-->

Fungsi FIND Dan Fungsi SEARCH Pada Excel

 Rumus FIND Dan SEARCH Pada Excel.- Hari ini kita akan belajar Formula Excel yang biasa digunakan oleh pengguna excel dalam Mencari Posisi Teks Pada Excel, fungsi tersebut ialah Fungsi Find dan Fungsi Search Pada Excel.

Kedua Fungsi ini cukup sering digunakan melengkapi suatu rumus atau fungsi tertentu pada excel. 

Oleh karena itulah, Pada tulisan admin kali ini kita akan membahas kedua fungsi tersebut mulai dari: 

  • Pengertian Fungsi FIND Dan SEARCH Pada Excel, 

  • Cara Menggunakan Fungsi FIND Dan SEARCH Pada Excel, 

  • Contoh Penggunaan Fungsi FIND Dan Fungsi SEARCH Pada Excel, serta 

  • Perbedaan Antara Fungsi FIND dan Fungsi SEARCH itu sendiri.

Admin berharap setelah kalian mengikuti penjelasan admin dibawah ini, kalian bisa mengetahui kapan kalian harus menggunakan fungsi FIND dan kapan kalian harus menggunakan fungsi SEARCH. Untuk  itu, tetap jaga konsentrasi kalian, OKE. Yuuk mari kita mulai.

Baca Juga Aturan Penulisan Formula Pada Excel agar kalian tidak kebingungan terkait formula / rumus yang akan kita pelajari pada halaman ini”.

FUNGSI FIND PADA EXCEL

Fungsi FIND pada excel digunakan untuk melakukan pencarian teks, baik satu karakter string teks atau beberapa karakter teks sekaligus, dengan tujuan mengetahui posisi relatif dari teks tersebut pada sebuah teks.

Perlu diketahui bahwa, Fungsi FIND bersifat Case Sensitive artinya sangat peka terhadap besar kecilnya huruf pada teks. Jadi huruf besar dengan huruf kecil diasumsikan berbeda.

Baca Juga : Fungsi OR Pada Excel

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI FIND DI EXCEL

Untuk menggunakan fungsi Find pada excel, tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu sintaks dari fungsi Find ini. Adapun Sintaks yang digunakan adalah sebagai berikut.

Sintaks Fungsi FIND Excel

=FIND(find_text;within_text;[start_num])

Keterangan Sintaks :

  • find_text : text yang ingin kita temukan dan mengetahui posisinya.
  • within_text : teks yang berisi teks yang ingin kita temukan. Mungkin lebih tepatnya ini adalah range text dari teks yang akan kita cari.
  • start_num : digunakan untuk menentukan karakter yang digunakan untuk memulai pencarian. Start_num harus berisi angka, jika kita tidak memberikan nilai pada start_num, maka akan diasumsikan menjadi angka 1. Yang artinya akan memulai pencarian dari karakter pertama dalam teks.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI FIND PADA EXCEL

Untuk lebih memahami cara penggunaan fungsi FIND, berikut ini admin telah menyiapkan beberapa contoh dari fungsi find.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI FIND PADA EXCEL

Keterangan Gambar :

=FIND(“a”;B2;1) artinya kita akan mencari posisi karakter “a” dari teks pada cell B2 yang dimulai dari karakter ke 1 dan hasilnya adalah 2. Karena “a” berada pada posisi karakter ke 2 dari karakter pertama “S”.

=FIND(“a”;B3;3) artinya kita akan mencari posisi karakter “a” dari teks pada cell B3 yang dimulai dari karakter ke 3 dan hasilnya adalah 4. Karena “a” berada pada posisi karakter ke 4 jika di hitung dari karakter ke 3 “y”.

Pada rumus ke tiga =FIND(“a”;B4;20) terjadi error #VALUE! Karena karakter “a” tidak ditemukan sebab di hitung mulai dari karakter ke 20.

Pada rumus ke empat =FIND(“A”;B5;1) terjadi error #VALUE! Karena karakter “A” tidak ditemukan karena rumus FIND adalah Case Sensitive (huruf besar dan huruf kecil dibedakan).

Baca Juga : Fungsi Min dan Max Pada Microsoft Excel

FUNGSI SEARCH PADA EXCEL

Fungsi SEARCH pada excel digunakan untuk melakukan pencarian terhadap satu string teks atau beberapa string teks pada kalimat teks tertentu dan mengembalikan nomor posisi awal string teks pertama.

Jika fungsi FIND bersifat Case Sensitive, maka Fungsi SEARCH bersifat sebaliknya. Artinya antara huruf besar dan huruf kecil diasumsikan sama (tidak Case Sensitive).

