Pada Microsoft Excel:

=COUNTBLANK(range)

Keterangan Sintak:

Range : bersifat wajib harus ada, argument ini berisi rentang data yang akan kita hitung jumlah cell yang kosongnya.

supaya lebih jelas lagi tentang fungsi countblank, mari kita lanjutkan ke contoh penggunaan fungsi countblank yang telah admin siapkan dibawah.

Baca Juga : Cara Menulis Formula Di Excel

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI COUNTBLANK PADA EXCEL

Perhatikan contoh gambar dibawah ini.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI COUNTBLANK DALAM MICROSOFT EXCEL

Penjelasan :

Rumus =COUNTBLANK(B2:B11) artinya kita akan menghitung jumlah cell yang kosong pada rentang data antara cell B2 sampai B11 sehingga didapati hasil sama dengan 2, itu karena pada range B2:B11 hanya 2 cell yang kosong.

Rumus =COUNTBLANK(C2:C11) artinya kita akan menghitung jumlah cell yang kosong pada rentang data antara cell C2 samai C11 sehingga didapati hasil sama dengan 4, itu juga karena pada range C2C11 hanya 4 cell yang kosong.

Untuk rumus =COUNTBLANK(B2:C11) artinya kita akan menghitung jumlah cell yang kosong dari 2 data (2 kolom), namun tetap dihitung satu range. Dan seperti yang terlihat pada gambar diatas bahwa terdapat ada 6 cell kosong, sehingga excel mengembalikan nilai sama dengan 6.

Admin menyakini bahwa, dengan hanya melihat gambar diatas, kalian dapat memahami penggunaan fungsi COUNTBLANK dengan sangat baik. Itu semua karena penggunaan fungsi ini yang tergolong sangat mudah.

Bagi kalian yang telah membaca tulisan admin sebelumnya tentang Fungsi COUNTA Pada Excel, mungkin kalian juga telah menyadari bahwa Fungsi COUNTA Excel dengan Fungsi COUNTBLANK Excel sangatlah kontras. Jika fungsi Counta menghitung cell yang tidak kosong, maka fungsi Counblank menghitung cell yang kosong.

Untuk pembahasan kita selanjutnya yaitu mengenai Fungsi COUNTIF Pada Microsoft Excel yang digunakan untuk menghitung jumlah cell tertentu dengan suatu kriteria/syarat. Jadi silahkan kalian lanjutkan ke halaman berikutnya, Oke?..

Jika kalian merasa masih kebingungan dengan penjelasan yang admin paparkan diatas atau memang ada yang kalian ingin tanyakan kepada admin, maka silahkan kalian tuliskan dikolom komentar yang telah admin sediakan dibawah artikel ini.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi tulisan admin lainnya, linknya telah admin siapkan dibawah ini.

Fungsi Statistik Lainnya :

Fungsi AVERAGE Pada Excel | Menghitung Nilai Rata-Rata Pada Excel

Fungsi AVERAGEIF Pada Excel | Rumus Excel Rata-Rata Dengan Suatu Kriteria

Fungsi AVERAGEIFS Pada Excel | Rumus Excel Rata Rata Dengan Beberapa Kriteria

Fungsi COUNT Pada Excel | Rumus Menghitung Banyak Data Angka Di Excel

Fungsi COUNTA Pada Excel | Menghitung Jumlah Cell Yang Tidak Kosong

Fungsi COUNTBLANK Pada Excel | Menghitung Jumlah Cell Yang Kosong

Fungsi COUNTIF Pada Excel | Menghitung Jumlah Cell Dengan Kriteria Tertentu

FUNGSI COUNTIFS Pada EXCEL | Menghitung Jumlah Cell Dengan Banyak Kriteria

Fungsi Min dan Max Pada Microsoft Excel

Fungsi LARGE Dan Fungsi SMALL Pada Microsoft Excel

FUNGSI RANK PADA EXCEL | Termasuk Fungsi Rank.QE dan Rank.AVG 

Fungsi FREQUENCY Pada Excel | Cara Menghitung Frekuensi Data Di Excel

Semoga apa yang kita pelajari dihalaman ini, dapat memberikan manfaat bagi kehidupan kita dimasa yang akan datang.

Terimakasih banyak.

Wassalamualaekum wr wb.

 

0 Response to "Fungsi COUNTBLANK Pada Excel | Menghitung Jumlah Cell Yang Kosong."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close