-->

Fungsi REPLACE Pada Excel : Cara Mengubah Kata Pada Excel

 Fungsi Rumus REPLACE Pada Excel.- Pada halaman ini admin akan berbagi pengetahuan tentang Formula Excel terkait salah satu Funtion Text Lainnya  yaitu Fungsi Replace Pada Microsoft Excel.

Disini kita akan membahas fungsi replace ini mulai dari:

  • Apa Itu Fungsi Replace Excel,
  • Cara Menggunaan Fungsi Replace Di Excel,
  • Contoh Penggunaan Fungsi Replace Pada Excel.

Sebelum lanjut ke pokok bahasan, admin ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada kalian yang telah sudi berkunjung ke blog kami yang sederhana ini. Walaupun sederhana, admin akan berusaha sekuat tenaga untuk memberikan sebuah informasi yang bermanfaat dan berwawasan bagi seluruh rakyat Indonesia. 😁😁

Sesuai dengan judul diatas, bahwa pada kesempatan yang baik ini admin akan berusaha menjelaskan kepada kalian Tentang Fungsi Replace pada excel secara ringkas, padat dan jelas. Jadi tetaplah untuk menjaga konsentrasi kalian agar dapat memahami materi yang akan admin samapaikan. Yuuk simak penjelasan admin berikut ini.

FUNGSI REPLACE PADA EXCEL

RUMUS / FUNGSI REPLACE PADA EXCEL

Fungsi REPLACE pada excel digunakan untuk mengganti / mengubah sebagian karakter dengan teks yang berbeda berdasarkan informasi dari posisi teks / urutannya dalam kalimat dan kita juga bisa menentukan berapa banyak karakter yang akan diganti.

Fungsi REPLACE Pada Excel hampir sama dengan Fungsi SUBSTITUTE yaitu dapat melakukan perubahan pada teks. hanya saja Perbedaan dari kedua fungsi ini adalah jika Fungsi SUBSTITUTE mengubah / mengganti kata pada teks tanpa memasukkan posisi dari teks yang akan diganti, sementara fungsi Replace kita harus memasukkan posisi dari teks yang akan diganti seperti contoh diatas.

Jadi ketika kalian ingin mengganti sebuah kata pada teks namun kalian tidak tahu posisi dari teks tersebut maka gunakanlah fungsi SUBSTITUTE. Namun jika kalian mengetahui persis posisi dari kata pada teks maka gunakan fungsi REPLACE.

Baca Juga : Fungsi SUBSTITUTE Pada Excel

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI REPLACE PADA EXCEL

Seperti biasa, setiap fungsi memiliki aturan penulisan yang lebih dikenal dengan sintaks. Sintaks inilah yang nanti digunakan untuk memanfaatkan fungsi REPLACE di excel. Adapun rumusnya adalah sebagai berikut :

=REPLACE(old_text; start_num; num_chars; new_text)                      

Penjelasan Dari Rumus :

  • old_Text : merupakan argument yang berisi teks atau karakter lama yang akan diganti dengan teks yang lain.
  • start_num : Merupakan argument berisi posisi atau urutan karakter pada old_text yang akan kita ganti dengan teks yang lain.
  • num_chars : merupakan argument yang berisi jumlah atau banyak karakter pada old_text yang akan diubah dengan teks yang baru / New_Text.
  • new_text : merupakan agument yang berisi text lain atau text baru yang akan digunakan untuk mengganti teks lama / old_text.

Admin berharap kalian sudah paham penjelasan sintaks rumus Replace sebelum kita lanjutkan ke contoh penggunaannya. Dan jika kalian sudah siap, maka langsung saja kita contoh penggunaanya berikut ini.

