-->

Fungsi EXACT Pada Excel | Membandingkan Dua (2) Teks Pada Excel Yang Sama Persis

Rumus EXACT Excel.- Apa Fungsi Rumus Excel Exact Pada Excel? Bagaimana Cara Menggunakan Fungsi Exact?. Singkatnya, Formula Excel yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini merupakan salah satu fungsi untuk membandingkan dua data di excel untuk mengetahui teks yang sama. 

Detailnya tentang Fungsi Exact di excel akan kita bahas berikut ini.

Fungsi EXACT Pada Excel

FUNGSI EXACT DI EXCEL

Fungsi Exact Excel Adalah fungsi yang digunakan untuk membandingkan dua buah teks pada excel yang sama persis. Artinya kita bisa melakukan sebuah pencarian teks dengan menggunakan fungsi exact yang identik / yang sama persis.

Fungsi ini akan menghasilkan nilai logika TRUE jika nilai teks yang dibandingkan identik atau sama persis dan sebaliknya akan bernilai FALSE jika teks yang dibandingkan tidak memiliki kesamaan.

Baca Juga : 

FUNGSI RUMUS EXACT PADA EXCEL

Kenapa Harus Belajar Fungsi EXACT? Jika kalian bercita-cita ingin menjadi seorang praktisi data yang kesehariannya melakukan filtering data, maka pengetahuan tentang fungsi EXACT adalah hal yang semestinya kalian pelajari. 

Karena seorang praktisi data (Data Science, Data Analyse) tentunya akan mencari data-data yang memiliki kesamaan, sehingga mereka mendapatkan sebuah kesimpulan informasi dari sebuah data yang mereka pelajari.

Tidak hanya untuk seorang Data Science dan Data Analyse, Fungsi Exact juga akan sangat membantu bagi seorang yang berja disekolahan atau dikantor pemerintahan yang ada hubungannya dengan pencocokan data.

Menurut hemat admin, walaupun fungsi ini jarang digunakan. Namun fungsi ini patut untuk diperhitungkan keberadaannya karena kemampunnya yang dapat mendeteksi teks yang memiliki kesamaan yang sama persis.

Jadi itulah penjelasan dan alasan mengapa kita harus belajar Fungsi Exact pada excel. Selanjutnya kita akan belajar cara menggunakan fungsi exact itu sendiri.

Baca Juga : Mengenal Rumus Dan Fungsi Pada Excel

CARA PENGGUNAAN FUNGSI EXACT PADA EXCEL

Untuk menggunakan fungsi Exact pada Microsoft Excel. Tentunya kita harus menggunakan sebuah rumus seperti layaknya fungsi-fungsi yang ada pada excel namun pastinya dengan struktur yang berbeda.

Sintaks Fungsi Exact:

=EXACT(Text1; Text2)

Penjelasan:

  • Text1 merupakan argument pertama dalam bentuk teks / string. Baik di ketik secara langsung pada rumus ataupun dengan menggunakan referensi cell.
  • Text2 merupakan argument ke dua dalam bentuk teks / string. Juga bisa diketikkan secara lansung atau menggunakan referensi cell

Setelah mengetahui sintaks dari fungsi Exact, maka saatnya kita langsung ke contoh penggunaan fungsi exact itu sendiri.

Baca Juga : Cara Menulis Formula Di Excel

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI EXACT EXCEL

Mari simak contoh gambar dibawah ini :

CONTOH PENGGUNAAN FUNGSI EXACT EXCEL

Pada gambar diatas terlihat bahwa, dengan menggunakan fungsi exact kita bisa mengetahui teks yang miliki kemiripan sama persis atau tidak. Walaupun berbedaan kecil sekalipun seperti penambahan spasi, huruf besar, huruf kecil akan sangat berpengaruh terhadap hasil yang akan didapatkan.

Demikian penjelasan singkat dari admin mengenai Fungsi Exact pada excel. Semoga penjelasan admin diatas, bisa membantu menyelesaikan tugas yang sedang kalian hadapi serta dapat memberikan wawasan tambahan bagi kalian para pengunjung blog kita ngoding.

Jangan lupa untuk mengunjungi tulisan admin yang lainnya. Berikut ini adalah link yang dapat kalian klik untuk menuju ke halaman terkait:

Artikel Funtion Text Lainnya :

Fungsi Lower, Fungsi Upper Dan Fungsi Proper Di Excel

Fungsi LEFT, RIGHT, MID Pada Excel

Fungsi FIND Dan Fungsi SEARCH Pada Excel

Fungsi LEN Pada Excel

Fungsi TRIM Pada Excel

Fungsi SUBSTITUTE Excel

Fungsi REPLACE Excel

Fungsi CONCATENATE Pada MS Excel

Fungsi Text Di Excel

Fungsi EXACT Pada Excel

Sampai jumpa pada tulisan admin berikutnya. Jangan lupa komentar dibawah ya..


 

0 Response to "Fungsi EXACT Pada Excel | Membandingkan Dua (2) Teks Pada Excel Yang Sama Persis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close