-->

FUNGSI LEN DI EXCEL, Cara Menghitung Huruf Pada Excel

 Fungsi LEN Excel.- Hari ini kita akan belajar tentang salah satu Formula Excel pada excel yang digunakan untuk Menghitung Jumlah Karakter Pada Excel. Karena dalam beberapa kasus saat menggunakan excel, terkadang kita ingin mengetahui jumlah semua karakter yang ada pada suatu kalimat/kata pada excel.

Untuk itu lah kita akan belajar tentang FUNGSI LEN EXCEL ini.

FUNGSI LEN EXCEL

FUNGSI LEN PADA EXCEL

Fungsi LEN pada excel merupakan salah satu dari fungsi TEXT yang digunakan untuk menghitung jumlah huruf atau teks yang ada di excel. Baik berupa huruf, angka, spasi, koma, titik dan lain sebagainya.

Jadi sebenarnya Fungsi LEN tidak hanya menghitung jumlah huruf saja tetapi semua karakter yang ada termasuk angka, spasi dan sebagainya.

Adapun cara menggunakan fungsi LEN ini untuk Menghitung Jumlah Karakter Di Excel akan kita bahas dengan seksama dibawah ini.

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI LEN PADA EXCEL

Untuk Menghitung Jumlah Karakter Huruf Di Excel, tentunya kita harus menggunakan sintaks yang merupakan aturan menggunakan rumus pada excel.

SINTAKS FUNGSI LEN EXCEL

Berikut ini adalah sintaks dari Fungsi LEN :

=LEN(text)

Argument text merupakan kumpulan huruf, angka atau karakter lainnya. text dapat diambil dari alamat cell tertentu maupun bisa di ketik secara langsung pada rumus.

Baca Juga : Cara Menulis Formula Di Excel

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI LEN PADA EXCEL

Dibawah ini, admin telah menyiapkan beberapa contoh penggunaan Fungsi LEN pada excel. Semoga dapat memberikan pemahaman yang labih baik untuk kalian semua.

Perhatikan contoh gambar dibawah ini :

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI LEN PADA EXCEL

Pada contoh gambar diatas, admin membaginya dengan beberapa cara yaitu :

Cara 1. Untuk cara yang pertama ini, admin secara langsung memberikan teks pada rumus fungsi LEN untuk menghitung jumlah karakter yang diberikan dan secara langsung mengembalikan hasil pada cell tersebut.

Cara 2. Untuk cara yang kedua ini, admin menghitung jumlah karakter pada teks berdasarkan alamat cell tertentu. Dalam contoh gambar, admin menghitung jumlah karakter pada teks yang terdapat pada cell A9 dan rumus =LEN(A9) admin taruh di cell B9.

Supaya mempermudah kalian dalam memahami cara kerja dari fungsi LEN itu sendiri silahkan kalian perhatikan gambar dibawah ini.

Cara kerja Fungsi LEN

Jadi Fungsi LEN akan menghitung jumlah karakter yang ada dengan cara seperti gambar diatas dan mengembalikan hasil dari jumlah seluruh karakter pada teks tersebut.

Sekarang pertanyaannya, apakah kita bisa menghitung berapa jumlah karakter dari beberapa alamat cell sekaligus? Jawabannya adalah bisa. Bagaimana caranya? Mari simak penjelasan admin dibawah ini.

Baca Juga : Mengenal Rumus Dan Fungsi Pada Excel

CARA MENGHITUNG JUMLAH KARAKTER DI KOLOM EXCEL

Dari contoh sebelumnya kita telah mengetahui bagaimana menghitung jumlah karakter pada excel dari satu cell saja. Itu karena fungsi LEN hanya dapat menghitung jumlah huruf atau teks dalam satu Argument saja, yang artinya kita tidak bisa menghitung jumlah karakter huruf dalam beberapa cell apalagi dalam satu kolom.

Terus, bagaimana jika karakter huruf yang akan dihitung berada dalam satu kolom yang banyak sekaligus? Nah, untuk melakukannya simak penjelasan admin berikut ini.

Jadi untuk melakukan penjumlahan terhadap beberapa cell sekaligus, kita harus menyandingkan fungsi LEN dengan operator penjumlahan atau menggunakan Fungsi SUMPRODUCT.

Perhatikan contoh gambar dibawah ini:

CARA MENGHITUNG JUMLAH KARAKTER DI KOLOM EXCEL

Pada gambar diatas, admin menggunakan dua rumus yaitu :

Rumus yang pertama, admin menggunakan fungsi LEN dengan Operator Penjumlahan (“+”).

Rumus yang kedua, admin menggunakan fungsi SUMPRODUCT disandingkan dengan Fungsi LEN dengan Range A30:A32.

Kedua rumus tersebut sama-sama menghitung jumlah karakter yang ada pada beberapa cell sekaligus dan hasilnya kalian bisa lihat sendiri pada gambar diatas.

Baca Juga : Membuat Dan Memformat Tabel Pada Excel

Baiklah, sampai disini dulu penjelasan admin tentang Rumus Menghitung Jumlah Karakter Pada Excel. Dengan harapan semoga bisa bermanfaat bagi kehidupan kita baik secara pribadi maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

Namun sebelum admin akhiri, admin ingin merekomendasikan kepada kalian yang masih ingin belajar dan mengupgrade ilmu excel kalian untuk membaca juga tulisan admin lainnya yang terkait dengan ilmu excel tentunya. Linknya telah admin siapkan dibawah ini, jadi kalian tinggal klik untuk berpindah ke halaman dengan pembahasan yang tertera.

Artikel Funtion Text Lainnya :

Fungsi Lower, Fungsi Upper Dan Fungsi Proper Di Excel

Fungsi LEFT, RIGHT, MID Pada Excel

Fungsi FIND Dan Fungsi SEARCH Pada Excel

Fungsi LEN Pada Excel

Fungsi TRIM Pada Excel

Fungsi SUBSTITUTE Excel

Fungsi REPLACE Excel

Fungsi CONCATENATE Pada MS Excel

Fungsi Text Di Excel

Fungsi EXACT Pada Excel

Terimakasih admin ucapkan bagi kalian yang telah berkunjung di blog Kita Ngoding. Sampai jumpa lagi pada pembahasan yang seru lainnya.

Wassalamualaekum wr wb.

0 Response to "FUNGSI LEN DI EXCEL, Cara Menghitung Huruf Pada Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close