-->

Fungsi ODD Pada Microsoft Excel | Membulatkan Angka Ke Bilangan Ganjil Terdekat

Rumus ODD Excel.- Pada halaman ini admin ingin membahas tentang Fungsi ODD Dalam Excel mulai dari Pengertian Fungsi ODD Excel, Cara Menggunakan Fungsi ODD Excel dan Contoh Menggunakan Fungsi ODD Excel.

Bagi kalian yang baru belajar  excel atau mungkin tidak pernah bekerja menggunakan fungsi / rumus ini pada excel mungkin akan bertanya-tanya Apa itu Fungsi ODD Dalam Excel? jika demikian maka simak terus penjelasan admin sampe akhir artikel ini, Oke?.

FUNGSI ODD PADA EXCEL

Baca Juga : Mengenal Rumus Excel Dan Fungsinya

FUNGSI ODD PADA EXCEL

Fungsi ODD Excel adalah fungsi yang ada pada excel yang digunakan untuk mengembalikan angka yang telah dibulatkan ke atas bilangan bulat ganjil terdekat.

Fungsi ODD ini termasuk kedalam fungsi dengan kategori Math dan Trigonometry untuk melakukan pengolahan data angka di excel.

Walaupun fungsi Math dan Trigonometry yang satu ini jarang digunakan dibandingkan dengan Fungsi SUM, SUMIF, SUMIFS dan lainnya. Namun, bukan berarti Fungsi ini tidak memiliki kegunaan.

Sesuai dengan kategori fungsi ini yaitu Math dan Trigonometry, fungsi ini akan berguna ketika ketika kalian bergelut dengan data angka atau kalian adalah seorang yang berkecimpung dalam dunia statistic.

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI / RUMUS ODD PADA EXCEL

Adapun sintaks / rumus Fungsi ODD ini adalah sebagai berikut:

=ODD(number)

Penjelasan Sintaks:

Number : bersifat wajib harus ada, argument ini berisi angka yang akan dibulatkan. Baik ditulis secara langsung ataupun dengan menggunakan alamat cell.

Seperti yang kalian lihat, Rumus dari fungsi ini sangatlah sederhana sehingga kalian tidak perlu pusing mikir panjang x lebar untuk menggunakan fungsi yang satu ini.

Baca Juga : Cara Menulis Formula Di Excel

Supaya lebih jelas lagi, simak contoh dari fungsi ODD excel yang telah admin siapkan beserta penejelasannya dibawah ini.

MEMBULATKAN ANGKA KE BILANGAN GANJIL TERDEKAT PADA EXCEL

Perhatikan contoh gambar dibawah ini.

MEMBULATKAN ANGKA KE BILANGAN GANJIL TERDEKAT PADA EXCEL

Seperti yang admin sampaikan diatas bahwa, fungsi ODD excel mengembalikan kelipatan angka ganjil ke atas menjauhi angka nol (0). Namun, ketika angka awal telah bernilai angka bulat ganjil maka fungsi ODD akan mengembalikan nilai yang sama dengan angka awal. Hal tersebut terlihat pada hasil rumus ke-3, ke-7 dan ke-8 dari gambar.

Sementara untuk nilai angka awal yang memiliki nilai bilangan bulat genap atau bilangan pecahan desimal maka fungsi ODD akan mengembalikan ke atas bilangan bulat gajil terdekat. Seperti yang terlihat pada rumus ke-1, ke-2, ke-4 dan rumus ke-6.

Baca Juga : Tata Cara Cut Copy Paste Di Excel

Untuk melakukan pembulatan angka ke bilangan angka genap ke arah atas, kita akan memanfaatkan salah satu fungsi Math dan Trigonometry lainnya yaitu Fungsi EVEN. Namun, kita akan membahas Fungsi Tersebut pada halaman berikutnya. Silahkan kalian klik Disini untuk berpindah ke halaman pembahasan Fungsi EVEN Excel.

PERBEDAAN FUNGSI ODD DENGAN FUNGSI EVEN DI EXCEL

Perhatikan gambar dibawah ini.

PERBEDAAN FUNGSI ODD DENGAN FUNGSI EVEN DI EXCEL

Pejelasan:

Terlihat pada gambar betapa kontrasnya antara Fungsi ODD dengan Fungsi EVEN dalam meng-eksekusi nilai angka yang dimasukkan pada masing-masing rumus tersebut. Singkatnya Fungsi ODD membulatkan angka menjadi Bilangan Ganjil dan Fungsi EVEN membulatkan angka menjadi Bilangan Genap.

Demikianlah pembahasan kita mengenai Fungsi ODD. Jika kalian tertarik belajar fungsi lainnya, silahkan kalian klik link dibawah ini untuk berpindah ke halaman tertentu sesuai dengan judul yang kalian pilih.

Fungsi Trigonometri Lainnya :

FUNGSI SUBTOTAL PADA MICROSOFT EXCEL Lengkap Dengan Contohnya

Fungsi Sum Di Microsoft Excel

Rumus Fungsi SUMIF Dan SUMIFS

FUNGSI SUMPRODUCT Pada Excel Lengkap Contoh Dan Tata Cara Menggunakannya

FUNGSI ROUND, ROUNDUP, ROUNDDOWN Pada Excel Beserta Contohnya.

Fungsi INT Pada Excel Beserta Contoh Penggunaannya

FUNGSI TRUNC DI EXCEL Lengkap Dengan Contoh Penggunaannya

Fungsi ODD Pada Microsoft Excel | Membulatkan Angka Ke Bilangan Ganjil Terdekat

Kami haturkan banyak-banyak terimakasih kepada kalian yang telah bersedia berkunjung dan membaca beberapa artikel pada blog Kita Ngoding.

Sampai jumpa lagi pada pembahasan berikutnya.

Wassalamualekum wr wb.

0 Response to "Fungsi ODD Pada Microsoft Excel | Membulatkan Angka Ke Bilangan Ganjil Terdekat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close