-->

Fungsi Lower, Upper Dan Proper Di Excel

 Fungsi Lower, Upper Dan Proper.- Tutorial Exel yang admin tulis berikut ini yaitu membahas 3 Formula Excel sekaligus yaitu:

  • Fungsi LOWER Pada Excel.
  • Fungsi UPPER Pada Excel.
  • Fungsi PROPER Pada Excel

Dimana ke-Tiga fungsi tersebut merupakan fungsi pengolah text seperti Fungsi LEFT, RIGHT, MID Pada Excel dan lain sebagainya yang kita bahas pada halaman berbeda.

Dari gambar diatas, kita dapat menyimpulkan perbedaan dari ke tiga fungsi yang akan kita pelajari saat ini. Agar lebih jelas, mari kita bahas secara satu persatu

RUMUS / FUNGSI LOWER PADA EXCEL

Fungsi Rumus Lower Dalam Excel adalah salah satu fungsi teks pada excel untuk mengonversi semua huruf besar pada data menjadi huruf kecil semua.

Cara Menggunakan Fungsi LOWER Pada Excel

Untuk menggunakan fungsi Lower tentunya kita harus mengetahui sintaksnya bukan?. Adapun sintaksnya adalah sebagai berikut :

Sintaks dari fungsi Lower :

=LOWER(text)

Teks : merupakan teks yang ingin kita konversi ke huruf kecil tanpa mengubah karakter huruf itu sendiri. teks ini dapat di input secara langsung atau menggunakan inputan yang ada pada cell lain.

Baca Juga : Cara Menulis Formula Di Excel

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI RUMUS LOWER PADA EXCEL

Supaya kita bisa memahami lebih jelas tentang Cara Menggunakan Fungsi LOWER pada excel, maka alangkah lebih baiknya jika kita langsung praktek saja.

Perhatikan contoh gambar dibawah ini.

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI RUMUS LOWER PADA EXCEL

Keterangan :

Pada kolom A, kita isikan dengan kalimat yang semuanya huruf besar (Pada Cell A2) dan kalimat yang huruf depannya huruf besar (Pada Cell A3). Pada kolom C, kita isikan rumus =LOWER(A2) dan hasilnya dapat kita lihat kalimatnya menjadi huruf kecil semua.

Baca Juga : Fungsi IF Pada Excel

RUMUS / FUNGSI UPPER PADA EXCEL

Fungsi UPPER Di Excel adalah salah satu fungsi Text pada excel yang digunakan untuk megkonversi / mengubah teks menjadi huruf besar semua. Fungsi ini tentu berguna jika nantinya kalian ingin membuat heading kolom atau data tertentu yang membutuhkan huruf besar semua.

Cara Menggunakan Fungsi UPPER Pada Excel

Sebelum menggunakan fungsi UPPER tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu sintaks dari fungsi UPPER ini. adapun sintaksnya adalah sebagai berikut :

Sintaks :

=UPPER(text)

Text : merupakan teks yang akan kita konversi ke huruf besar. Teks ini dapat berupa referensi (alamat cell) atau string (teks yang kalian ketik secara langsung).

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI UPPER PADA EXCEL

Untuk lebih jelasnya tentang Penggunaan Upper Pada Excel, perhatikan contoh gambar dibawah ini.

CONTOH CARA MENGGUNAKAN FUNGSI UPPER PADA EXCEL

Dari gambar diatas, terlihat bahwa Kalimat Awal yang mempunyai huruf kecil di ubah menjadi huruf besar semuanya pada Kalimat Hasil. Sementara untuk baris terakhir admin menggunakan kalimat string yang admin tulis secara langsung pada rumus.

Baca Juga : Fungsi Lookup Di Excel

RUMUS / FUNGSI PROPER PADA EXCEL

Fungsi PROPER pada excel digunakan untuk menjadikan huruf pertama pada kata menjadi kapital. 

Secara singkat, jika fungsi Lower menjadikan semua huruf menjadi huruf kecil dan fungsi Upper manjadikan semua huruf menjadi huruf besar. Sementara Fungsi Proper hanya mengubah huruf pertama pada kata menjadi huruf besar.

Cara Menggunakan Fungsi PROPER Pada Excel

Begitu juga dengan Fungsi PROPER, sebelum menggunakannya tentunya kita harus mengetahui sintaks dari fungsi ini bukan?. Sintaksnya adalah sebagai berikut :

Sintaks Fungsi Proper Pada Excel

=PROPER(text)

Text : merupakan teks yang akan kita konversi huruf pertama menjadi huruf besar. Teks ini dapat berupa referensi (alamat cell) atau string (teks yang kalian ketik secara langsung).

Baca Juga : Fungsi LARGE Dan Fungsi SMALL Pada Microsoft Excel

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI PROPER PADA EXCEL

Supaya lebih jelas tentang penggunaan fungsi Proper, kita akan langsung mempraktekkannya. perhatikan gambar dibawah ini :


Dari gambar diatas, kita bisa melihat bagaimana cara menggunakan fungsi Proper ini. Coba kalian perhatikan pada baris yang ke tiga, satu huruf setelah angka akan di ubah menjadi huruf besar bukan?. ini karena huruf setelah angka juga dihitung sebagai huruf pertama pada kata.

Admin rasa rumus LOWER, UPPER, Dan PROPER ini tidak sulit bukan?.

Bagi kalian yang masih ingin mengupdate ilmu excel, berikut ini admin bagikan link yang mungkin dapat membantu meningkatkan ilmu excel kalian.

Artikel Funtion Text Lainnya :

Fungsi Lower, Fungsi Upper Dan Fungsi Proper Di Excel

Fungsi LEFT, RIGHT, MID Pada Excel

Fungsi FIND Dan Fungsi SEARCH Pada Excel

Fungsi LEN

Fungsi TRIM Pada Excel

Fungsi SUBSTITUTE Excel

Fungsi REPLACE Excel

Fungsi CONCATENATE Pada MS Excel

Fungsi Text Di Excel

Fungsi EXACT Pada Excel

Semoga apa yang kita pelajari hari ini bermanfaat bagi kehidupan kita dan keluarga kita, terlebih bisa bermanfaat bagi orang lain.

Sampai jumpa pada tulisan admin berikutnya.

 

0 Response to "Fungsi Lower, Upper Dan Proper Di Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close