-->

Fungsi AVERAGE Pada Excel | Menghitung Nilai Rata-Rata Pada Excel

Rumus AVERAGE Excel.- Formula Excel yang akan admin bahas pada halaman ini yaitu tentang Fungsi AVERAGE Pada Excel mulai dari pengertian, Struktur Fungsi AVERAGE dan tentu saja Contoh Penggunaan Fungsi AVERAGE Excel. 

Semoga penjelasan admin berikut ini dapat memberikan ilmu baru atau sebagai pengingat kembali tentang Fungsi AVERAGE Excel.

Dalam melakukan pengolahan data, tidak jarang kita dihadapkan dengan kondisi dimana kita diminta untuk memunculkan nilai rata-rata dari sebuah data. Misalnya, menghitung nilai rata-rata siswa persiswa atau perkelas, menghitung rata-rata penjualan kita pada bulan tertentu dan masih banyak lagi contoh yang lainnya. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan admin berikut ini.

Fungsi AVERAGE Pada Excel

PENGERTIAN FUNGSI AVERAGE PADA EXCEL

Apa fungsi rumus average pada excel?

Fungsi AVERAGE Excel Adalah salah satu fungsi pada Microsoft Excel yang digunakan untuk menghitung nilai rata-rata (rata-rata aritmetika) dari sekelompok nilai argument yang diberikan pada beberapa cell atau range data.  Singkatnya Fungsi AVERAGE adalah fungsi pada excel untuk menghitung rata-rata dari sekelompok nilai.

Sintaks Fungsi AVERAGE Excel

=AVERAGE(number1,[number2],..)

Penjelasan :

  • number1 : angka pertama, referensi Cell, atau rentang yang anda inginkan rata-ratanya.
  • number2 : angka tambahan, referensi tambahan, referensi Cell, atau rentang yang anda inginkan rata-ratanya, hingga maksimum 255.

Baca Juga : 

Beberapa hal yang mestinya diperhatikan ketika menggunakan fungsi average di excel:

  • Argument bisa berupa angka atau nama, rentang, atau referensi cell yang berisi angka-angka.
  • Nilai logika dan representasi teks dari angka yang anda ketikkan secara langsung ke dalam daftar argument tidak dihitung.
  • Jika rentang atau argument referensi Cell berisi teks, nilai logika, atau cell kosong, nilai-nilai itu akan diabaikan. Akan tetapi cell dengan nilai nol dimasukkan.
  • Argumen yang merupakan nilai kesalahan atau teks yang tidak dapat diterjemahkan ke dalam angka menjadi menyebabkan kesalahan.
  • Jika kalian ingin menyertakan nilai logika dan teks representasi angka dalam suatu referensi sebagai bagian dari perhitungan, gunakan fungsi AVERAGEA.
  • Jika kalian ingin menghitung rata-rata nilai yang hanya memenuhi kriteria tertentu, gunakan fungsi AVERAGEIF atau fungsi AVERAGEIFS.

Baca Juga : 

CONTOH FUNGSI AVERAGE PADA EXCEL

Perhatikan contoh gambar dibawah ini .

Contoh1.

CONTOH FUNGSI AVERAGE EXCEL

Contoh kasus diatas, kita akan menghitung nilai rata-rata dari siswa kelas satu "I". Hanya dengan mamasukkan rumus =AVERAGE(D2:D11) maka kita akan mendapatkan hasil rata-rata dari kolom nilai sesuai dengan contoh diatas.

Contoh2.

CONTOH FUNGSI AVERAGE EXCEL

Contoh diatas, hanya untuk menunjukkan bagaimana excel bekerja. Seperti yang terlihat pada gambar bahwa fungsi average mengabaikan cell kosong dan cell yang berisi huruf, sehingga excel hanyaa akan menghitung cell yang berisi nilai angka saja.

Contoh3.

CONTOH FUNGSI AVERAGE PADA EXCEL

Dari gambar diatas, terlihat jelas bagaimana fungsi AVERAGE bekerja. Dimana pada Data 1 nilai pada range data terisi dengan angka semua dan hasilnya pun terlihat jelas. Namun, kalian coba perhatikan Data 2 dan Data 3, keduanya memiliki angka yang mirip hanya saja Data 2 menggunakan angka nol “0” pada kolom B dan C sedangkan Data 3 pada kolom B dan C datanya kosong (tidak diinput) maka hasilnya akan berbeda. Kenapa? Karena memberikan angka nol pada cell dengan mengkosongkan sebuah cell dianggap berbeda, walaupun menurut nalar kita harusnya ini sama saja.

Baca Juga : Tata Cara Cut Copy Paste Di Excel

Dan untuk Data 3 dan Data 4, nilai yang ada pada setiap masing-masing kolom adalah sama akan tetapi hasilnya berbeda. Itu karena pada Data 4, rumusnya admin modif sedikit dengan menambahkan angka 9 pada rumus, sehingga excel membacanya sebagai sebuah nilai tambahan yang harus dikombinasikan dengan angka yang telah ada.

Untuk contoh fungsi AVERAGEA, AVERAGEIF, AVERAGEIFS akan admin bahas pada tulisan berikutnya.

Admin rasa cukup sekian penjelasan dari admin mengenai Fungsi AVERANGE Pada Excel Secara Lengkap. Jangan lupa untuk mengunjungi tulisan admin yang lain dengan pembahasan yang tidak kalah penting. Linknya admin taruh dibawah ini :

Fungsi Statistik Lainnya :

Fungsi AVERAGE Pada Excel | Menghitung Nilai Rata-Rata Pada Excel

Fungsi AVERAGEIF Pada Excel | Rumus Excel Rata-Rata Dengan Suatu Kriteria

Fungsi AVERAGEIFS Pada Excel | Rumus Excel Rata Rata Dengan Beberapa Kriteria

Fungsi COUNT Pada Excel | Rumus Menghitung Banyak Data Angka Di Excel

Fungsi COUNTA Pada Excel | Menghitung Jumlah Cell Yang Tidak Kosong

Fungsi COUNTBLANK Pada Excel | Menghitung Jumlah Cell Yang Kosong

Fungsi COUNTIF Pada Excel | Menghitung Jumlah Cell Dengan Kriteria Tertentu

FUNGSI COUNTIFS Pada EXCEL | Menghitung Jumlah Cell Dengan Banyak Kriteria

Fungsi Min dan Max Pada Microsoft Excel

Fungsi LARGE Dan Fungsi SMALL Pada Microsoft Excel

FUNGSI RANK PADA EXCEL | Termasuk Fungsi Rank.QE dan Rank.AVG 

Fungsi FREQUENCY Pada Excel | Cara Menghitung Frekuensi Data Di Excel

Sekian dan terimakasih banyak karena telah bersedia berkunjung ke blog yang sederhana ini, semoga apa yang admin sampaikan ini dapat berguna bagi kehidupan kita di kemudian hari.

Sampai jumpa pada tulisan admin berikutnya.

Wassalamualaekum wr wb.

0 Response to "Fungsi AVERAGE Pada Excel | Menghitung Nilai Rata-Rata Pada Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close