-->

FUNGSI EVEN PADA EXCEL | Membulatkan Angka Ke Bilangan Genap Terdekat

Rumus EVEN Excel.- Pada tulisan admin berikut ini, admin ingin membahas tentang Fungsi EVEN Dalam Excel mulai dari Pengertian Fungsi EVEN Excel, Cara Menggunakan Fungsi EVEN Di Excel serta Contoh Dalam Menggunakan Fungsi EVEN Excel.

Setelah pada pertemuan sebelumnya kita membahas tentang Fungsi ODD Excel untuk Membulatkan angka ke bilangan ganjil Terdekat, maka hari ini kita akan membahas Fungsi EVEN Excel yang bisa dikatakan kebalikan dari Fungsi ODD.

Apa itu Fungsi Even Excel? Bagaimana Cara Menggunakannya? Semua akan kita kupas disini. Jadi tetap ikuti artikel ini sampai habis, Oke?.

FUNGSI EVEN DI EXCEL

Fungsi Even Excel adalah Fungsi excel yang digunakan untuk mengembalikan angka yang telah dibulatkan ke atas bilangan bulat genap terdekat.

Seperti Fungsi ODD, fungsi ini juga merupakan bagian dari fungsi Math dan Trigonometry pada excel yang digunakan untuk melakukan pengolahan data berupa angka.

Fungsi Even dan Fungsi ODD sepertinya akan lebih sering digunakan oleh para praktisi data yang tidak jarang melakukan pengolahan data berupa angka untuk menghasilkan sebuah informasi yang akurat sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan.

Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa kita akan membutuhkan fungsi ini dikemudian hari, jadi mempelajari fungsi ini jelas tidak akan membuat kita merugi. Apa lagi cara menggunakan fungsi ini tidaklah sulit. Jika tidak percaya simak kelanjutan cerita admin berikut ini.

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI EVEN DALAM EXCEL

Seperti fungsi pada umumnya, fungsi even juga memiliki sebuah rumus atau lebih dikenal dengan sintaks. Berikut ini adalah sintak dari fungsi Even:

=EVEN(number)

Penjalasan Sintaks:

Number : bersifat wajib harus ada, argument ini berupa angka yang akan dibulatkan. Baik ditulis secara langsung maupun dengan menggunakan alamat cell.

Bagaiman, sangat simple dan mudah bukan? Agar kalian lebih memahami fungsi ini dengan lebih baik, mari kita lanjutkan ke contoh penggunaan fungsi even berikut ini.

Baca Juga : Cara Menulis Formula Di Excel

MEMBULATKAN ANGKA KE BILANGAN GENAP TERDEKAT DI EXCEL

Perhatikan contoh gambar dibawah ini.

MEMBULATKAN ANGKA KE BILANGAN GENAP TERDEKAT DI EXCEL

Seperti yang terlihat pada gambar, Fungsi EVEN mengembalikan kelipatan angka genap ke atas menjauhi angka nol (0). Akan tetapi, ketika angka awal telah bernilai bilangan bulat ganjil maka fungsi EVEN akan mengembalikan nilai yang sama dengan angka awal. hal ini dapat kalian lihat pada hasil rumus ke-3 dari gambar.

Sementara rumus selain rumus ke-3 atau angka awal adalah angka ganjil maka fungsi EVEN akan mengembalikan ke atas bilangan bulat genap terdekat.

Untuk melakukan pembulatan angka ke bilangan angka gajil ke arah atas,  kita akan memanfaatkan fungsi ODD. Dimana fungsi ODD ini juga merupakan salah satu dari fungsi Math dan Trigonometry yang biasa digunakan dalam pengolahan data berupa angka pada excel.

Pembahasan tentang Fungsi ODD telah kita bahas pada kesempatan lainnya, silahkan klik Disini untuk berpindah ke halaman pembahasan mengenai Fungsi ODD Excel.

PERBEDAAN FUNGSI EVEN DENGAN FUNGSI ODD DALAM EXCEL

Perhatikan contoh gambar dibawah ini.

PERBEDAAN FUNGSI EVEN DENGAN FUNGSI ODD PADA EXCEL

Penjelasan:

Setelah memperhatikan dengan seksam contoh gambar ke 2 diatas, maka akan terlihat jelas bagaimana perbedaan antara Fungsi EVEN dengan Fungsi ODD. Perbedaan antara keduanya sangatlah kontras, jika Fungsi EVEN mengembalikan nilai dalam bentuk Bilangan Genap maka Fungsi ODD mengembalikan nilai dalam bentuk Bilangan Ganjil.

Sampai disini admin yakin kalian telah cukup memahami bagaimana Fungsi EVEN ini bekerja, silahkan kalian perbanyak latihan supaya kalian lebih mudah lagi dalam memahami fungsi tersebut.

Jangan lupa untuk membaca artikel admin lainnya, linknya telah admin siapkan dibawah ini.

Fungsi Trigonometri Lainnya :

FUNGSI SUBTOTAL PADA MICROSOFT EXCEL Lengkap Dengan Contohnya

Fungsi Sum Di Microsoft Excel

Rumus Fungsi SUMIF Dan SUMIFS

FUNGSI SUMPRODUCT Pada Excel Lengkap Contoh Dan Tata Cara Menggunakannya

FUNGSI ROUND, ROUNDUP, ROUNDDOWN Pada Excel Beserta Contohnya.

Fungsi INT Pada Excel Beserta Contoh Penggunaannya

FUNGSI TRUNC DI EXCEL Lengkap Dengan Contoh Penggunaannya

Fungsi ODD Pada Microsoft Excel | Membulatkan Angka Ke Bilangan Ganjil Terdekat

Silahkan kalian klik link diatas untuk diarahkan ke halaman lain sesuai dengan judul yang kalian pilih. Sampai jumpa lagi pada halaman berikutnya, Terimakasih Banyak Karena telah berkunjung.

Wassalamualaekum wr wb.


0 Response to "FUNGSI EVEN PADA EXCEL | Membulatkan Angka Ke Bilangan Genap Terdekat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close