-->

Fungsi FLOOR Pada Excel | Rumus Excel Pembulatan Kelipatan Angka Ke Bawah

Rumus Floor Excel.- Pada tulisan admin berikut ini, admin ingin membahas tentang Fungs Floor Di Excel. Mulai dari Apa itu Fungsi Floor Excel?, Cara Menggunakan Fungsi Floor Excel, serta Contoh Penggunaan Fungsi Floor Excel dalam membulatkan angka ke bawah ke kelipatan tertentu.

Dalam kasus tertentu kita ingin melakukan pembulatan suatu angka menjadi angka tertentu yang kita inginkan. Misalnya, kita ingin membulatkan harga suatu barang yang tadinya Rp 250,500 menjadi Rp 250,000 tanpa ada angka dibelakang koma, atau malah sebaliknya kita ingin membulatkannya menjadi angka Rp 300,000.

Itu semua bisa kita lakukan menggunakan suatu rumus pada excel yang memang diperuntukkan untuk melakukan pembulatan angka. Jika kalian ingin membulatkan angka ke arah atas maka gunakan fungsi CEILING Excel yang telah kita pelajari sebelumnya, tapi jika kalian ingin membulatkan angka ke arah bawah maka gunakan fungsi FLOOR.

Penjelasan lengkap mengenai fungsi Floor akan kita bahas berikut ini.

FUNGSI FLOOR DALAM EXCEL

FUNGSI FLOOR DALAM EXCEL

Fungsi Floor Adalah Fungsi pada excel yang digunakan untuk melakukan pembulatan angka ke arah bawah ke kelipatan signifikansi terdekat.

Selain fungsi Floor dan Fungsi Ceiling, untuk melakukan sebuah pembulatan angka ke kelipatan tertentu kita juga bisa memanfaatkan fungsi MROUND di excel. Jika fungsi Floor hanya membulatkan angka kelipatan ke arah bawah saja dan fungsi Ceiling membulatkan angka kelipatan ke arah atas saja, maka Fungsi MROUND dapat membulatkan angka baik ke atas maupun ke bawah tergantung jumlah sisa bagi antara nilai argument number dengan argument multiple.

Baca Juga : 

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI FLOOR EXCEL

Layaknya fungsi lainnya, fungsi floor juga memiliki sebuah rumus atau lebih dikenal dengan sintaks. Sintaksnya adalah sebagai berikut:

=FLOOR(number; significance)

Penjelasan Sintaks:

Number : bersifat wajib harus ada, argument ini berisi nilai angka yang ingin kita bulatkan.

Significance : bersifat wajib harus ada, argument ini berisi angka kelipatan yang menjadi acuan dalam melakukan pembulatan.

Untuk struktur sintaksnya hampir mirip dengan fungsi Ceiling, hanya fungsi yang digunakan saja yang berbeda.

Baca Juga : 

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan fungsi Floor adalah sebagai berikut:

  • Nilai setiap argument Fungsi Floor haruslah berupa angka, jika salah satu berisi huruf maka excel akan mengembalikan nilai error #VALUE!.
  • Jika argument number bernilai positif dan nilai argument significance bernilai negative maka excel akan mengembalikan nilai error #NUM!. Jika tidak demikian, maka excel akan mengembalikan nilai sesuai dengan perhitungan.

CARA MEMBULATKAN ANGKA KE KELIPATAN BAWAH PADA EXCEL

Perhatikan contoh gambar Fungsi Floor dibawah ini.

Contoh Fungsi Floor Excel

Penjelasan Gambar:

Rumus =FLOOR(B2;C2) artinya kita akan membulatkan angka pada cell B2 yaitu “-2,3” ke kelipatan bawah dari kelipatan angka pada cell C2 yaitu “3”. Karena kelipatan nilai kelipatan 3 ke bawah yang lebih dekat dengan -2,3 adalah -3 maka excel mengembalikan nilai -3.

Berikut ini adalah cara kerja dari perhitungan rumus diatas:

Cara Kerja Fungsi Floor Excel

Nilai number yang dicari adalah “-2,3”, maka dengan fungsi Floor excel akan mencari kelipatan 3 yang lebih dekat dengan nilai number tersebut. Karena kelipatan 3 yang ditemukan ke arah bawah pertama kali adalah -3 maka excel menghasilkan nilai angka -3.

Untuk rumus penjelasan rumus yang lainnya, sama dengan penjelasan rumus diatas. hanya tinggal menyesuaikan nilai angka yang dicari.

Fungsi Floor juga masih tergolong dalam kategori Math dan Trigonometry, jika kalian ingin tahu fungsi apa saja yang tergolong dalam kategori Math dan Trigonometry maka berikut ini adalah jawabannya.

Fungsi Trigonometri Lainnya :

FUNGSI SUBTOTAL PADA MICROSOFT EXCEL Lengkap Dengan Contohnya

Fungsi Sum Di Microsoft Excel

Rumus Fungsi SUMIF Dan SUMIFS

FUNGSI SUMPRODUCT Pada Excel Lengkap Contoh Dan Tata Cara Menggunakannya

FUNGSI ROUND, ROUNDUP, ROUNDDOWN Pada Excel Beserta Contohnya.

Fungsi INT Pada Excel Beserta Contoh Penggunaannya

FUNGSI TRUNC DI EXCEL Lengkap Dengan Contoh Penggunaannya

Fungsi ODD Pada Microsoft Excel | Membulatkan Angka Ke Bilangan Ganjil Terdekat

Silahkan kalian klik link diatas untuk melanjutkan ke halaman berikutnya sesuai dengan judul yang kalian pilih.

Cukup sekian pembahasan kita pada kesempatan kali ini, semoga apa yang telah kita pelajari hari ini dapat berguna bagi kehidupan kita secara pribadi maupun secara hidup bermasyarakat.

Sampai jumpa pada pembahasan-pembahasan lainnya pada blog Kita Ngoding.

Wassalamualekum wr wb.

0 Response to "Fungsi FLOOR Pada Excel | Rumus Excel Pembulatan Kelipatan Angka Ke Bawah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close