-->

Fungsi SUBSTITUTE Excel | Cara Mengganti Kata Pada Excel

Rumus SUBSTITUTE Excel.- Hari ini kita akan belajar Formula Excel lainnya yang merupakan salah satu Fungsi Text Pada excel. Dimana fungsi tersebut yaitu Fungsi Substitute Pada Excel yang juga bisa digunakan untuk mengganti kata atau teks pada excel. 

Fungsi Substitute Di Excel ini hampir sama dengan Fungsi Replace hanya saja untuk fungsi Replace kita bisa mengganti teks apapun yang muncul pada posisi tertentu dalam string teks.

Pada halaman ini, admin telah menyiapkan beberapa contoh dalam menggunakan fungsi Substitute Excel dan Contoh dalam menggabungkan fungsi Substitute dengan Fungsi lainnya, seperti Fungsi Upper dan Fungsi Lower.

Setelah kalian paham tentang Fungsi Substitute Dalam Excel dan bagaimana cara menggunakannya maka kalian dapat menentukan bagaimana cara menggabungkan fungsi ini dengan fungsi yang lain sesuai dengan kebutuhan kalian dalam mengolah data.

Namun sebelum lanjut, admin ingin mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada kakak-kakak semuanya karena telah bersedia berkunjung ke blog kami yang sederhana ini. Semoga apa yang kalian cari selama ini dapat kakak temukan di blog ini serta dapat memberikan manfaat bagi kehidupan kita dikemudian hari.

FUNGSI SUBSTITUTE DALAM EXCEL

Seperti yang telah admin bocorkan diatas bahwa, Fungsi Substitute Pada Excel adalah Fungsi yang digunakan untuk mengganti sebuah karakter huruf atau kata dalam sebuah kata atau kalimat dalam excel.

Mungkin ada yang bertanya, Apa perbedaan antara Fungsi SUBSTITUTE dengan Fungsi REPLACE pada excel? Fungsi REPLACE yaitu untuk mengganti teks berdasarkan dan jumlah karakter yang telah ditentukan. Sementara itu, Fungsi SUBSTITUTE mengganti teks berdasarkan pencocokan teks atau kata yang akan diganti.

Jadi apablia kalian ingin mengganti sebuah kata atau teks pada excel namun yang kalian ketahui hanyalah teksnya saja maka gunakan fungsi SUBSTITUTE. Numun jika kalian ingin menggati teks yang telah kalian ketahui teks dan posisi dari teksnya maka gunakanlah Fungsi REPLACE.

Baca Juga Fungsi Find Dan Search Pada Excel agar kalian bisa mengetahui teks yang kalian cari berada pada posisi ke berapa.

Baca Juga : 

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI SUBSTITUTE PADA EXCEL

Untuk menulis rumus fungsi Substitute pada excel tentunya ada aturannya yang biasa disebut dengan Sintaks. Adapun sintaksnya adalah sebagai berikut :

=SUBSTITUTE(text;old_text;new_text;[instance_num]

Keterangan Sintaks:

  • Text : teks yang ditulis secara langsung atau berdasarkan referensi sel berisi teks yang ingin anda ganti karakternya.
  • Old_text : teks yang akan kita ganti.
  • New_text : teks yang akan menggantikan old_text.
  • Instance_num : ini bersifat opsional, digunakan untuk menentukan kemunculan old_text yang akan kita ganti dengan new_text. Instance_num jika di kosongkan / tidak di isikan maka fungsi Substitute akan mengganti semua old_text menjadi teks yang baru / new_text.

Supaya tidak kebingungan kita langsung dengan contoh penggunaan dari fungsi substitute yang telah admin siapkan dibawah ini.

Baca Juga : Cara Menulis Formula Di Excel

CONTOH FUNGSI SUBSTITUTE PADA EXCEL

Perhatikan gambar dibawah ini, agar kalian memahami cara penggunaan fungsi Substitute pada excel.

Penjelasan Gambar:

Jadi pada contoh kasus diatas, admin akan mengubah huruf “@” menjadi huruf “a” dengan berbagai rumus seperti yang terlihat pada gambar.

  • Rumus =SUBSTITUTE($A$1;”@”;”a”) ini akan mengubah Semua huruf “@” pada teks yang ada pada cell A1 menjadi huruf “a” tanpa terkecuali.
  • Rumus =SUBSTITUTE($A$1;”@”;”a”;1) ini akan mengubah 1 huruf pertama dari huruf “@” pada teks yang ada pada cell A1 menjadi huruf “a”.
  • Rumus =SUBSTITUTE($A$1;”@”;”a”;2) ini akan mengubah 1 huruf ke Dua dari huruf “@” pada teks yang ada pada cell A1 menjadi huruf “a”.
  • Rumus =SUBSTITUTE($A$1;”@”;”a”;3) ini akan mengubah 1 huruf ke Tiga dari huruf “@” pada teks yang ada pada cell A1 menjadi huruf “a”.
  • Rumus =SUBSTITUTE($A$1;”@”;”a”;4) ini akan mengubah 1 huruf ke Empat dari huruf “@” pada teks yang ada pada cell A1 menjadi huruf “a”.

Baca Juga : Arti TandaDollar ($) Pada Excel

Catatan : Fungsi SUBSTITUTE ini bersifat Case Sensitive yang artinya akan membedakan huruf besar dan huruf kecil. Apabila kalian menginginkan rumus Substitute ini mengabaikan huruf besar dan huruf kecil maka gunakan Fungsi LOWER atau UPPER sebelum kalian memasukkannya sebagai argument text yang akan diubah. Contohnya seperti gambar dibawah ini:

Demikianlah pembahasan kita tentang Fungsi SUBSTITUTE yang merupakan salah satu dari Fungsi Text yang telah kita pelajari pada blog Kita Ngoding.

Jika kalian masih tertarik untuk belajar Fungsi Text yang lainnya, silahkan kalian klik link yang telah admin siapkan dibawah ini. Setelah itu kalian akan diarahkan ke halaman artikel yang sesuai dengan judul artikel yang kalian klik.

Artikel Funtion Text Lainnya:

Fungsi Lower, Fungsi Upper Dan Fungsi Proper Di Excel

Fungsi LEFT, RIGHT, MID Pada Excel

Fungsi FIND Dan Fungsi SEARCH Pada Excel

Fungsi LEN

Fungsi TRIM Pada Excel

Fungsi SUBSTITUTE Excel

Fungsi REPLACE Excel

Fungsi CONCATENATE Pada MS Excel

Fungsi Text Di Excel

Fungsi EXACT Pada Excel

Semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat bermanfaat bagi kehidupan kita dikemudian hari dan menjadi amal jariyah bagi kita semuanya.

Sekian  dari admin, sampai jumpa pada tulisan admin yang lainnya.

Wassalamualaekum wr wb.

 

 

0 Response to "Fungsi SUBSTITUTE Excel | Cara Mengganti Kata Pada Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close