-->

Fungsi CONCATENATE Pada MS Excel

 Fungsi CONCATENATE Excel.- Tutorial Excel yang akan kita bahas pada halaman ini yaitu mengenai Function Text lainnya yaitu Fungsi CONCATENATE Pada Excel

Adapun yang akan kita pelajari pada halaman ini yaitu mulai dari: 

  1. Pengertian Fungsi CONCATENATE Excel, 
  2. Cara Menggunakan Fungsi CONCATENATE Pada Excel,  
  3. Contoh Penggunaan Dari Fungsi CONCATENATE Pada Excel.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Microsoft Excel tidak hanya digunakan untuk mengolah data berupa angka semata, tetapi juga mengolah data berupa text. 

Terdapat berbagai macam fungsi/rumus excel yang dapat digunakan untuk mengolah data teks salah satunya adalah Fungsi Concatenate Excel yang akan kita pelajari pada halaman ini. 

Bagi yang tertarik belajar Fungsi Text lainnya, admin telah letakkan link dari berbagai fungsi text excel pada bagian bawah artikel ini. Jadi kamu tinggal klik saja untuk berpindah kehalaman berikutnya sesuai dengan judul artikel yang kamu pilih sendiri.

Fungsi Concatenate Pada Excel

Apa itu Fungsi CONCATENATE Excel? Supaya lebih jelas Mari kita langsung ke pokok pembahasannya agar kita tidak terlalu lama kebingungan. 😉😉

FUNGSI CONCATENATE PADA EXCEL

Fungsi CONCATENATE Pada Excel merupakan Fungsi excel yang digunakan untuk menggabungkan dua atau beberapa teks menjadi satu teks yang utuh. Teks yang digabungkan dapat berupa teks yang ditulis langsung dalam rumus Concatenate atau berdasarkan referensi dua cell atau bahkan lebih ke dalam satu cell excel.

Singkatnya Fungsi Concatenate Excel ini digunakan untuk menggabungkan beberapa teks atau kata menjadi satu kesatuan. Fungsi ini dapat kalian temui pada Microsoft Excel versi 2007 sampai versi terbaru saat artikel ini dibuat yaitu Excel 2019. Hanya saja, pada Excel 2016 ke atas, Excel Mobile, dan Excel Web fungsi ini di ganti dengan nama Fungsi CONCAT Excel.

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI CONCATENATE PADA EXCEL

Adapun cara penggunaan dari Fungsi Concatenate Excel ini menggunakan sebuah rumus tertentu seperti fungsi excel pada umumnya yang biasa kita sebut dengan Sintaks. 

Untuk Struktur Sintaks Rumus Concatenate Excel adalah sebagai berikut:

=CONCATENATE(Teks1; [Teks2];..)

Keterangan Sintaks:

  • Teks1 merupakan teks pertama yang akan digabungkan.
  • Teks2 merupakan teks kedua yang akan digabungkan.

Sebagai Catatan:

  1. Item teks bisa berupa nilai teks, angka, atau referensi sel.
  2. Item teks yang bisa digabungkan hingga 255 item dan 8.192 karakter.

Baca Juga : 

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI CONCATENATE PADA EXCEL

Berikut ini adalah contoh penggunaan fungsi Concatenate / Concat pada excel:

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI CONCATENATE PADA EXCEL

Pada contoh kasus diatas, admin akan merangkai kata menjadi sebuah kalimat dengan menggunakan Fungsi Concatenate Excel. Penjelasan rumus yang admin gunakan adalah sebagai berikut:

  • Rumus =CONCATENATE(C4;D4) Artinya kita akan menggabungkan nilai teks yang ada pada cell C4 dengan nilai teks yang ada pada cell D4.
  • Rumus =CONCATENATE(C4;" ";D4) Artinya kita akan menggabungkan nilai teks yang ada pada cell C4 dengan nilai teks kosong (“ “) dan nilai teks yang ada pada cell D4. Sebenanya ini sama dengan rumus yang pertama, hanya saja untuk memberikan spasi di tengah-tengah teks antara nilai teks yang ada pada cell C4 dengan cell D4.
  • Rumus =CONCATENATE("Saya ";F4;" ";C4;" ";G4;" ";E4;" ";"Pada ";D4) Artinya kita akan menggabungkan nilai teks yang diberikan secara langsung dengan nilai teks yang ada pada referensi cell yang ada.

Silahkan kalian berkreasi sendiri untuk melatih kemampuan kalian dalam memahami Fungsi Concatenate Excel ini dengan cara merangkai kata diatas dengan rumus.

Selain Cara diatas, Cara menggabungkan Kata Pada Excel dapat dilakukan dengan cara yang berbeda seperti berikut ini.

Baca Juga : Tata Cara Cut Copy Paste Di Excel

Cara Menggabungkan Kata Dalam Excel

Cara menggabungkan beberapa kata di excel, salah satunya telah kita pelajari diatas yaitu dengan rumus concatenate. Adapun cara lainnya adalah dengan menggunakan tanda  dan (&).

Berikut ini adalah contoh penggunaanya:

Cara Menggabungkan Kata Dalam Excel

Terlihat pada gambar bawah, setiap cell yang selalu di berikan tanda "&" untuk menggabungkan nilai teks yang ada pada setiap cell. Bukan hanya menggabungkan nilai antar cell, tetapi juga menggabungkan nilai yang ditulis secara langsung seperti memberikan spasi dengan cara memberikan tanda kutip dan diberikan spasi (" ")

Sampai disini, admin yakin kalian telah memahami apa yang telah disampaikan diatas. Namun jika terdapat penjelasan yang masih dirasa kurang atau memang ada yang perlu untuk ditanyakan, maka silahkan tinggalkan dikolom komentar yang telah disediakan dibawah artikel ini.

Baca juga artikel kami yang lainnya, linknya telah admin siapkan dibawah ini.

Artikel Funtion Text Lainnya :

Fungsi Lower, Fungsi Upper Dan Fungsi Proper Di Excel

Fungsi LEFT, RIGHT, MID Pada Excel

Fungsi FIND Dan Fungsi SEARCH Pada Excel

Fungsi LEN

Fungsi TRIM Pada Excel

Fungsi SUBSTITUTE Excel

Fungsi REPLACE Excel

Fungsi CONCATENATE Pada MS Excel

Fungsi Text Di Excel

Fungsi EXACT Pada Excel

Semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat bermanfaat bagi kehidupan kita secara pribadi mapun secara bermasyarakat. Aamiin  

 

 

0 Response to "Fungsi CONCATENATE Pada MS Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close