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI SEARCH DI EXCEL

Untuk menggunakan Fungsi SEARCH pada excel, tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu sintaks dari fungsi tersebut. Dan adapun sintaks dari fungsi search adalah sebagai berikut;

Sintaks Fungsi SEARCH Excel

=SEARCH(find_text;within_text;[start_num])

Keterangan Sintaks :

  • find text : merupakan teks yang akan dicari posisinya.
  • within_text : merupakan teks yang berisi argument pada find_text. Argument ini dapat berupa teks yang di tulis langsung pada rumus atau berdasarkan teks dari alamat cell.
  • start_num : angka yang digunakan untuk menunjukkan posisi karakter pertama dimulainya pencarian. Argument ini bisa dikosongkan dengan catatan, jika di kosongkan maka excel akan menganggap pencarian dimulai dari karakter pertama (1).

Baca Juga : Fungsi LARGE Dan Fungsi SMALL Pada Microsoft Excel

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI SEARCH PADA EXCEL

Agar lebih memahami cara menggunakan fungsi search pada excel, admin telah menyiapkan menyiapkan contoh penggunaan fungsi search dibawah ini.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI SEARCH PADA EXCEL

Untuk penjelasan dari gambar diatas, hampir sama dengan penjelasan pada contoh gambar pada fungsi FIND. Jadi admin rasa tidak perlu menjelaskanya lagi.

Sampai disini kita telah memahami cara menggunakan FUNGSI FIND dan FUNGSI SEARCH pada excel, dan sekarang kita akan membahas perbedaan penggunaan dari kedua fungsi tersebut.

PERBEDAAN FUNGSI FIND DAN FUNGSI SEARCH PADA EXCEL

Sebenarnya dari kedua contoh penggunaan fungsi diatas, kita telah mengetahui perbedaan dari Fungsi FIND dan Fungsi SEARCH. Perbedaan yang paling mencolok adalah sebagai berikut :

Fungsi FIND

Fungsi SEARCH

Case Sensitive

Tidak Case Sensitive

Tidak bisa disandingkan dengan karakter “wildcard”

Dapat disandingkan dengan karakter “wildcard”

  • Case Sensitive : huruf besar dan huruf kecil di bedakan.
  • Karakter Wildcard : seperti tanda Tanya (?) untuk mewakili 1 karakter huruf dan tanda bintang (*) untuk mewakili lebih banyak karakter huruf.

Dan untuk lebih jelas lagi tentang perbedaan dari kedua fungsi diatas, maka admin telah menyiapkan contoh berupa gambar dibawah ini.

PERBEDAAN FUNGSI FIND DAN FUNGSI SEARCH PADA EXCEL

Baca Juga : Arti Tanda Dollar ($) Pada Excel

Dari gambar diatas, mungkin kalian sudah lebih memahami tentang Perbedaan Fungsi FIND Dan Fungsi SEARCH Pada Excel. Intinya jika kalian ingin melakukan pencarian yang sama persis maka gunakan FUNGSI FIND pada excel. Sebaliknya jika pencarian yang kalian lakukan tidak membutuhkan huruf yang tidak mesti sama persis maka gunakan FUNGSI SEARCH. 

Demikianlah, penjelasan admin tentang Fungsi FIND dan SEARCH pada excel. Mudah-mudahan apa yang kita pelajari hari ini dapat bermanfaat bagi kehidupan kita, baik secara pribadi maupun bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Jika ada kesalahan dalam penyampaian atau terdapat materi yang tidak bisa dipahami, maka admin persilahkan dengan hormat untuk mengisi pertanyaan kalian pada kolom komentar yang telah disediakan pada bagian bawah artikel ini.

Baca juga tulisan admin lainnya untuk menambah wawasan keilmuan excel kalian atau untuk sekedar mengingatkan kembali tentang ilmu excel yang telah kalian pelajari di bangku sekolah / perkuliahan.

Artikel Funtion Text Lainnya :

Fungsi Lower, Fungsi Upper Dan Fungsi Proper Di Excel

Fungsi LEFT, RIGHT, MID Pada Excel

Fungsi FIND Dan Fungsi SEARCH Pada Excel

Fungsi LEN Pada Excel

Fungsi TRIM Pada Excel

Fungsi SUBSTITUTE Excel

Fungsi REPLACE Excel

Fungsi CONCATENATE Pada MS Excel

Fungsi Text Di Excel

Fungsi EXACT Pada Excel

Sekian dan admin haturkan banyak-banyak terimakasih.

Wassalamualaekum wr wb.

0 Response to "Fungsi FIND Dan Fungsi SEARCH Pada Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close