-->

Fungsi TRIM Pada Excel : Cara Menghapus Spasi Excel

Fungsi TRIM Excel.- Tulisan admin pada kesempatan kali ini akan melanjutkan Tutorial Excel kita, dimana pada halaman ini admin akan membahas tentang Fungsi TRIM Di Excel yang dapat kalian gunakan untuk Menghilangkan Spasi Di Excel. 

Dalam kasus-kasus tertentu, tidak jarang kita menemukan suatu data yang berantakan. Sehingga kita perlu untuk melakukan filter/membersihkan data tersebut supaya terlihat lebih rapi dan mudah untuk di olah menjadi sebuah informasi.

Itulah alasan mengapa kita perlu belajar Fungsi Trim Pada Excel. Karena fungsi yang satu ini dapat kita manfaatkan untuk Menghapus Spasi di depan, belakang atau di tengah teks yang tidak beraturan.

Ikuti terus penjelasan admin hingga akhir supaya kalian tidak tersesat dan kehilangan arah sehingga selamat sampai tujuan. 😂😂😂

Fungsi TRIM Excel

FUNGSI TRIM DI EXCEL

Fungsi TRIM di Excel digunakan untuk menghapus semua spasi dari teks kecuali spasi tunggal di antara kata. Jadi Fungsi TRIM Excel merupakan cara Menghapus Spasi Di belakang dan Depan serta Tengah pada sebuah kalimat agar supaya kalimat tersebut terlihat lebih rapi.

Baca Juga : Cara Menulis Formula Di Excel

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI TRIM PADA EXCEL

Penggunaan Fungsi Trim Pada Excel itu sendiri tentunya membutuhkan sebuah sintaks yang merupakan aturan Penulisan Pada Excel. Adapun sintaks dari fungsi TRIM sendiri adalah sebagai berikut:

Sintaks Fungsi TRIM Excel.

=TRIM(text)

Argument text adalah teks atau kalimat yang ingin kita hapus spasinya.

Sintaks dari Fungsi TRIM Excel sangat simple dan mudah dipahami bukan? Nah, untuk selanjutnya kita akan langsung ke contoh penggunaannya pada excel.

Baca Juga Rumus Dan Fungsi Pada Excel Lengkap

CONTOH FUNGSI TRIM PADA EXCEL

Agar kalian lebih paham lagi tentang cara menggunakan Fungsi Trim Di Excel, silahkan perhatikan gambar dibawah ini.

CONTOH FUNGSI TRIM PADA EXCEL

Penjelasan Gambar :

Pada kolom “Kalimat Sebelum”, admin menyiapkan teks yang mempunyai banyak spasi. Itu terlihat dengan menghitung jumlah karakter yang ada pada cell A3 pada Cell F3. Untuk menghitung jumlah karakter pada excel gunakan Fungsi LEN.

Pada Kolom “Kalimat Setelah”, admin memberikan rumus dari Fungsi TRIM Excel seperti ini =TRIM(A3) yang artinya kita akan menghapus spasi dari cell A3 dan menyisakan spasi tunggal. Baik dibelakang, didepan kalimat bahkan diantara kata sekalipun jika spasi yang diberikan berlebihan.

Untuk membuktikannya kalian bisa melihat jumlah karakter dari dua perbandingan yang admin lakukan pada gambar, dengan menampilkan jumlah karakter masing-msing kolom baik untuk “Kalimat Sebelum” dan unuk kolom “Kalimat Setelah”.

Baca Juga Fungsi LEN Pada Excel

Admin rasa cukup sampai disini saja, karena admin yakin kalian sudah memahami tentang Fungsi TRIM Di Excel mulai dari Pengertian, Cara Menggunakan Fungsi TRIM Excel, serta Contoh Dari Fungsi TRIM Dalam Excel.

Selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah perbanyak latihan untuk lebih memantapkan lagi pemahaman atau materi yang telah kita sama-sama pelajari diatas. Oke…

Untuk kalian yang masih ingin belajar tentang ilmu excel khususnya tentang Fungsi Text lainnya, silahkan kalian klik link dibawah ini supaya langsung diarahkan ke halaman dengan judul terkait.

Artikel Funtion Text Lainnya :

Fungsi Lower, Fungsi Upper Dan Fungsi Proper Di Excel

Fungsi LEFT, RIGHT, MID Pada Excel

Fungsi FIND Dan Fungsi SEARCH Pada Excel

Fungsi LEN Pada Excel

Fungsi TRIM Pada Excel

Fungsi SUBSTITUTE Excel

Fungsi REPLACE Excel

Fungsi CONCATENATE Pada MS Excel

Fungsi Text Di Excel

Fungsi EXACT Pada Excel

Semoga apa yang kita pelajari hari ini menjadi amal ibadah bagi kita dan semoga bisa bermanfaat bagi kehidupan kita semuanya.

Sekian dan terimakasih banyak karena telah berkunjung pada blog kami yang sederhana ini.

Wassalamuaekum wr wb.

 

0 Response to "Fungsi TRIM Pada Excel : Cara Menghapus Spasi Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close