Baca Juga : Cara Menulis Formula Di Excel

CONTOH RUMUS REPLACE PADA EXCEL

Silahkan kalian perhatikan contoh yang telah admin siapkan dibawah ini:

CONTOH RUMUS REPLACE PADA EXCEL

Penjelasan Gambar:

  • Rumus =REPLACE(A4;24;4;"Di") Artinya kita akan mengubah kata pada teks (old_text) yang ada pada cell A4, yang dimulai dari (start_num) posisi karakter ke 24. Adapun jumlah karakter yang akan diganti (num_chars) adalah 4 karakter dengan nilai teks baru (new_text) yaitu “Di”.
  • Rumus =REPLACE(A5;1;4;"Belajar Bersama") Artinya kita akan mengubah kata pada teks (old_text) yang ada pada cell A5, yang dimulai dari (start_num) posisi karakter ke 1. Adapun jumlah karakter yang akan diganti (num_chars) adalah 4 karakter dengan nilai teks baru (new_text) yaitu “Belajar Bersama”.
  • Rumus =REPLACE(A6;FIND(2007;A6;1);4;"2010") Artinya kita akan mengubah kata pada teks (old_text) yang ada pada cell A5, yang dimulai dari (start_num) posisi karakter yang ditentukan dengan Rumus FIND. Adapun jumlah karakter yang akan diganti (num_chars) adalah 4 karakter dengan nilai teks baru (new_text) yaitu “2010”.
  • Rumus =REPLACE(A7;7;LEN(A7);"Di www.sinikak.com") Artinya kita akan mengubah kata pada teks (old_text) yang ada pada cell A5, yang dimulai dari (start_num) posisi karakter ke 7. Adapun jumlah karakter yang akan diganti (num_chars) adalah berdasarkan perhitungan jumlah karakter dengan Fungsi LEN dengan nilai teks baru (new_text) yaitu “Di www.sinikak.com.

Seperti yang telah admin jelaskan sebelumnya, fungsi serta kegunaan fungsi Replace ini hampir sama dengan Fungsi Substitute excel yang telah kita bahas pada kesempatan sebelumnya, yaitu sama-sama dapat digunakan untuk mengganti text.

Meskipun tentunya kedua fungsi ini memiliki ke-unikannya masing-masing. Jadi silahkan pilih saja sesuai dengan kebutuhan kalian.

Sampai disini admin yakin kalian telah memahami penggunaan dari Fungsi REPLACE dan Perbedaannya dengan Fungsi SUBSTITUTE. Karena Fungsi REPLACE tidak lah sulit untuk dipahami, hanya butuh latihan yang lebih banyak agar lebih mahir.

Baca Juga : Fungsi Lookup Di Excel

Jika terdapat penjelasan yang kurang jelas atau penulisan yang kurang berkenan dihati saudara-saudara semuanya atau mungkin ada pertanyaan terkait materi yang admin sampaikan. Maka silahkan tinggalkan saja keluh kesah kalian pada kolom komentar yang telah disediakan dibawah artikel ini.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi tulisan admin yang lainnya, linknya telah admin siapkan dibawah ini. sehingga kalian cukup tinggal klik saja untuk berpindah ke halaman yang sesuai dengan keterangan yang ada.

Artikel Funtion Text Lainnya :

Fungsi Lower, Fungsi Upper Dan Fungsi Proper Di Excel

Fungsi LEFT, RIGHT, MID Pada Excel

Fungsi FIND Dan Fungsi SEARCH Pada Excel

Fungsi LEN

Fungsi TRIM Pada Excel

Fungsi SUBSTITUTE Excel

Fungsi REPLACE Excel

Fungsi CONCATENATE Pada MS Excel

Fungsi Text Di Excel

Fungsi EXACT Pada Excel

Semoga apa yang kita pelajari pada kesempatan yang baik ini, dapat bermanfaat bagi kehidupan kita. Baik secara pribadi maupun secara bermasyarakat.

Sekian dari admin dan sampai jumpa pada artikel yang lain.

 

 

2 Responses to "Fungsi REPLACE Pada Excel : Cara Mengubah Kata Pada Excel"

  1. Secara umum: membosankan. Mohon dibuat lebih menarik. kata kunci ditaruh aja di 100 kata pertama, ga usah banyak2, lalu lanjut dengan bahasa gaul dengan banyak contoh nyata.. di paling akhir baru kasih yang teknis2. Semoga segera bisa diperbaiki.

    BalasHapus
  2. terimakasih atas kritiknya, Akan saya coba perbaiki..

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close