-->

FUNGSI MROUND PADA EXCEL | Rumus Membulatkan Kelipatan Angka Di Excel

 Fungsi MROUND EXCEL.- Pada tulisan admin berikut ini, admin ingin membahas tentang Fungsi MROUND di excel mulai dari Apa itu Fungsi MROUND Excel?, Bagaimana Cara Menggunakan Fungsi MROUND Excel Beserta Contoh Penggunaan Fungsi MROUND Pada Excel.

Fungsi MROUND Excel

APA FUNGSI ROUND PADA EXCEL?

Fungsi MRound Excel Adalah fungsi pada Microsoft Excel yang digunakan untuk melakukan pembulatan angka pada kelipatan tertentu yang kita inginkan.

Fungsi MROUND berbeda dengan Fungsi ROUND yang telah kita bahas pada pertemuan sebelumnya. Fungsi ROUND membulatkan angka desimal pecahan ke bilangan bulat terdekat, sementara Fungsi MROUND membulatkan angka ke kelipatan tertentu yang kita inginkan.

Meskipun kedua fungsi ini sama-sama dalam kategori fungsi Math dan Trigonometry namun, kedua fungsi ini sangatlah jauh berbeda, kalian jangan sampai salah dalam penyebutan apalagi dalam penggunaan fungsi tersebut.

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI MROUND PADA EXCEL

Berikut ini adalah sintaks / rumus dalam menggunakan fungsi MRound:

=MROUND(number; multiple)

Penjelasan Sintaks:

Number : bersifat wajib harus ada, argument ini berisi angka yang ingin kita bulatkan.

Multiple : bersifat wajib harus ada, argument ini berisi kelipatan angka yang kita inginkan.

Fungsi MROUND akan mengembalikan nilai kelipatan

Perlu diperhatikan bahwa:

  1. Argument Number dan argument Multiple harus memiliki lambang yang sama. Jika tidak sama maka excel akan mengembalikan nilai error #NUM.
  2. Jika sisa bagi dari nilai argument number lebih besar dari atau sama dengan setengah nilai kelipatan maka Fungsi MROUND akan melakukan pembulatan ke atas, menjauhi nol.

Supaya lebih jelas, perhatikan contoh yang telah admin siapkan dibawah ini.

CARA MEMBULATKAN ANGKA KE KELIPATAN TERTENTU

Perhatikan contoh gambar dibawah ini.

Contoh Fungsi MROUND Di Excel

Penjelasan gambar:

Rumus =MROUND(A2;B2) artinya kita ingin membulatkan angka yang ada pada cell A2 yaitu 11 menjadi angka yang merupakan kelipatan dari nilai angka pada cell B2 yaitu 3. Sehingga excel akan mencari kelipatan angka 3 yang lebih dekat dengan angka 11, karena 12 adalah angka terdekat dan merupakan kelipatan dari angka 3 maka excel mengembalikan hasil sama dengan 12.

Jika Digambar proses perhitungan dari rumus =MROUND(A2;B2) adalah seperti gambar dibawah ini.

Untuk rumus pada baris ke-5 yaitu =MROUND(A5;B5) mengembalikan nilai error #NUM! karena simbol yang digunakan antara argument number dengan multiple berbeda. Argument number menggunakan simbol negative (-), sementara argument multiple menggunakan simbol positif (+).

Sementara, untuk rumus yang lain bisa mengikuti penjelasan dari rumus-rumus diatas, hanya tinggal disesuaikan saja dengan argument number dan argument multiple / kelipatan yang di inginkan. Tidak terkecuali untuk contoh 2 dengan multiple / kelipatan angka 4.

Demikian penjelasan dari admin mengenai Fungsi MROUND Excel, semoga penjelasan admin diatas dapat kalian pahami dengan baik. Namun, jika memang ada hal-hal yang dirasa kurang jelas atau ada yang ingin kalian tanyakan kepada admin maka silahkan tinggalkan pada kolom komentar yang telah disiapkan diawah artikel ini.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi tulisan admin untuk pembahasan lainnya fungsi dengan kategori Math dan Trigonometry pada excel, linknya telah admin siapkan dibawah ini.

Fungsi Trigonometri Lainnya :

FUNGSI SUBTOTAL PADA MICROSOFT EXCEL Lengkap Dengan Contohnya

Fungsi Sum Di Microsoft Excel

Rumus Fungsi SUMIF Dan SUMIFS

FUNGSI SUMPRODUCT Pada Excel Lengkap Contoh Dan Tata Cara Menggunakannya

FUNGSI ROUND, ROUNDUP, ROUNDDOWN Pada Excel Beserta Contohnya.

Fungsi INT Pada Excel Beserta Contoh Penggunaannya

FUNGSI TRUNC DI EXCEL Lengkap Dengan Contoh Penggunaannya

Fungsi ODD Pada Microsoft Excel | Membulatkan Angka Ke Bilangan Ganjil Terdekat

Fungsi FLOOR Pada Excel | Rumus Excel Pembulatan Kelipatan Angka Ke BawahKlik link diatas untuk berpindah ke halaman berikutnya sesuai dengan judul yang kalian pilih.

Sampai jumpa pada halaman dan kesempatan lain, Terimakasih Banyak karena telah berkunjung pada blog kami yang sederhana ini.

Wassalamualekum wr wb.

  

0 Response to "FUNGSI MROUND PADA EXCEL | Rumus Membulatkan Kelipatan Angka Di Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close